Pengertian Proxy Server, Squid dan Manfaatnya

Mungkin kamu pernah mendengar apakah itu Squid proxy ataupun UDP.  Kedua hal ini tidaklah asing untuk kamu yang sering berselancar di dunia aman. Baik menggunakan internet gratis maupun yang lain.

Proxy Server

Ada beberapa kalimat yang menjelaskan apa sebenarnya proxy server itu. Proxy serveradalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainya untuk melakukan request terhadap content dari internet dan intranet (http://id.wikipedia.org/).
Baca : 

Proxy adalah sebuah komputer server yang bertugas sebagai komputer penerima / melakukan request terhadap kontent dari sebuah jaringan internet. Proxy server bertugas sebagai gateway untuk komputer-komputer klien. Web Server yang menerima permintaan dari web proxy akan menerjemahkannya, dan seolah-olah permintaan tersebut langsung dikirim dari komputer klien.
Proxy server bertindak sebagai gateway terhadap dunia internet untuk setiap komputer client. Dalam menjalankan tugasnya proxy server tidak terlihat oleh komputer client sebagai contoh saat seorang pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya. Web server yang menerima request dari Proxy server akan menginterpresentasikan request-request tersebut seolah-olah datang secara langsung dari komputer client, bukan dari proxy server.

Proxy server dalam suatu jaringan memiliki tiga fungsi utama yaitu sebagai Connection sharing, filtering, dan caching.
Ilustrasi Kerja Proxy

Proxy server juga bisa berfungsi untuk mengamankan jaringan pribadi yang terhubung langsung ke jaringan publik.

Squid

Squid adalah software publik domain berbasis UNIX. fungsi dari squid adalah meng-‘cache’ atau menyimpan data yang diminta oleh pengguna (komputer client) biasanya berupa web pages dan FTP. Platform UNIX yang di support oleh Squid adalah FreeBSD, BSDI, Digital Unix, Irix, Linux, Solaris dan SunOs. Tidak semua data bisa di cache oleh Squid, data-data yang bersifat dinamik seperti CGI-BIN tidak di cache oleh Squid, jadi tiap kali ada permintaan CGI-BIN, maka Squid akan menghubungi langsung server tujuan. Saat ini protokol yang bisa dilayani oleh Squid adalah HTTP, FTP, Gopher, dan Wais.

Squid Proxy adalah sebuah software internet cache atau digunakan untuk menyimpan data dari hasil browsing seperti file image, script, video atau audio di Hard disk lokal agar browser tidak perlu mengambil data secara langsung dari internet , yang perlu diambil dari Internet hanya beberapa file update dari situs tersebut. Hal ini membuat loading browsing internet kita menjadi lebih cepat saat kita mengunjungi situs-situs yang sering kita kunjungi itu.
Squid Proxy adalah aplikasi server proxy yang paling umum digunakan saat ini. Walaupun mampu dijalankan diberbagai platform, untuk penggunaan yang optimal gunakanlah OS Linux. Kombinasi antara Squid Proxy yang diset untuk menjadi transparan proxy dengan DNS Nawala dapat mencegah user menggunakan DNS Lain untuk melakukan akses ke sbuah situs negatif.


Manfaat dari Squid Proxy adalah:

1. Browsing semakin cepat ( untuk situs yang pernah di buka sebelumnya ).
2. Menghemat Bandwith atau kuota pemakaian internet.
3. expandable user ( memperbanyak user yang boleh ikutan sharing internet ).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel