Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis


Layanan text to speech tergolong gres di industri digital. Banyak Layanan yang bisa mengucapkan kata-kata dalam teks menjadi ibarat orang berbicara. Kehadiran text to speech bukan tanpa alasan. Justru fitur ini muncul atas kebutuhan masyarakat. Bahkan youtuber pemula sering menggunakan text to spech untuk narasinya. Karena dengan text to spech ini youtuber bisa menghemat untuk pembelian alat seperti microphone.

Keunggulan text to speech yakni frekuensi bunyi yang terdengar elegan , nyaman untuk didengar.

Walaupun sampai ketika ini belum ada yang memiliki intonasi bunyi yang sempurna. Dalam arti , kata yang diucapkan terasa datar dan kurang menggugah.

Meski begitu , faktanya text to speech cukup banyak digunakan. Terutama untuk menyebutkan kalimat yang singkat , penjelasan pada video , atau merekamnya sebagai cara pengucapan kata yang benar.



Saat ini kita beruntung bahwa text to speech telah memiliki data rekaman bunyi vokal orang Indonesia. Berbeda dengan dulu yang hanya tersedia untuk bahasa Inggris atau negara-negara di Eropa.

Beberapa layanan berikut ini menjamin penggunaan kata dalam Bahasa Indonesia dan mengkonversinya menjadi suara. Semuanya ini gratis dan tersedia untuk banyak sekali platform.

FYI: Sebagian menggunakan vokal perempuan dan sebagian lagi laki-laki

Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis


Web: ResponsiveVoice

Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis

Di urutan pertama , saya merekomendasikan ResponsiveVoice sebagai layanan teks berbicara dalam Bahasa Indonesia.

Tools online ini cukup mudah digunakan. Pengunjung hanya perlu memasukan teks kemudian klik Play maka akan terdengar bunyi wanita berbicara berdasarkan teks yang sahabat tulis tadi.

Menariknya , hasil bunyi cukup memuaskan. Intonasi khususnya tanda baca terdengar terang sehingga kalimat tidak terasa datar. ResponsiveVoice dapat diakses melalui Google Chrome , Mozilla Firefox , Safari , Internet Explorer , dan Opera Mini. Sistem operasi Android dan iOS juga tak ketinggalan.


Web: Google Translate

Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis

Google Translate tidak hanya bisa menerjemahkan teks dalam bahasa absurd ke bahasa yang diinginkan. Namun salah satu produk Google ini juga mengikutsertakan text to speech.

Text to speech yang tersedia mencakup semua bahasa yang didukung Google Translate. Bahkan untuk Bahasa Indonesia , sekarang jauh lebih halus dan tidak kaku ketika berbicara.

Dibanding dengan ResponsiveVoice , kecepatan berbicara pada Google Translate agak sedikit lebih lambat. Untuk mengakses tools ini , sahabat cukup mengunjungi halaman utamanya melalui browser.


Web: Oddcast

Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis

Oddcast menyediakan opsi Bahasa Indonesia dengan vokal perempuan (Damayanti). Tools online ini juga menyampaikan pilihan untuk efek bunyi serta levelnya.

Cenderung mudah dimodifikasi bagaimana intonasi , kecepatan , atau frekuensi suara. Sayangnya , Oddcast tidak bisa menginput banyak kata sekaligus.


Android: Google Text-to-Speech

Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis

Sama halnya dengan Google Translate , aplikasi ini memiliki basis dari Google. Bedanya , ia hadir dalam format aplikasi untuk platform Android.

Google Text-to-Speech memperlihatkan fasilitas untuk membacakan buku pada Google Play Book.

Selain itu , ada juga TalkBack yang memungkinkan sahabat melaksanakan input verbal ke dalam perangkat. Aplikasi ini resmi dan gratis , dapat didownload melalui Plays Tore.


Windows: IndoTTS

Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis
Screenshot from myblackpink

Menurut sejarah , IndoTTS yakni kegiatan perekaman bunyi (diphone database recording) pertama di Indonesia. Perekaman dilakukan pada tahun 2000 dengan menggunakan bunyi dari Arry Akhmad Arman.

Menurut isu yang saya dapat , IndoTTS memiliki intonasi bunyi yang dinamis khas ibarat orang Indonesia. Bahkan ada ribuan dialek untuk pengucapan abjad "e" saja.

Software yang bekerjsama sudah cukup renta , tetapi sudah menjadi titik gebrakan kegiatan text to speech awal di Indonesia.


Nah , sekarang tinggal sahabat memilih mana yang paling nyaman didengar dengan pengucapan yang tepat.

Dari waktu ke waktu kegiatan ini akan terus berkembang dan akan semakin ibarat dengan bunyi insan ketika sedang berbicara.

Contohnya saja bahasa Inggris yang kini terdengar cukup khas layaknya orang yang sedang berbicara dalam bahasa Inggris , dialeknya pas , intonasi tepat , serta penuturan kalimat yang selaras.


Jika sahabat punya rekomendasi tools lain terkait dengan apa yang saya bahas disini , jangan ragu untuk menyampaikan balasan di kolom komentar :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel