Tips dan Trick cara Membuat Foto Double/Multiple Exposure yang Keren

Tips dan Trick cara Membuat Foto Double/Multi Eksposure yang Keren
Multi eksposure
Bila kita cermati ada Banyak sekali jenis-jenis fotografi, dari mulai portrait, landscape, macro, nightshoot, long eksposure, dan lain-lain. Yang rata-rata semua dengan menggunakan satu eksposure/frame saja, nah untuk kali ini aku akan coba bahas perihal Multiple Exposure/Double exposure. Multiple exposure, kalau dilihat dari segi Bahasa saja sudah tertangkap lembap bahwa Multiple Exposure ini menggunakan lebih dari satu eksposure, yap Multiple Exposure pada intinya teknik menggabungkan dua frame secara overlay melalui kamera atau software post-processing, nah kali ini kita tidak bahas cara mengedit di sotwarenya, tapi bagaimana cara menggunakan fitur tersebut pribadi dikameranya.


Jika diperhatikan, tidak semua kamera DSLR atau Mirrorless bisa digunakan untuk memotret Multiple Exposure , hanya beberapa menyerupai canon 1 Dx, 5D mk III, 6D, 70D, 80D dll, dan beberapa Nikon keluaran baru. 

Tips dan Trick cara Membuat Foto Double/Multi Eksposure yang Keren
objeknya "manusia dan tumbuhan"
fitur Multiple Exposure, kalau di eksplore apalagi dengan kreatifitas tinggi maka akan menghasilkan sebuah karya foto yang bagus, untuk membuat foto double/Multiple Exposure ini aku menggunakan objek tumbuhan dan manusia, picture style yang aku gunakan dari foto di atas ialah monochrome/hitam putih, sahabat bisa menggunakan picture style selain dari itu, tergantung dari kreatifitas sahabat sendiri.




Pertama
Kita tentu saja harus mengaktifkan dulu fitur double/Multiple Exposure nya. Perhatikan gambar dibawah ini. 

Tips dan Trick cara Membuat Foto Double/Multi Eksposure yang Keren
aktifkan fitur Multiple eksposure

tentukan berapa frame yang akan ditumpuk dalam satu frame. biasanya kamera menyediakan kemudahan 2 hingga 10 frame, settingan yang aku gunakan di atas hanya 2 frame, banyak sedikitnya frame yang akan ditumpuk sangat tergantung dari kreatifitas fotografer itu sendiri. 


kedua
Untuk settingan kameranya bisa menggunakan settingan auto atau manual sesuai yang sahabat kuasai, aku sendiri menggunakan settingan shutter priority (Tv mode), tujuannya ya semoga cepat dan praktis saja.


ketiga
Setelah diaktifkan maka cari objek apa yang pertama akan sahabat shoot, untuk objek insan menyerupai yang ada di foto atas, usahakan backgroundnya kosong(putih) dan memiliki penchayaan yang cukup, tidak persoalan apabila gambar orangnya/objek cenderung gelap/seperti siluet, alasannya ialah kita memang tidak mencari detail gambar.


Keempat
Akan ditempelkan pada objek apakah gambar pertama tadi, nah untuk mencari ke objek apa gambar pertama akan ditempelkan, sebaiknya sahabat gunakanlah fitur LIVE VIEW, ini bermaksud semoga sahabat bisa memilih dan mereview pribadi ke objek apakah gambar pertama akan ditempelkan.


Kelima
Karena tujuan Multiple Exposure membuat potongan lebih hidup dan dramatis, tetap perhatikan Bahasa badan dan verbal subjek, jangan hingga keduanya tertutup alasannya ialah penempelan frame yang tidak tepat.


Berikut ialah pola hasil dari foto Multiple Exposure.

Tips dan Trick cara Membuat Foto Double/Multi Eksposure yang Keren


Tips dan Trick cara Membuat Foto Double/Multi Eksposure yang Keren





Tips dan Trick cara Membuat Foto Double/Multiple Exposure yang Keren


Catatan penting!!
Double eksposure ialah perihal gambaran kreatif dikepala kita dan kemudian mengkomunikasikannya melalui karya foto dengan memanfaatkan sumberdaya yang kita miliki, melatih kemampuan multiple secara terus menerus dan berulang-ulang ialah hal yang sangat penting, latihan ini dibutuhkan alasannya ialah Multiple Exposure memerlukan teknik dan cita rasa yang cukup tinggi,




Sekali lagi tetap ber-eksperimen eksplore teknik ini dengan menggunakan settingan yang berbeda-beda, angle yang berbeda, ingat bahwa “semakin sering sahabat memotret, maka semakin terasah pula feeling dan skill sobat”.
selamat berkarya....😊😊😊😊  Baca juga teknik membuat foto levitasi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel