Alasan Mengapa Sebaiknya Kamu tidak Main Game Bajakan

Alasan Mengapa Sebaiknya Kamu tidak Main Game Bajakan

- Bajakan oh bajakan , hampir semua konten digital di Indonesia yakni bajakan. Mulai dari film , musik , bahkan video game telah digerogoti virus pembajak.

Salah satu ranah yang paling mainstream yakni video game. Pembajakan game telah ada di Indonesia semenjak kala game retro , berlanjut ke kaset Playstation 1 dijual Rp 5000 per keping , padahal harga aslinya tidak serendah itu.

Parahnya lagi kaset-kaset tersebut dijual di daerah umum menyerupai mall yang notabenenya yakni sentra perbelanjaan resmi yang keberadaannya disetujui oleh pihak pengembang dan pemerintah.

Entah kau mengetahuinya atau tidak , satu yang pasti selama pernah berdomisili di Indonesia maka mampu dikonfirmasi kalian juga pernah merasakan sejumlah game bajakan dari aneka macam platform.

Alasan Mengapa Sebaiknya Kamu tidak Main Game Bajakan
Setidaknya masih ada 16 persen pengguna original

Alasan Mengapa Sebaiknya Kamu tidak Main Game Bajakan
Membanggakan?

Kabar baiknya sebagian sudah sadar dan berhenti memainkan game bajakan , mereka lebih memilih menunggu harga game tersebut turun (jauh) daripada harus mencari judul game di situs-situs penyedia game bajakan.

Lantas bagaimana dengan yang masih bertahan dengan game-game bajakan? Sadarlah kawan , ini sudah 2017 , bukan tahun 90an lagi. Berikut ada beberapa poin ini mungkin akan mengubah persepsimu perihal penggunaan game bajakan.


Tidak sebar/download game bajakan , kau taati UU ITE

Alasan Mengapa Sebaiknya Kamu tidak Main Game Bajakan

UU ITE yang terbit semenjak 2008 selalu mengalami pembaharuan supaya semakin sesuai dengan perkembangan zaman. Sejak itu pula peraturan perihal distribusi aktivitas ilegal sudah dibahas.

Di samping UU ITE , ada juga Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 tentang pelanggaran hak cipta. Menggunakan atau bahkan berbagi game bajakan kemungkinan mampu dikenai pasal berlapis.

"Ah biarin aja , kasusnya juga jarang"

Memang harus diakui hukum pembajakan di Indonesia tak seketat di negara barat. Namun dengan banyak orang melakukannya , itu bukan pembenaran bahwa kau juga boleh leluasa melaksanakan hal serupa.

Peraturan dibuat untuk dipatuhi dan mampu saja pertanggungjawabannya bukan di dunia.


Menghargai developer pembuat game

Alasan Mengapa Sebaiknya Kamu tidak Main Game Bajakan
Ada orang-orang yang bekerja keras dibalik game yang dilepas ke pasaran

Video game yakni karya , itulah yang dilakukan sejumlah orang di depan komputer yang menyebut diri mereka sebagai developer game. Pekerjaan ini tidak mudah , selain konsistensi mereka juga perlu pengorbanan.

Masih ingat developer indie asal Indonesia , Ozysoft dengan sejumlah proyek game mereka yang harus diulang sebab kerusakan pada media penyimpanan. Bayangkan apa rasanya jikalau setelah game tersebut rampung justru eksklusif dibobol. Selain rugi waktu dan tenaga , mereka tak dapat uang.

Alasan Mengapa Sebaiknya Kamu tidak Main Game Bajakan
Developer game juga insan , butuh makan , butuh tidur , butuh uang. Pastikan kau tidak membuat kerja keras mereka menjadi sia-sia

Kita tidak bicarakan developer besar , developer indie patut menjadi perhatian sebab dari sanalah bermula game-game besar. Tetapi amat disayangkan sebagian dari mereka bekerja dalam lingkungan yang tidak layak.

Developer besar juga tak luput dari kerugian akhir pembajakan. Misalnya RedOctane dengan game Guitar Hero yang cukup populer dinyatakan melarat pada 2010. Lagu-lagu versi Indonesia dalam game tersebut merupakan teladan pembajakan dan secara perlahan menghancurkan developer dibaliknya.


Mau main online? Tentu tidak bisa

Alasan Mengapa Sebaiknya Kamu tidak Main Game Bajakan
Rugi jikalau hanya menikmati storyline saja

Satu hal yang pasti dari game bajakan , tidak ada pinjaman apapun dari developer. Entah itu update , perbaikan bug , sampai mode multiplayer yang menjadi kekuatan utama dari permainan.

Contohnya yakni GTA V , mampu dikatakan sebagai game dengan mode multiplayer terbaik dan selalu diperbaharui permainannya. Sayangnya versi bajakan sama sekali tidak mendapat keistimewaan tersebut.

Alasan Mengapa Sebaiknya Kamu tidak Main Game Bajakan
Mendapatkan bug/glitch dalam game? Tenang , gamer original akan dapat perbaikan secepatnya

Padahal jikalau membeli versi original , game tersebut mampu kau mainkan kapanpun serta tentunya update terpola selama game masih aktif mendapat perhatian dari kreatornya.

Ditambah lagi , fitur cloud save memungkinkan gamer untuk melanjutkan progres permainan meski log in di perangkat berbeda selama telah terinstal game yang dituju.


Kejutan dari developer jikalau kau main game bajakan

Alasan Mengapa Sebaiknya Kamu tidak Main Game Bajakan
Sejumlah developer sudah paham bahwa game mereka bakal segera dibajak

Kejutan? Well , jangan berekspetasi developer merancang sebuah unsur kejutan yang manis. Contohnya EA dan Maxis ketika mengembangkan salah satu game terbaiknya The Sims 4.

Ketika gamer maminkan The Sims 4 versi bajakan , maka tampilan game akan pecah (pixelated) khas Minecraft , bahkan lebih buruk dari itu.

Alasan Mengapa Sebaiknya Kamu tidak Main Game Bajakan
Tampilan permainan kian kabur jikalau semakin lama dimainkan

Atau Miror's Edge yang memilih untuk mengurangi skill abjad utama sehingga membuat player bajakan frustasi ketika memainkannya.

Alasan Mengapa Sebaiknya Kamu tidak Main Game Bajakan
Terhitung sebagai game yang sulit menjadi semakin sulit jikalau memainkan versi bajakan

Masih banyak lagi kejutan yang sengaja dirancang developer untuk troll para gamer bajakan. Dan sepertinya bakal menjadi ekspresi dominan mengingat developer indie juga mulai menyematkannya.

Unduh game bajakan sampai puluhan gigabyte , lalu dikerjai developer , tertarik?


Game bajakan berpotensi disisipkan virus

Alasan Mengapa Sebaiknya Kamu tidak Main Game Bajakan
Pernah disuruh mematikan antivirus ketika install game bajakan? Berhati-hatilah!

Tampaknya alasan ini setidaknya membuatmu berpikir dua tiga kali sebelum unduh game bajakan. Pasalnya virus komputer semakin canggih dan mematikan.

Beberapa waktu lalu forum diskusi komputer dihebohkan dengan virus Ransomware yang mengunci file-file di komputer dan kau harus membayar sejumlah uang (besar) ke penyebar virus semoga dapat menerima file kembali.

Alasan Mengapa Sebaiknya Kamu tidak Main Game Bajakan
Tidak semua virus dapat ditaklukan antivirus , apalagi jikalau kau telah memberi kelonggaran menyerupai membuka saluran instalasi game bajakan yang biasanya meminta mematikan antivirus

Ternyata tidak ada solusi untuk mengembalikan file tanpa bayar. Intel , Europol , Amazon , bahkan Kaspersky hanya mampu memberikan pencegahan sebelum infeksi.

Saya sangat yakin banyak orang terjebak disini. Faktanya proses instalasi game bajakan mengharuskan mematikan antivirus dan Firewall yang merupakan proteksi dasar dari komputer. Dan pada ketika itulah , ketika keamanan lengah komputermu jadi sasaran.


FAQ

Q: Pernah unduh dan main game bajakan?
A: Iya pernah dulu , waktu belum paham perihal lisensi game. Beruntungnya sekarang sudah sedikit lebih mengerti.

Q: Apakah sekarang main game original?
A: Tentu saja , saya mengandalkan Steam , Origin , dan uPlay untuk database game.

Q: Berapa biaya yang telah dikeluarkan untuk membeli game original?
A: Akumulasinya mencapai Rp 300.000. Saya punya puluhan judul game.

Q: Duit segitu kok mampu dapat banyak?
A: Beli selagi diskon , lalu manfaatkan giveaway yang sering diadakan oleh developer. Sekitar 80% game original yang saya miliki nggak bayar , bahkan tak sedikit yang berada di kelas AAA 😛

Q: Saya kan masih pelajar , untuk beli game kayaknya terasa berat , ada solusi?
A: Cara yang paling mulia yakni menabung , namun ada juga opsi kedua dimana kau boleh memainkan game bajakan , namun suatu waktu ketika sudah memiliki uang maka diperlukan untuk "melunasi" hutang ketika kau memainkannya di versi bajakan , yakni dengan membeli versi aslinya.

Alasan Mengapa Sebaiknya Kamu tidak Main Game Bajakan
Saya sendiri bukan seorang gamer , tapi bukan berarti membajak game yakni tindakan terpuji

Sebenarnya tidak sulit untuk berkomitmen berhenti memainkan game bajakan. Di luar sana developer indie dengan senang hati menunjukkan saluran game buatannya ke publik untuk dimainkan gratis , semata-mata dalam rangka promosi.

Kamu juga mampu mengikuti halaman terkait game , mereka sering membagikan tautan giveaway yang berisikan game-game terkenal.

Pada risikonya menimbulkan Indonesia sebagai negara yang sempurna bagi industri game tidaklah mudah. Tetapi setidaknya mampu dimulai dari mindset untuk mengedepankan keberadaan game original.

Tidak instan , proses peralihan memang butuh waktu. Namun akan ada pujian tersendiri ketika kau berhasil melewatinya.

Punya opini seputar ori dan bajakan? Tulis di komentar!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel