google-site-verification=UES8Z0aRJbtE1Gb4ZyHBN69EWU5404X-VqbouzRkOVI Cara Mengetahui File Virus atau Bukan? - PUSATRIK.COM

Cara Mengetahui File Virus atau Bukan?

Ciri ciri file virus imgCara Mengetahui File Virus atau Bukan? Berkembangnya virus lokal yang sangat meresahkan apalagi untuk pemula dalam komputer, bisa sangat mengganggu. Apalagi sekarang bermunculan virus shorcut yang tidak terdeteksi oleh anti virus biasa. Bahkan antivirus yang sudah ternama pun tidak bisa mendeteksi virus yang menempel pada shorcut yang ada. Karena memang seharusnya shorcut tidak terdeteksi sebagai virus. Karena shorcut berarti jalan terobosan.

Untuk mengatasi virus shorcut sebenarnya sangat mudah. Dan saya sudah pernah membahasnya pada postingan sebelumnya. Cara sederhana untuk menghindari virus.

Dan kali ini saya akan memberikan cara atau trik agar anda bisa mengenal apakah file yang kita buka, virus atau bukan?

Ikuti langkah langkah berikut ini.

Pertama pada tombol start menu / find (jika pengguna windows 7 gunakan start menu, jika pengguna windows 8/10) gunakan find, jika menggunakan windows XP silahkan masuk Control panel dan ketikkan FOLDER OPTION. 


Kemudian pada langkah ke dua silahkan lakukan setting pada tab view seperti ini.
Mengatasi Virus shorcut img
Atau Silahkan disimak pada penampakan berikut sebagai Demo untuk membuka tab Folder Option.
(untuk memperbesar pada tab baru)
Folder Option img
Setelah itu jika anda virus di flash disk atau di pc anda maka akan tahu itu virus apa bukan dengan melihat ciri ciri berikut ini.
Jika file berektensi (setelah titik (.) adalah exe maka file itu bisa dipastikan adalah aplikasi,) Jika aplikasi memiliki nama yang aneh seperti gadis manis.exe bisa dipastikan itu adalah virus.

Jika file dokumen (seperti microsoft word anda) bukan berektensi DOC, atau xlsx /xlx untuk excel tapi malah berektensi shorcut maka dipastikan itu adalah bawaan dari virus, yang tidak akan terdeteksi oleh antivirus  yang sangat canggih sekalipun. Tapi bisa dideteksi oleh SMADAV, karena smadav menangani virus lokal. Cara kerja dari shorcut ini adalah membuka file aslinya dan mengaktifkan virus yang akan otomatis menyebar jika shorcut ini di . Sedangkan File asli yang kita miliki sudah di Super hiden oleh virus.

Jika anda mengalami kesulitan silahkan kontak admin untuk sharing. Atau tuliskan pada komentar di bawah semoga membantu.

Saran saya, Installah satu Antivirus pada komputer anda. Dan untuk Rekomendasi saya sudah pernah membuat postingan pada


dan jangan lupa instal juga pendamping anti virus lokal seperti SMADAV dan lain lain.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel