Cara Memblokir Aplikasi Game dengan Router Mikrotik

Gimana ya apabila anda menjadi sebuah admin jaringan disuatu daerah kerja, tapi banyak karyawan yang nyeleneh alias suka nyuri-nyuri waktu kerja buat main game online di hp, atau bahkan sebagian besar dari mereka kecanduan bermain game online.

Sedangkan anda ditugaskan oleh bos untuk memblokir kanal game online yang membuat para karyawan kurang tanggung jawab dengan kewajiban kerjanya masing-masing. Nah caranya insyallah akan dibahas di postingan kali ini.

Aplikasi-aplikasi game yang akan menjadi target untuk diblokir aksesnya yakni pola aplikasi menyerupai Clash of Clans untuk game online lainnya mampu dicoba sendiri dengan mengikuti cara yang sama hanya ada beberapa yang dibedakan.

Disini saya akan mencontohkannya melalui aplikasi putty atau via telnet. Disini saya hanya akan memberi pola Cara Memblokir Aplikasi Game di Router Mikrotik, jadi pastikan bahwa router sudah terkoneksi ke internet beserta santunan ip dynamic/static ke client.

1. Step One
Buka winbox/putty, disini saya akan menggunakan putty untuk mengakses routerboardnya, menyerupai biasa kolom host name or ip address diisi dengan ip gateway router dan type koneksi menggunakan telnet (terserah).


2. Step Two 
Apabila berhasil kanal maka menyerupai biasa akan dimintai usename dan password isi sesuai pada router anda.Apabila berhasil kanal maka menyerupai biasa akan dimintai usename dan password isi sesuai pada router anda.


3. Step three
Apabila anda sudah mampu login eksklusif saja kita mulai konfigurasi firewall untuk memblokir akses beberapa aplikasi game. Buka menu Filter Rule pada IP --> Firewall. Tambahkan sebuat rule baru. Dengan mengisi :

[admin@Ariefsofyan] /ip firewall filter> add chain=forward src-address=192.168.1.0/24 protocol=tcp dst-port=9330-9340 in-interface=ether1 out-interface=ether2 action=drop


Berikut dibawah ini penjelasan command diatas :
  • Chain diisi dengan forward alasannya paket pada aplikasi game tersebut melewati router bukan paket yang masuk dan juga keluar
  • Src address diisi dengan ip atau network target, yang nantinya si target tidak akan mampu mengakses aplikasi game online tersebut. Apabila kita isi dengan ip maka hanya ip itu sendirilah yang kena blok tapi kalau kita memakai network maka semua ip yang termasuk kedalam network tersebut akan terkena blok.
  • Protocol diisi dengan tcp, ya memang game clash of clans menggunakan protocol tcp !! bukan udp
  • Port diisi dengan port number dari 9330 hingga 9340 alasannya kanal aplikasi clash of clans menggunakan port demikian
  • In-interface diisi dengan interface yang menuju ke client/ ke target. Disini target saya terletak pada interface ether1
  • Out interface diisi dengan interface yang menjadi sumber kanal internet si client. Disini saya menerima internet dari interface ether2
  • Action diisi dengan drop alasannya ya... pastilah kawan-kawan tau kenapa diisi dengan action drop. Agar kanal ditolak atau tidak diizinkan maka si router akan membuang paket tersebut.

4. Step Four
Terkadang apabila anda hanya mengkonfigurasi rule untuk memblok suatu kanal bedasarkan pengalaman saya rule tersebut tidak berjalan dengan lancar ia akan memblok kanal diluar dugaan admin. Tapi kasus menyerupai ini jarang terjadi. Disini saya hanya untuk mengantisipasi saja kita perlu membuat rule terakhir setelah membuat banyak rule untuk blok akses. Rule terkahir yang akan kita buat yakni rule yang akan mengizinkan semua kanal selain dari kanal bloking yang telah dibuat. Mudah saja membuatnya hanya dengan command dibawah ini:

[admin@Ariefsofyan] /ip firewall filter> add chain=forward action=accept

jikalau semua step diatas dilakukan dengan benar maka ketika si client ingin mengakses aplikasi game tersebut maka pada tampilan aplikasi game hanya akan menampilkan loading login ke game dan tidak akan mampu masuk:



Keadaan tampilan pada aplikasi tidak akan berubah dan akan terus loading. Aplikasi tidak akan memberi notifikasi NO INTERNET CONNECTION tapi ia akan terus loading dan berusaha untuk masuk ke dalam game. 

Kenapa tidak timbul notifikasi menyerupai diatas alasannya aplikasi ini mendeteksi bahwa masih ada koneksi internet hanya saja port yang menuju server game tersebut sudah ditutup oleh routerboard mikrotik anda.

Gimana? mudah bukan memblokir kanal suatu aplikasi game. Apabila anda ingin menambah blokir aplikasi game yang lainnya tinggal menambah rule pada firewall sama caranya menyerupai diatas yang dibedakan hanyalah port-number game yang ingin diblok. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat. :)

Ditulis oleh :

Arief Sofyan, SMK Madinatulquran

Sumber https://mikrotikindo.blogspot.co.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel