Cara Screenshot Layar Monitor Tersimpan Otomatis

Cara Screenshot Layar Monitor , Tersimpan Otomatis

- Screenshot atau kadang disebut sebagai screen capture adalah acara sederhana yang bisa dilakukan komputer , yakni untuk mengambil gambar tampilan layar monitor didalamnya. Meski berkembang pertama kali pada platform komputer , kini screenshot pun juga sudah hadir pada beberapa handphone dan banyak smartphone di dunia.

Khususnya pada sistem operasi Windows sendiri , mereka semenjak dulu selalu menawarkan kemudahan screenshot dengan menekan tombol PrintScreen yang terletak di sisi atas keyboard.

Sedangkan untuk menerima gambar tangkapan layar , pengguna harus membuka aplikasi yang mendukung ibarat Paint , Photoshop , GIMP , atau aplikasi untuk pengeditan grafis lainnya. Kemudian menekan CTRL + V untuk mem-paste gambar dan barulah bisa disimpan.


Langkah tersebut telah lama menjadi tradisi bagi sebagian user , termasuk saya sendiri. Akan tetapi kita bisa menyimpan screenshot secara otomatis setelah menekan tombol PrintScreen.

Ya , tentu saja dengan pertolongan acara pihak ketiga.

Cara Screenshot Layar Monitor , Tersimpan Otomatis

Seperti yang sahabat lihat pada gambar di atas , terlihat Screenshoter akan menyimpan gambar tampilan layar monitor pada direktori yang diinginkan. Makara , metode lama seperti melalui Paint tidak berlaku lagi.

Berikut akan saya beberkan tutorialnya:

Cara Screenshot Layar Monitor , Tersimpan Otomatis


1. Unduh aplikasi Screenshoter lalu instal. Ini ditujukan untuk sistem operasi Windows saja

2. Setelah instal , sahabat atur lokasi penyimpanan gambar , kualitas gambar , jenis gambar , hotkeys , dan pengaturan lainnya

Cara Screenshot Layar Monitor , Tersimpan Otomatis

3. Nikmati Screenshoter dengan leluasa , tak lupa tombol PrintScreen juga diambil alih oleh Screenshoter demi memudahkan acara sobat

Cara Screenshot Layar Monitor , Tersimpan Otomatis

Screenshoter dapat berjalan di sistem latar , itu artinya screenshot dapat dilakukan kapan saja selama aplikasi ini aktif. Secara cepat ia akan menyimpan gambar yang didapat setelah sahabat menekan PrintScreen atau hotkeys lain untuk membuat screenshot.


Screenshoter bisa menawarkan kualitas gambar terbaik sehingga tidak terlihat pecah. Hasil gambar yang disimpan dapat diurutkan berdasarkan waktu atau nomor secara tertata.

Uniknya lagi , Screenshoter memiliki fitur dimana kita bisa mengatur area yang menjadi tangkapan layar. Ini sebuah keuntungan bagi mereka yang menggunakan monitor beresolusi tinggi atau multi-display.


Perlu sahabat ketahui , aplikasi ini juga kerap saya gunakan dikala men-screenshot game. Makara , saya tidak perlu repot mem-paste gambar yang saya inginkan , proses bermain pun tidak terganggu.

Sekian , supaya bermanfaat :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel