Cara Install Mikrotik GNS3 Menggunakan Qemu

Pada Artikel sebelum-sebelumnya telah aku bahas perihal Mikrotik di GNS3, mulai dari penjelasan perihal instalasi Mikrotik GNS3 menggunakan VirtualBox, hingga cara Remote Mikrotik GNS3 di Winbox dan mengkoneksikannya ke Internet.

Pada artikel kali ini, aku akan bahas lagi perihal Tutorial Mikrotik GNS3 menggunakan Qemu. Pada artikel : Belajar Mikrotik tanpa RouterBoard menggunakan GNS3 Simulator (Mikrotik Packet Tracer) sudah dijelaskan bahwa kita dapat menggunakan VirtualBox atau Qemu untuk menjalankan Mikrotik di GNS3.


Dari tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Qemu sebagai VM di GNS3 jauh lebih efektif dan efisien dalam alokasi dan penggunaan memori

Sebagai catatan bahwa penggunaan Qemu hanya akan menambah alokasi penggunaan RAM di PC/Laptop saja, tanpa membebani CPU usage.

Setiap penggunaan Virtual Router menggunakan Qemu rata-rata hanya membutuhkan RAM 80 MB saja. Sehingga jikalau PC/Laptop kita punya RAM 4 GB, maka mampu digunakan untuk membuat sekitar 31 Virtual Router hanya dengan sekali Install Mikrotik. Lebih hemat dan efisien kan?

Contoh nya mampu dilihat pada gambar di atas, aku menggunakan 16 Mikrotik untuk membuat simulasi penggunaan hotspot di kantor hanya dengan menggunakan Tablet Windows 8.

Tutorial Cara Install Mikrotik GNS3 Menggunakan Qemu sudah aku buatkan video lengkap nya disini :

Cara Install Mikrotik di GNS3 Menggunakan Qemu :

 

Cara Mengkoneksikan Mikrotik di GNS3 + Qemu ke Internet



Referensi : 
www.slideshare.net/ropix/mikrotik-network-simulator-mum-presentation-material-2013
Sumber https://mikrotikindo.blogspot.co.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel