Cara Mengatasi Memory Card Tidak Terbaca Di Handphone ( Sd Card Error / Rusak )

Microsd tidak terbaca - Untuk menemukan cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca oleh suatu handphone langkah apakah yang harus kita lakukan ? Memory card tidak terbaca sesungguhnya tidak terlalu sulit untuk mengatasinya jikalau kita sudah mengetahui penyebab dan kerusakan dari Micro SD Card itu sendiri. Kartu memory tidak mampu terdeteksi oleh hp android itu bahu-membahu merupakan dilema yang seing terjadi bagi pengguna handphone. Maka dari itu akan lebih baik jikalau kita mengenali faktor yang menjadi penyebab dilema micro sd error tidak tampil di ponsel android, sebelum kita kebingungan dikala kita membuka file manager namun isi pada kartu memory card menjadi kosong alasannya tidak dapat dibaca oleh perangkat smartphone.

Tanpa kita sadari terlalu sering memindah - mindah kartu sd dari satu hp menuju ke hp yang lain merupakan suatu hal yang menjadi salah satu mengapa sd card tidak terbaca oleh hanphone. Meskipun menjadi perbuatan yang sepele, memory card sering dipindah - pindah dapat menjadikan kerusakan yang berasal dari tabrakan pada kuning - kuning microsd sehingga ponsel android tidak begitu baik membaca kartu sd tersebut. Lalu bagaimana cara memperbaiki kartu sd yang rusak pada semua handphone baik itu android, blackberry, iphone maupun microsoft ?

Walaupun kita mengetahui cara memperbaiki kartu memori yang error, tidak semua dilema sd card tidak terbaca dapat kita selesaikan secara total. Sebagai rujukan jikalau kartu memori rusak alasannya terlipat, terpotong, terkena panas yang memiliki suhu tinggi itu akan tidak mungkin untuk mengembalikannya kembali.  Oleh alasannya itu pada postingan kami kali ini akan mecoba menyebarkan tips mengenai cara memperbaiki kartu memori yang error tidak dapat terbaca oleh handphone.

Cara Mengatasi Memory Card Tidak Terbaca Di Handphone (Sd Card Error / Rusak)

memory card tidak terbaca


Sebelum kami membahas lebih jauh perihal bagaimana kartu memori tidak terbaca, ada baiknya jikalau kita juga mengetahui penyebab dari memory card rusak tersebut yang telah kami ulas selengkapnya dibawah ini :

Beberapa kemungkinan penyebab kerusakan pada memory card


1. Terlalu sering memindah - mindah memory card
  • Kartu memory yang sering di pindah-pindah akan lebih rentan terhadap penyakit, alasannya harus sering mengikuti keadaan dengan kawasan dan sistem operasi baru. Kartu microsd bahu-membahu tidak perlu sering dipindah kecuali jikalau kita membeli ponsel baru. Kalau hanya untuk mengcopy file, ada banyak pilihan cara memindahkan file antar HP dengan aman, melalui koneksi Bluetooth atau WiFi, atau kabel data jikalau ke laptop.

2. Cara memindahkan microsd yang salah
  • Matikan HP terlebih dahulu kemudian tunggu 10 samapi 20 detik setelah itu gres cabut kartu memory anda merupakan cara yang benar. Meskipun anda dalam keadaan terburu-buru, cobalah untuk bersabar dikala terpaksa mencabut kartu memory dari HP dan memindahkannya ke card reader atau HP lain.


3. Bekerja terlalu keras dalam waktu lama
  • Memaksa kartu memory bekerja ekstra keras dikala menyimpan alasannya anutan data yang sangat besar dalam waktu yang singkat dapat menyebabkan memory card error. Jika HP anda masih menggunakan aplikasi standar, bukan yang sudah di tweak hingga maksimal, masih aman-lah dari kerusakan alasannya penyebab ini. Tapi kalau anda sudah melaksanakan tweaking berat, menyerupai mengubah setting penyimpanan video, alhasil memang luar biasa, menyerupai yang saya gunakan pada Xperia Ray dengan menggunakan modding camera dari mastah Rizal, merekam video 18 menit saja file alhasil mampu hingga 580 MB.

4. Terkena Minyak atau kotoran
  • Pastikan tangan anda bersih dari kotoran atau minyak dikala memegang kartu memory. Kotoran akan membuatnya tidak mampu terhubung dengan baik dengan pembaca di HP atau card reader.

