Cara Mengganti Thermal Paste Processor

Cara Mengganti Thermal Paste Processor

-Kali ini aku menunjukkan tutorial untuk hardware komputer , lebih spesifik lagi mengenai processor. Processor atau sering disebut juga sebagai CPU ialah sebuah chip (IC) yang berfungsi mengontrol seluruh kinerja komputer. Letaknya menempel di socket motherboard dan ukurannya termasuk kecil bila dibandingkan dengan komponen lain semisal RAM.


Processor dapat menghasilkan panas

Semakin berat dan lama bekerja , maka suhu processor akan terus meningkat sebagai konsekuensi atas kinerjanya. Setiap vendor processor memiliki batas maksimal temperatur yang masih diperbolehkan untuk processor. Jika processor terasa cepat panas dan dengan suhu yang tidak sewajarnya , maka salah satu langkah yang wajib sahabat ikuti ialah mengganti thermal paste processor.


Apa itu thermal paste processor?

Cara Mengganti Thermal Paste Processor
Seperti cream tapi agak lengket

Thermal paste ialah pasta khusus yang berfungsi menyalurkan panas dari processor ke aluminium (heatsink) biar panas tersebut dapat dinetralisir oleh kipas processor. Semakin baik penghantarnya maka penyaluran panas akan semakin optimal dan dampaknya processor tidak cepat panas. Tentu saja kinerja dapat lebih baik lagi berkat temperatur yang terkendali.


Cara Mengganti Thermal Paste Processor


1. Sebelumnya , cabut kabel komputer dari listrik biar tidak menyetrum ketika proses pengganti thermal paste. Buka casing CPU komputer , biasanya dibutuhkan obeng untuk membuka setiap baut

Cara Mengganti Thermal Paste Processor

2. Perhatikan heatsink processor , letak processor berada dibawahnya. Sobat harus membuka setiap sekrup di pinggir heatsink. Untuk processor Intel biasanya terdapat 4 sekrup yang mampu dibuka dengan tangan kosong. Cukup putar lalu tarik masing-masing sekrup

Cara Mengganti Thermal Paste Processor

3. Angkat heatsink secara perlahan kemudian sahabat akan melihat processor beserta thermal paste yang lama. Bersihkan thermal paste yang lama menggunakan kain bersih yang sudah diberi sedikit alkohol (bukan minuman alkohol)

Cara Mengganti Thermal Paste Processor

4. Jangan lupa , bab bawah heatsink yang menempel pada processor juga harus dibersihkan dari sisa thermal paste lama. Tetap sama , gunakan kain bersih yang sudah diberi alkohol. Jika ada debu yang menempel , sebaiknya dibersihkan juga (gak perlu pakai alkohol)

Cara Mengganti Thermal Paste Processor

5. Oleskan thermal paste gres di processor. AWAS!! Jangan hingga keluar dari kawasan processor alasannya ialah mampu menimbulkan kerusakan. Cukup tambahkan sedikit di bab tengah

Cara Mengganti Thermal Paste Processor

6. Pasang kembali heatsink dengan perlahan sehingga thermal paste yang ada pada processor dapat menempel dengan heatsink

7. Operasikan komputer dan sekarang processor menjadi lebih dingin

Cara Mengganti Thermal Paste Processor


Kapan sebaiknya mengganti thermal paste?

Sebenarnya ini tergantung dari penggunaan sobat. Semakin sering dipakai maka semakin cepat harus diganti. Biasanya berkisar 6-12 bulan diganti sekali. Namun ada juga sebagian yang mampu bertahan hingga 3 tahun. Itu mampu alasannya ialah kualitas processor , thermal paste yang digunakan , dan total waktu penggunaan. Intinya harus tunggu hingga terasa lebih panas barulah sahabat mendapat sinyal untuk mengganti thermal paste.


Merk thermal paste yang bagus?

Cara Mengganti Thermal Paste Processor
DeepCool Z3 salah satu yang aku gunakan , harga sekitar Rp 35.000
Ada puluhan merk thermal paste yang tersebar di dunia ini. Saya tidak tahu banyak , tetapi DeepCool , Cooler Master , Arctic , dan Noctua adalah beberapa yang memiliki reputasi baik. Berbanding lurus dengan kualitasnya , harga ke-4 merk brand tersebut agak mahal. Berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 90.000. Biasanya mampu dipakai hingga 5 kali pemakaian.

Tak banyak yang mampu aku jelaskan disini , mungkin lain kali akan aku bahas lebih detil lagi. Cukup itu saja dan semoga membantu!

Cara Mudah Mendinginkan CPU Komputer dan Laptop


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel