Kenapa Bahasa Arab Menjadi Bahasa Al Qur'an?

Bahasa Arab adalah Bahasa AlQuran img
Bahasa Arab adalah Bahasa AlQura

Bahasa Arab adalah bahasa yang unik yang dipilih sebagai bahasa Al Qur'an. Tentu melihat keistimewaan yang dimiliki Al Quran meletakkan Bahasa Arab sebagai bahasa pengantar Alquran menjadikan bahasa Arab adalah bahasa Istimewa.  Pemilihan bahasa Arab dijadikan bahasa pengantar akan saya sampaikan berikut ini.

Suku Arab sangat menyukai Syair.

Suku suku di Arab sangat menyukai syair. Mereka bisa menghafalkan syair yang dibuat secara spontan. Syair digunakan sebagai media informasi yang sangat cepat. Kedudukan penyair akan selalu mendampingi kedudukan pemimpiin. Di samping itu, masyakarakat Arab terdahulu sangat menjaga gramatikal Arab. Bahkan terdapat kampung bahasa yang dihuni oleh suku Hudzail. Dengan datangnya Al Qur'an yang bukan syair. Maka perhatian utama masyarakat Arab langsung tertuju kepada Al Qur'an. Bahkan mereka walaupun belum beriman dengan Al Qur'an, mereka sudah merasa kangen ketika tidak mendengar Al Qur'an.

Suku Arab adalah suku yang terpencil.

Bangsa Arab waktu itu terdapat di tengah peradaban dunia. Walaupun begitu dengan kondisi yang terlindung oleh gurun pasir, Suku Arab terjaga dari buruknya efek peradaban dan gaya hidup orang perkotaan. Orang Arab tidak akan membiarkan tamunya pergi dari rumahnya kecuali sudah makan terlebih dahulu. Mereka akan malu jika tamu tidak di istimewakan. Persaudaraan orang Arab sangat kental, mereka rela mengorbankan nyawa untuk orang yang tercinta tanpa rasa gentar. Hal baik seperti inilah yang membuat Arab dijadikan bahasa pengantar Al Qur'an yakni masyarakat yang terjaga dari sifat hiruk pikuk perkotaan yang merusak tata bahasa.

Bahasa Arab adalah induk dari semua bahasa manusia

Nabi Adam as, menjejakkan kaki di atas bumi, beliau sudah pandai berbicara dengan fasih. Dan karena sebelum beliau diturunkan ke bumi adalah penduduk surga. Sedangkan bahasa Arab sendiri adalah bahasa yang digunakan penduduk Surga sehingga Nabi Adam as memiliki bahasa Ibu yaitu bahasa Arab. Dan tentunya anak-anak keturunan Nabi Adam as itu pun menggunakan bahasa Arab. Bahasa Arab adalah

Bahasa Arab adalah Bahasa yang Paling Banyak Diserap

Kebudayaan Arab yang berada di tengah tengah kebudayaan dunia membuat Bahasa Arab diserap oleh hampir seluruh bahasa di dunia. Bahkan dulu sebelum bahasa Inggris populer. Bahasa Arab mendominasi penyerapan ke dalam bahasa Indonesia.

Bahasa Arab Memiliki Jumlah Perbendaharaan Kata yang Paling Banyak

Perbendaharaan kata bahasa Arab adalah yang paling lengkap. Karena dari satu kata saja bisa memiliki arti yang sangat berbeda. Untuk menggambarkannya saya akan memberikan contoh.
Diam dalam bahasa arab menggunakan bahasa
waqaf : Diam, berdiri, menangguhkan.
saktah : Diam.
Jadi ketika ada orang sedang berbicara kemudian diam maka kata yang tepat digunakan adalah Saktah atau saakitun (orang yang diam).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel