Cara Mengganti Font pada Sticky Notes

Cara Mengganti Font pada Sticky Notes

- Sticky Notes merupakan software post-it note yang ditanamkan Microsoft pada sistem operasi Windows , khususnya Windows 7 , Windows 8 , dan Windows 10. Tetapi secara historis , aplikasi ini sendiri datang pertama kali pada sistem operasi Windows XP Tablet Edition tahun 2002 lalu.


Sobat yang sering menggunakan agenda sederhana ini sudah sangat paham wacana fungsinya. Sesuai namanya , Sticky Notes yakni agenda yang berisikan catatan penting. Ia akan muncul ketika komputer dinyalakan dengan tujuan mengingatkan pengguna wacana suatu keperluan.

Sticky Notes sangat simple , hanya ada pilihan untuk menambah jendela dan mengganti warna latarnya saja , selain itu tidak ada lagi kustomasi yang bebas diterapkan oleh user.


Hal yang menjadi kontradiksi dari agenda dengan interface datar ini yakni font yang tidak mampu diganti.

Microsoft sengaja menggunakan font Segoe Print sebagai font bawaannya. Terlihat ibarat goresan pena tangan , mengingatkan kita kembali pada post-it note.


Sayangnya selera font tiap-tiap user tetaplah bervariasi. Mungkin Segoe Print masih relevan dan nyaman dibaca , namun pernyataan tersebut tidaklah universal. Saya sendiri lebih menggemari font bernuansa light (tipis) dengan lengkungan yang minimalis. Bagi aku eksklusif , itu sangat nyaman untuk dibaca.

So , bagaimana cara mengganti font pada Sticky Notes sedangkan tidak ada opsi resmi untuk menggantinya?

Tutorial sederhana ini akan menunjukkan trik kecil kepada sobat.

Cara Mengganti Font pada Sticky Notes


1. Buka Microsoft Word atau aplikasi office sejenis lainnya

2. Ketik catatan di Microsoft Word , pilih font yang digunakan beserta ukurannya


3. Salin catatan yang sudah dibuat ke Sticky Notes , karenanya ibarat berikut



Ternyata triknya hanya copy-paste saja. Tetapi tahukah sahabat bahwa tidak hanya jenis font saja yang mampu 'disamakan' , tetapi juga ukuran , gaya , dan warna.

Seperti referensi dibawah ini aku menggunakan font Roboto dengan gaya bold dan diberi warna. Ukuran tersaji sebesar 20px.


Jika goresan pena yang sudah disalin ke Sticky Notes dihapus , maka ketika diketik kembali font akan kembali ibarat semula. Makara untuk mengganti font Sticky Notes dibutuhkan software pihak ketiga ibarat Microsoft Word.

Sekian , biar membantu :D


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel