Kartu memori tiba tiba penuh padahal tidak simpan FIle, Ini Penyebabnya

shares

Kartu memori tiba tiba penuh padahal tidak simpan FIle, Ini Penyebabnya - Hallo sahabat PUSATRIK.COM, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kartu memori tiba tiba penuh padahal tidak simpan FIle, Ini Penyebabnya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel android, Artikel fakta android, Artikel INFORMASI, Artikel Tips Android, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca Juga Dong

Kamu pasti tidak menyadari, setiap proses baik itu PC maupun android selalu menyimpan cache atau diterjemahkan sekarang menjadi kuki. Kuki ini berfungsi untuk mempercepat kerja smartphone. Kalau kuki ini tidak ada maka Smartphone juga akan lelet. Tetapi masalahnya kalau filenya sudah dihapus, kukinya masih tertinggal dan ini akan membuat kartu memory menjadi cepat penuh.

Ada banyak faktor penyebab mengapa memori internal pada smartphone cepat penuh. Selain disebabkan oleh instalasi aplikasi yang terlalu banyak, ukuran file aplikasi yang besar, data chat media sosial yang menumpuk, ternyata ada faktor penyebab lain yang membuat memori internal smartphone cepat penuh.

Salah satu faktor penyebab utama memori internal cepat penuh adalah folder .thumbnail yang ada pada sistem smartphone. Folder .thumbnails adalah tempat penyimpanan cache otomatis dari file foto yang ada pada smartphone android. Fungsi dari cache ini adalah untuk mempercepat proses loading saat membuka berkas foto yang ada di dalam galeri.

Namun disisi lain, keberadaan cache di dalam folder thumbnails ini cukup mengganggu bagi Anda yang memiliki smartphone dengan kapasitas memori internal kecil, karena semakin banyak foto yang tersimpan, semakin bertambah besar pula ukuran cache pada folder .thumbnails tersebut, bahkan hingga berukuran 2GB atau lebih, yang pastinya kapasitas penyimpanan pada memori smartphone semakin berkurang.

Untuk mengatasi hal ini sebenarnya cukup mudah, Anda hanya perlu menghapus folder .thumbnails yang biasanya terletak pada sdcard\DCIM\.thumbnails, maka seluruh cache file-file foto akan terhapus. Namun cara tersebut tidak efektif, karena dalam waktu beberapa saat saja folder .thumbnails akan muncul kembali di dalam folder DCIM saat Anda membuka galeri foto.

Lalu bagaimana cara menghapus folder .thumbnails pada memori internal secara permanen ?, Yuk, ikuti langkah-langkah mudah berikut ini !.
Silahkan buka file manager / explorer di smartphone android Anda.
Cari folder .thumbnails yang terletak di sdcard\DCIM\.thumbnails, dan hapus folder .thumbnail tersebut.



Sumber: Dok. pribadi
Buat sebuah file baru dengan cara tekan icon "+", lalu silahkan beri nama ".thumbnails".



Sumber: Dok. pribadi
Sampai langkah ini maka anda telah berhasil menghapus folder .thumbnails dan menggantinya dengan sebuah file .thumbnails, silahkan restart smartphone Anda.



Sumber: Dok. pribadi

Dengan cara ini maka folder .thumbnails tak akan pernah muncul kembali, karena telah digantikan dengan sebuah file .thumbnails, dimana ukuran file ini tidak akan bertambah, yang pastinya dapat melegakan meningkatkan kembali kecepatan loading pada smartphone Anda.

Semoga informasi dapat bermanfaat dan menambah referensi untuk Anda, selamat mencoba.

Related Posts