5. Magnet
  • Inilah musuh utama segala jenis media penyimpanan berbasis magnet. Data di kartu memory ditulis dan dibaca menggunakan magnet, tentu tidak sesederhana itu penjelasannya. Mulai dari semenjak jaman kaset dengan pita dahulu, magnet mampu merusak susunan data yang tersimpan hingga acak kacau balau. Maka, tipsnya cuman satu: hindarkan HP atau kartu memory dari sumber magnet atau medan magnet menyerupai speaker, pesawat TV berlayar CRT, kumparan motor listrik, dan sebagainya.

6. Terkena suatu virus
  • Virus-virus jaman sekarang bekerja lebih kejam, mereka tidak lagi menhancurkan, tapi mencuri dan justru berupaya supaya HP anda mampu bekerja maksimal, supaya agresi penucrian mereka mampu terus berlangsung. Beberapa virus mampu membuat kartu memory anda lumpuh, meskipun isu terkini untuk virus-virus gres tidak lagi menyerupai itu. Pastikan laptop atau HP dari mana anda mengambil file aman dari virus. Juga dikala anda unduh file dari internet, pastikan anda hanya unduh dari situs-situs yang aman. Khususnya dikala kita sedang unduh file apk aplikasi atau game bisanya sering terjangkitnya virus pada proses tesebut.

Kita tetap harus menjaga kesehatan kartu memory / microsd dan juga membackup data di dalamnya secara rutin alasannya mereka tidak dapat memperbaiki dirinya sendiri meskipun kita sudah membeli sd card bermerk dan berjenis paling baik. Membackup file yang ada pada memory card dapat menggunakan laptop maupun google could.

baca juga artikel menarik lainnya :
Cara Mengatasi Sinyal Hp Hilang Karena Kartu SIM Tidak Terbaca
Cara Melacak Handphone Hilang Yang Kartu SIM Tidak Aktif

Langkah yang harus dilakukan sebagai cara memperbaiki sd card / memory card yang tidak terbaca


1. Membersihkan memori card


  1. Langkah pertama untuk mengatasi dilema memory card tidak terdeteksi oleh handphone android yakni dengan mengeluarkan kartu memori dari gadget. Pastikan kau sudah mematikan hp android anda terlebih dahulu.
  2. Lalu bersihkan lempengan tembaga (berwarna kuning keemasan) menggunakan penghapus pensil. Gosok secara perlahan hingga bersih.
  3. Setelah anda merasa yakin sudah bersih, masukan kembali kartu memori ke dalam slot memori ponsel kemudian periksa kondisi sd card sudah terbaca atau belum.

2. Melakukan format menggunakan hp android


  1. Pertama - tama masuk ke menu Setting lalu pilih Storage.
  2. Kemudian di dalam menu tersebut terdapat pilihan Erase SD card. Dengan menghapus SD Card, dapat membuat memori bersih menyerupai baru. Namun sebelum anda menghapus kartu memori pastikan bahwa anda sudah membackup file yang ada di dalamnya supaya kita kehilangan file tersebut secara permanen.

3. Lakukan pengecheckan error melalui PC


Langkah pertama sambungkan android ke laptop atau PC menggunakan kabel data.
Lalu pastikan hp android anda sudah terhubung dalam Mass storage mode (MSC), bukan Media transfer mode (MTP).
Kemudian buka Windows Explorer setelah itu klik kanan pada Drive kartu memori, pilih Properties >> Tools >> Error Checking dan tunggu hingga semua proses selesai.
Langkah terakhir eject kartu memorinya, lalu cek apakah sudah terbaca atau belum.

4. Format memory card dari PC


Langkah ini dilakukan apabila kartu memori (MicroSD) terbaca dan terlihat baik-baik saja di komputer akan tetapi masih belum terbaca di smartphone android anda. Lakukan dengan cara berikut :

  1. Pertama - tama buat folder gres di HardDisk, beri nama terserah anda alasannya folder ini akan menjadi kawasan penyimpanan sementara alias backup isi kartu memori yang rusak tadi.
  2. Copy semua isi kartu memori lalu Paste ke dalam folder yang telah anda buat sebelumnya.
  3. Kemudian jikalau anda sudah yakin tersalin semua, format kartu memori tersebut.
  4. Lalu kembalikan semua data-data yang ada di folder ke dalam memori yang telah di format tadi.
  5. Langkah terakhir yakni melaksanakan pengecheckan kartu sd tersebut sudah terbaca oleh handphone apa belum.

Demikian postingan kami kali ini yang telah membahas perihal cara memperbaiki microsd yang rusak sehingga tidak dapat terbaca oleh ponsel maupun tablet. Semoga artikel kami kali ini dapat menunjukkan manfaat supaya anda yang sedang mengalami dilema sd card error tidak mampu dibuka dapat segera teratasi, sekian dan terima kasih ..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel