SOLUSI MENU DI LAYAR LAPTOP / KOMPUTER TIDAK BISA DI KLIK SAAT LAPTOP DI DIAMKAN LAMA

SOLUSI MENU DI LAYAR LAPTOP TIDAK BISA DI KLIK SAAT LAPTOP DI DIAMKAN LAMA , Ketika layar laptop mati tetapi saat dinyalakan kembali menu dan berbagai macam aplikasi di laptop sudah tidab bisa diklik sebab laptop sudah not responding.

Mungkin kamu pernah mengalami hal tersebut bukan? Memang bukan hal yang aneh, kejadian ini sering terjadi untuk kamu yang sering memakai laptop atau PC. Maunya istirahat sebentar tetapi ketika membuka kembali layar laptop sudah mati karena hibernate atau sleep hal ini menyebabkan laptop kembali mengulang lagi program secara bersamaan sehingga memakan memori RAM akhirnya down tuh semua program jadinya not responding. 

Hal ini bukanlah hal yang menakutkan untuk sebuah laptop karena memang kita salah dalam melakukan pengaturan untuk PC kita. Jadi kamu ngga perlu risau mengatasinya, namun kalau setiap kali kita mendapati layar sudah down kemudian ketika dinyalakan selalu not responding ya memang menjengkelkan juga sih. 
Ilustrasi Laptop tidak bisa diklik

Penyebab Laptop Menjadi Hang / Not Responding

Kekurangan memory. (low memory)

Paling sering terjadi adalah ketika kita mempunyai laptop dengan daya dukung atau RAM yang kecil tetapi dipacu dengan aplikasi yang berat. Aplikasi yang berat yaitu aplikasi yang membutuhkan banyak memori ram untuk bekerja. Seperti contohnya microsoft office, Google Chrome atau Mozilla Firefox juga cukup membutuhkan banyak memory.

Terlalu banyaknya program yang terinstall. 

Banyaknya program sebenarnya tidak mempengaruhi kerja laptop asal tidak bekerja atau memakan memory. Tetapi umumnya orang jika memiliki banyak aplikasi yang terinstal akan menyebabkan laptop menjadi hang, sebab dia tidak bisa mengatur program tersebut agar tidak jalan ketika tidak diklik. Jadi memang ketika banyak program terinstal maka akan banyak sekali program yang akan autostart (langsung jalan) dan inilah yang menyebabkan memory menjadi langsung terkuras dan laptop akan langsung hang.

Terlalu banyak startup programs dan service yang berjalan.

Mengatur startup program dan service yang berjalan juga penting dilakukan. Hal ini tentu untuk menghemat memory.

Temporary File yang sudah membengkak. 

Temporary file adalah file yang sudah tidak terpakai. File ini biasanya tersimpan di drive C, bisa berbentuk file trash atau yang lain. Ketika banyak file tersimpan di drive C dimana drive C tersebut adalah tempat program Windows ini tersimpan maka akan mempengaruhi kerja dari windows tersebut. Jadi memang disarankan untuk memisahkan tempat berbagai file penting ini jangan diletakkan pada drive C. Termasuk di dalamnya adalah menu dokumen dan lain lain pada file sistem windows. Sebenarnya folder dokumen picture dan lain lain itu menempati drive C.

Masalah pada harddisk. 

Harddisk ketika sudah mulai rusak maka akan menjadi masalah paling mendasar. Karena semua data dan aplikasi berasal dan disimpan dalam hard disk.

Terlalu banyak program yang berfungsi sebagai “security program”

Sebuah windows sebenarnya sudah dilengkapi sistem pertahanan atau security misalnya MSE (microsoft security essensial) jadi sebenarnya kita tidak perlu menginstal banyak program antivirus. Yang paling penting dari anti VIrus adalah kita melakukan updating agar selalu aman dari mallware.

Terdapat corrupt pada System Files atau bahkan hilang.

Banyak sekali penyebab file menjadi corrupt atau rusak diantaranya adalah ketika kita membuka dan menutup file tersebut secara paksa. Atau kita mendelet salah satu bagian file tanpa kita sadari atau kita ketahui hal ini wajar saja. Karena jarang pengguna laptop yang memahami bahasa pemrograman dengan baik.

Terus cara mengatasinya masalah ini bagaimana?

1. Tunggu dahulu sebentar sampai bisa diklik atau mulai ada respon

Menunggu adalah hal yang membosankan, tetapi kita memang harus menunggu sebentar sampai laptop kita bisa menanggapi perintah anda. Jangan memberikan perintah berulang ulang dengan klik atau menekan keyboard karena hal ini malah akan membuat laptop semakin lama untuk meresponnya.

Gerakkan atau sentuh mouse kita sekali saja. Untuk mengecek laptop kita sudah mulai mengikuti perintah kita. Setelah dirasa sudah bisa merespon kamu bisa langsung klik F5 (refresh) disarankan menggunakan tombol F5, karena jika kita klik kanan kemudian refresh juga memakan memory lagi yang cukup besar.

2. Tekan Ctril - Alt - Delete bersamaan 

Kalau kita sudah lama menunggu tetap tidak bisa merespon dengan baik maka langkah kedua adalah dengan tekan tombol Ctrl - Alt dan Delete secara bersamaan. 

Setelah itu pilih Task Manager cari program yang menjadi biang kerok dari masalah ini, ditandai dengan aplikasi yang paling banyak memakan memori (RAM). 
SOLUSI MENU DI LAYAR LAPTOP / KOMPUTER TIDAK BISA DI KLIK SAAT LAPTOP DI DIAMKAN LAMA

Jika masalah udah selesai maka kamu sudah bisa mengatasi hal ini tanpa harus merestart PC. Namun jika masalah belum bisa diatasi maka alternatif lain adalah dengan tekan CTRL - ALT - DELETE kemudian pilih Restart / Shutdown. 

3. Jika memang terpaksa barulah tekan tombol power selama beberapa saat

Kalau memang masalah tidak bisa diatasi dengan baik maka kita bisa menekan tombol power selama beberapa saat. Namun masalah ini jangan dijadikan solusi terus menerus, karena dengan melakukan hal ini terus menerus bisa merusak hardisk kita terutama akan bisa membuat hardisk menjadi rusak.

Cara mengatur agar Desktop tidak sleep (tidur sendiri)

Mengatur agar desktop tidak tidur sendiri bisa kita lakukan. Caranya pun cukup mudah yaitu 
Control Panel\Hardware and Sound\Power Options\Edit Plan Settings
kita bisa mengaturnya menjadi Never yang berarti selalu hidup. Tetapi efek lain dari memilih opsi ini adalah laptop akan selalu hidup dan efeknya jika kita tinggal tetap hidup berarti konsumsi listriknya juga tetap sama. 

Jadi ketika kita melakukan setting ini maka pastikan mematikan komputer saat tidak dipakai agar tagihan listrik anda tidak membengkak.

Demikianlah postingan kali ini tentang solusi menu yang tidak bisa diklik ketika laptop dinyalakan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel