Apa Fungsi Kalibrasi Monitor? Apakah Perlu?

Warna yang tepat sangat penting untuk menentukan gambar yang lebih baik. Karena sesungguhnya Foto itu adalah permainan warna. Dengan kalibrasi warna, kamu akan tahu kualitas warna yang akurat untuk foto kamu.

Kalibrasi warna pasti harus menjadi bagian penting dari alur kerja setiap fotografer. Jika tidak, tidak mungkin untuk mengatakan apakah warna yang ditampilkan oleh monitor Anda benar-benar akurat dan apakah apa yang Anda lihat akan cocok hasil cetak. Ada banyak cara untuk melakukannya dan proses dapat cukup sederhana atau sangat kompleks, tergantung pada seberapa akurat Anda ingin mereproduksi warna dan apakah Anda juga mencetak pekerjaan Anda di rumah. Metode sederhana melibatkan alat bantu gratis dan komersial untuk warna profil LCD / CRT monitor untuk mengedit foto sehari-hari dan melihat gambar, dan ada juga profesional kelas profiling warna end-to-end yang memerlukan kalibrasi sangat ringkas dari semua tampilan dan output (seperti printer). Dalam artikel ini tentang bagaimana untuk mengkalibrasi monitor anda, saya hanya akan fokus pada metode sederhana untuk membuat memantau acara warna yang lebih atau kurang akurat Anda, sehingga Anda bisa mengandalkan untuk kebutuhan fotografi sehari-hari.

Mengapa kalibrasi penting?
Salah satu yang kesalahpahaman besar tentang kalibrasi, adalah bahwa orang berpikir bahwa itu hanya diperlukan untuk pencetakan. Salah! Hal ini diperlukan untuk segala sesuatu - dari melihat karya orang lain secara online untuk memproses gambar Anda sendiri di Adobe Photoshop Lightroom atau. Jika monitor Anda tidak dikalibrasi dengan benar, Anda kemungkinan besar tidak melihat segala sesuatu di gambar. Misalnya, halus dan indah matahari terbenam mungkin muncul garis-garis pucat dan gradien cahaya atau gambar hitam dan putih mungkin muncul terlalu gelap atau terlalu terang.

Apa monitor yang Anda miliki?
Monitor Anda adalah salah satu bagian yang paling penting dari reproduksi warna. Jika Anda membeli layar LCD untuk di bawah $ 300 dolar, kemungkinan besar Anda memiliki "TN" atau "twisted Nematic" panel yang tidak dapat secara akurat menampilkan warna karena dithering, memiliki gamut warna yang sangat terbatas dan tidak mungkin memiliki sudut pandang yang baik. Saya sangat merekomendasikan membaca saya "Monitor terbaik untuk fotografi" artikel untuk mengidentifikasi jenis monitor yang Anda gunakan untuk melihat dan mengedit foto. Hal ini penting untuk mengetahui hal ini, karena kalibrasi warna efektif tergantung pada akurasi warna konstan monitor dan jika Anda memiliki display murah, warna (terutama nada hitam dan putih) akan bergeser dari waktu ke waktu dan Anda harus mengkalibrasi ulang monitor sangat sering. Oleh karena itu, jika Anda memiliki salah satu dari mereka monitor murah dan tidak ingin diganggu dengan warna akurat dan nada, saya sangat merekomendasikan menggantinya dengan monitor yang lebih baik.

Visual vs Hardware Kalibrasi
Seperti yang saya telah disebutkan di atas, Anda dapat mengkalibrasi monitor anda secara gratis atau melalui perangkat keras komersial. Biar cepat memberitahu Anda perbedaan antara perangkat lunak / gratis online versus menggunakan kalibrasi hardware. Dalam rangka untuk secara akurat profil monitor, warna yang perlu output layar yang akan dianalisis dan dibandingkan dengan warna yang nyata. Bila Anda menggunakan hanya software atau alat online gratis, Anda tidak bisa benar-benar membandingkan warna layar Anda dengan warna yang nyata, kecuali Anda memiliki bagan warna profesional seperti X-Rite ColorChecker. Anda tidak bisa hanya mencetak grafik warna pada printer - warna perlu datang dari printer profesional diprofilkan. Tetapi bahkan jika Anda memiliki bagan warna profesional, akan sulit untuk mencoba untuk mencocokkan warna, karena Anda masih sangat bergantung pada visi dan persepsi warna.

Dibandingkan dengan kalibrasi visual, kalibrasi hardware bekerja dengan menganalisis warna dengan perangkat eksternal yang melakukan perbandingan warna dan gamma, maka secara otomatis berlaku perubahan yang diperlukan untuk warna dan gamma melalui perangkat lunak proprietary. Oleh karena itu, selalu ada akan menjadi perbedaan akurasi antara keduanya. Selain itu, proses kalibrasi hardware mengkonsumsi secara signifikan lebih sedikit waktu dan dapat dilakukan secara periodik tanpa banyak kerumitan.

Free Tools
Sebelum Anda melakukan apapun, mulai dengan mengatur ulang pengaturan monitor Anda ke default pabrik. Alasan mengapa Anda ingin melakukan hal ini, karena Anda tidak ingin memulai kalibrasi monitor yang memiliki terlalu banyak atau tidak cukup tingkat kecerahan dan berbagai tingkat gamma. Pada beberapa monitor Anda dapat kembali ke default pabrik melalui pengaturan menu, sementara pada orang lain Anda dapat menekan kombinasi tombol untuk kembali ke pengaturan pabrik. Jika Anda tidak dapat menemukan cara untuk melakukannya di monitor, periksa manual monitor atau menggunakan Google untuk mencari tahu bagaimana Anda dapat me-reset ke default pabrik.

Berikutnya, lakukan hal berikut:

  1. Pastikan monitor Anda adalah di daerah di mana sinar matahari atau cahaya lainnya sumber tidak mencapai itu.
  2. Tinggalkan monitor selama setidaknya 10-15 menit untuk membiarkannya memanas.
  3. Pastikan bahwa resolusi layar di pengaturan optimal. Jika Anda memiliki monitor LCD, mendorong resolusi layar ke nomor diperbolehkan tertinggi, juga dikenal sebagai "resolusi asli".
  4. Pastikan bahwa kartu video Anda keluaran dalam mode 24-bit (16 juta warna).
  5. Jika monitor memiliki kedua DVI (digital) dan VGA (analog) konektor, terhubung dengan kabel DVI sebagai gantinya.
  6. Uninstall semua alat warna-kalibrasi yang ada dan software.
Sekarang Anda siap untuk kalibrasi visual melalui perangkat lunak free software.

Gratis perangkat lunak terbaik yang saya temukan di internet dan mencoba adalah "QuickGamma". Ini memungkinkan Anda secara visual mengkalibrasi layar Anda dengan meningkatkan atau menurunkan gamma. Anda dapat melakukannya untuk hitam / putih saja, serta untuk warna, namun penulis memperingatkan untuk tidak main-main dengan warna, karena sulit untuk benar menyesuaikan mereka. Berikut adalah bagaimana alat seperti:



Saya sangat merekomendasikan membaca petunjuk dan software bantuan yang membuka segera setelah Anda jalankan aplikasi untuk pertama kalinya. Hal ini penting untuk mengikuti segala sesuatu persis seperti yang dikatakan atau Anda mungkin berakhir dengan monitor buruk dikalibrasi. Setelah Anda membuat perubahan dan tekan "OK", program ini akan menghemat penyesuaian dan kembali mereka setiap kali Anda reboot.

Jika Anda memiliki Windows 7, Anda mungkin ingin mencoba alat Color Management sendiri. Cukup pergi ke Control Panel dan klik dua kali pada "Color Management" icon dan sebuah jendela baru akan terbuka. Pergi ke tab "Advanced" dan klik "Calibrate Display" tombol di bawah "Display Calibration":


Ini akan menjalankan sebuah "Display Color Calibration" wizard dengan instruksi yang jelas pada proses. Bahkan memberikan beberapa saran yang bagus tentang bagaimana gambar akan terlihat ketika dikalibrasi dengan benar:


Cukup ikuti wizard semua jalan ke akhir dan perangkat lunak secara otomatis akan membuat profil warna baru bagi Anda setelah proses kalibrasi selesai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel