Cara Kembalikan Dokumen yang Tak Sengaja Tak Tersimpan

document recovery

- Microsoft Office punya satu fitur yang mampu menyelamatkan hidup sobat. Ketika teman secara tak sengaja mengklik tombol Don’t Save ketika menutup Microsoft Word , teman akan panik ternyata peran yang sebelumnya diketik berjam-jam hilang begitu saja hanya alasannya yaitu salah pencet tombol.

Hal yang sama terjadi ketika mati listrik. Atau baterai laptop yang tiba-tiba habis. Dokumen yang merupakan peran sekolah yang telah teman buat berjam-jam dan bahkan berhari-hari seolah hilang ditelan angin. Rasa sakitnya sungguh menyesak dada.

Dengan sedikit trik di Microsoft Word , kita dapat mengembalikan dokumen yang tak sengaja tidak tersimpan alasannya yaitu mati listrik atau baterai laptop habis atau bahkan hanya tak sengaja mengklik tombol Don’t Save.

Cara Kembalikan Dokumen yang Tak Tersimpan

Di tutorial ini , aku menggunakan Word 2016. Sobat mungkin perlu menyesuaikan sedikit ketika menggunakan Word 2013 atau versi sebelumnya untuk mencoba.

Pertama , buka dulu Word 2016.

Lalu buka “blank document”.

Nah , ketika dokumen gres terbuka , klik tab File.

Lalu pilih Info.

Manage Document

Langsung saja , klik “Manage Document” , yang lalu memunculkan dua pilihan yang berfungsi untuk mengembalikan dokumen yang tak tersimpan tersebut: Recover Unsaved Documents. Sobat juga tentunya dapat pribadi menghapus seluruh dokumen itu , dengan pilihan di bawahnya.

Klik “Recover Unsaved Documents” untuk mengembalikan dokumen yang tak tersimpan. Lalu pilih file yang merupakan dokumen untuk dikembalikan.

file dikembalikan

Maka , teman telah berhasil mengembalikan dokumen atau file yang dibuat di Microsoft Word , namun tak tersimpan secara tak sengaja.

Microsoft Office 2016 secara default menyimpan seluruh perubahan yang teman buat dalam setiap dokumen atau presentasi atau apa pun itu. Dalam kurun waktu setiap satu menit , lima menit , atau sepuluh menit – sesuai yang kita inginkan.

Itulah kenapa kita mampu mengembalikannya dengan mudah melalui cara di atas.

Untuk mengubah ini , buka tab File. Lalu pilih Options.

Options

Masuk ke tab Save.

autorecovery

Di sinilah daerah untuk mengatur waktunya. Sobat dapat mengaturnya sesuai harapan sobat. Sobat juga dapat mengubah lokasi folder di mana dokumen tersebut tersimpan secara otomatis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel