Ubah Tanggal Modified/Created/Accessed Suatu File/Folder

ubah date modified

- Ada satu trik yang sangat-sangat berkhasiat , yakni mengubah tanggal “Date Modified” , “Date Created” , dan “Date Accessed”. Ketiga tanggal ini merupakan tanggal-tanggal krusial perihal kapan file tersebut dibuka , diubah , dan dibuat.

Tapi , apa sih pentingnya mengubah tanggal-tanggal ini?

Entahlah. Saya tak tahu.

Tapi trik ini berkhasiat sewaktu saya diminta seorang untuk menunjukkan presentasi lama buatan saya kepadanya. Dia meminta untuk menggandakan , copy dan paste pribadi , dengan mengedit sedikit tampilan presentasi PowerPoint yang saya berikan.

Dia meminta alasannya yaitu ia kena teguran sewaktu remedial. Dia rajin absen sekolah , peran banyak ketinggalan. Dan ia belum mengumpulkan peran presentasi buatannya. Heck , ia bahkan belum membuatnya sama sekali. Sementara saya sudah mengumpulkan presentasi saya berbulan-bulan sebelumnya.

Saya tentunya tak mau melakukannya. Saya tak mau menunjukkan presentasi saya secara cuma-cuma dan begitu saja. Semua perjuangan saya dalam membuat presentasi akan menjadi sia-sia jika begitu.

Jadi , saya punya rencana , yakni membuat file presentasi tersebut menjadi corrupt , biar nantinya dianggap corrupt alasannya yaitu flashdisk-nya yang error. Beruntungnya , ia yaitu orang yang awam komputer.

Saya dengan segera pribadi menduplikat (copy) file presentasi tersebut. Kemudian saya membuka file presentasi tersebut dengan Notepad , yang munculnya tak lain yaitu teks atau aba-aba yang berantakan dari file tersebut.

Nah , saya hilangkan satu-dua aksara saja , maka file presentasi pribadi menjadi corrupt. Dia pun pasti akan berpikir bahwa file presentasi tersebut menjadi corrupt alasannya yaitu flashdisk-nya yang error.

Saya sendiri dengan sengaja mengubah seluruh isi flashdisk-nya menjadi shortcut , biar seolah semua terlihat alasannya yaitu flashdisk-nya error atau terkena virus.

Tapi , sayangnya membuat presentasi tersebut menjadi corrupt masih belum cukup.

Dia mampu saja dengan pintarnya melihat “Date Modified” yang ternyata menunjukkan bahwa file presentasi tersebut gres saja diedit kemarin , sementara ia meminta file presentasi saya yang sesungguhnya saya buat berbulan-bulan sebelumnya.

Jadi , biar mencegah ia menerka saya sengaja membuat file-nya corrupt , saya edit “Date Modified”-nya , ke tanggal sewaktu saya pertama kali membuatnya , yakni berbulan-bulan sebelumnya.

Saya menggunakan Attribute Changer. Sobat mampu mengubah Date Modified , Created , dan Accessed dengan mudah di sini. Sobat mampu mengubah tanggal masa kini dari file menjadi tanggal masa lalu...

attribute changer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel