Mengapa Semakin Usang Android Menjadi Lemot ? Simak 6 Alasannya

shares

Mengapa Semakin Usang Android Menjadi Lemot ? Simak 6 Alasannya - Hallo sahabat PUSATRIK.COM, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengapa Semakin Usang Android Menjadi Lemot ? Simak 6 Alasannya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel android, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca Juga Dong

Hal paling menjengkelkan bagi para user ponsel cerdas atau smartphone  android yaitu sistem aplikasi yang semakin lambat alias lemot. Sudah menjadi hal yang paling umum kalau suatu Operating system baik itu di PC maupun di smartphone, semakin sering dipakai maka akan mengakibatkan semakin menciptakan sistem dan beberapa aplikasi yang berjalan menjadi lambat tidak menyerupai ketika pertama kali memakainya ( masih baru).


Banyak keluhan yang muncul seiring berjalannya waktu bagi user smartphone android, walau tidak banyak aplikasi yang terinstall di gadgetnya namun tetap saja dilema lambatnya kinerja sistem menjadi problem tersendiri. Permasalahan melambatnya kinerja di smartphone bukan hanya dihinggapi gadget yang berspesifikasi rendah, bahkan tidak sedikit pula smartphone kelas high-end mendapati dilema yang sama terhadap kinerja ponselnya yang kian hari kian melambat.

Sebenarnya apa saja penyebab melambatnya kinerja sistem dan kinerja beberapa aplikasi di smartphone android itu bekerjsama ? mari simak sebab-sebabnya di bawah ini.

1. Banyaknya aplikasi yang tertanam di ponsel sering menjadi pemicu utama semakin melambatnya kinerja sistem di android. 
Setiap aplikasi yang anda install akan selalu dimonitor oleh sistem, bahkan beberapa aplikasi yang kinerjanya berjalan pada proses startup malah semakin menambah beban kinerja smartphone. Banyak user yang belum tahu jikalau menanan secara sembarangan dan menumpuk-numpuk aplikasi yang tidak diharapkan sangat membebani kinerja sistem dan memboroskan daya baterai.

2. Banyaknya sampah serta recent aplikasi yang sering dibuka oleh user. 
Suatu aplikasi berjalan dengan memanfaatkan cache semoga tidak terlalu membebani kinerja RAM dan prosesor. Tapi adakalanya proses aplikasi yang berjalan menyisakan sampah serta recent histories yang tidak diketahui usernya. Semakins sering aplikasi tersebut terbuka maka semakin besar sampah yang bertumpuk di sistem yang karenanya akan membebani kinerja samartphone.

3. Sering melaksanakan Install dan Unistall aplikasi. 
Dimana pada user smartphone yang suka ber-eksperiment dan selalu mencoba-coba beberapa aplikasi untuk sekedar mengetahui kinerjanya rata-rata akan banyak melaksanakan proses unistall ( pencopotan ) aplikasi yang mengakibatkan sector-sector di dalam ruang penyimpanan berpetak-petak menyisakan ruang yang tidak berurutan. Bagi yang sudah biasa dengan proses defragmented tentu akan mengerti bagaimana suatu file dibaca dalam urutan sector-sector di ruang penyimpanan. Banyaknya ruang terfragment akan mengakibatkan pembacaan file sedikit membutuhkan waktu lantaran letaknya yang tidak beraturan dan berurutan.




4. Jarang Merestart ponsel. 
Meloading ualng sistem intinya untuk melaksanakan refresh data dan menata kembali file sistem yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Banyak user smartphone android yang malas untuk mereboot ponselnya dengan alasan masih bekerja normal dan tidak ada dilema sedikitpun dalam menjalankan banyak sekali aplikasi. Padahal dengan sesekali melaksanakan booting ulang maka sistem akan melaksanakan penataan kembali semua file-file yang diharapkan semoga kinerja ponsel kembali normal.

5. Sering menjalankan game 3D atau game dengan resolusi HD juga sebagai pemicu melemahnya kinerja smartphone. 
Aplikasi game yang membutuhkan spesifikasi hardware tinggi menyerupai komponen pada kartu grafis, RAM yang besar dan prosesor dengan core yang tinggi tentu semakin hari semakin melemahkan kinerja komponen-komponen tersebut. Semakin sering dan berlama-lama dalam bermain game akan memicu semua komponen di dalam smartphone untuk bekerja ekstra keras dan akhirnya akan melemahkan kinerjanya.



6. Kartu memori eksternal yang gila juga sering menjadi pemicu leletnya sistem android. 
Banyak user gadget yang tidak menyadari bahwa kartu memori semisal microSD di gadgetnya semakin melemah kinerjanya. Walau masih sanggup dipakai terkadang memori eksternal mengalami beberapa malfunction yang tidak disadari. Bila anda merasa ponsel merasa begitu lambat jangan terburu-buru menyalahkan smartphone-nya, coba dahulu copot memori eksternal dan reboot ulang ponsel anda. Bila kinerja ponsel membaik ( tidak lelet menyerupai sebelumnya ) maka permasalahan ada pada kartu memori anda.

7. Umur ponsel sudah tua dan pembaruan aplikasi semakin besar.
Nah jikalau faktor yang satu ini sudah menjadi dilema klasik dari semua perangkat elektronika. Semakin hari semakin berkurang kinerja dan lifetime dari setiap komponen yang ada. semakin sering anda berlama-lama dengan gadget kesayangan maka semakin menurun pula kinerja setiap komponen di gadget tersebut.

Semoga ulasan wacana beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja smartphone android diatas bermanfaat bagi para pembaca setia Dunia android. Jangan lupa baca juga tips dan ulasan menarik lainnya seputar android yang tentu saja asik untuk disimakdan menambah khasanah ilmu kita bersama.

Sumber https://www.duniaandroid.com

Related Posts