Ganti Ip Publik Server Ke Nama Domain

Ganti IP publik server ke nama domain cara mengganti IP Komputer server kita ke nama domain atau subdomain dengan nama huruf abzad (nama_server.afraid.org). Biasanya sehabis kita sukses mengkonfigurasi sebuah server pada LAN yang salah satunya menjalankan service http, https, dan sebagainya kita dapat mengaksesnya dengan nama localhost, hostname atau IP Address.

Pendekatan pada suatu kasus; sehabis kita berlangganan koneksi Internet dari ISP untuk komputer di rumah kita, katakanlah telkomspeedy, maka kita mendapat IP Publik dan jadilah dikala kita susukan IP Publik tersebut via Internet dari browser klien menyerupai firefox, dll diarahkan ke router komputer di rumah kita itu namun sebab belum terdaftar nama server suatu domain yang di akui maka kita hanya dapat mengaksesnya dengan IP bukan huruf huruf menyerupai facebook.com, dan sebagainya. Lain hal dengan pengaksesan dengan nama hostname atau localhost yang dapat dilakukan dari Lokal Area dan komputer itu sendiri tapi tidak dari Internet.

Dengan adanya freedns.afraid.org kita dapat menamai/mengganti nama IP Komputer server dengan nama subdomain.afraid.og, juga gratis tentunya, bila niat make domain sendiri kalian harus bayar yah. Cara mengganti IP Publik ke domainsitus.com di tentukan beberapa faktor sebagai berikut:
Mempuyai IP Publik, entah itu dinamis atau statis. Biasanya paling umum ialah speedy.
Terserah sistem operasinya mau Linux atau Windows yang akan di buat server, yang penting ada service web server saja, entah itu apache, IIS, dan sebagainya.
Pastikan bahwa modem di Brige (dial koneksi oleh komputer server) sebab IP Publik akan berada di komputer server itu sendiri bukan di router modem.

alternatif lain bila tidak di bridge dapat melaksanakan forward pada modem+router tersebut untuk meneruskan koneksi masuk ke web server kita di belakang router.
Minimalnya service yang jalan pada komputer server kita itu yaitu web server menyerupai apache, untuk dns server, mail server dan sebagainya lupakan saja sebab itu bahasan expert, yang kini ini cara sederhananya saja.

A.

Langkah-langkah mengganti IP server ke nama domainnya sebagai berikut:
Register ke http://freedns.afraid.org/, pastikan sampai terverifikasi.
Login ke http://freedns.afraid.org/
Pada layot template (sebelah kanan) pilih subdomain kemudian klik Add untuk menambahkan/membuat seting baru. Lalu pada form setting isi sebagai berikut:
Type : A
Subdomain : ncuptea atau nama_situs_kalian
Domain : sesuaikan dengan domain yang dimau.
Destination : IP publik atau IP Server kita
TTL : Defaultkan
Willcard : Defaultkan


Silahkan susukan via browser alamat komputer server kalian dengan nama bukan ip lagi.

Catatan :
Cara melihat IP Publik dapat dengan membuka situs http://www.myipaddress.com/



B.


1. Register di : http://www.dyndns.com
2. Download Dynamic DNS Updater di :
http://cdn.dyndns.com/windows/DynUpSetup.exe
atau
http://jamesbond.xcode.or.id/files/DDNS/DynDNS-Updater-4.1.5.exe
3. Siapkan Modem ADSL yang support Portf orwarding. Anda dapat menambah wawasan perihal Port Forwarding baca artikel ini :
http://jamesbond.xcode.or.id/setting_port_forwarding_ip_adsl.html
4. Siapkan XAMPP Webserver lokal dan hasil websites desain anda ( apa aja boleh dech ).
http://jamesbond.xcode.or.id/panduan_membuat_webserver_dgn_xampp.html.
Sumber http://madeinpaste.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel