Ingin Upgrade RAM Laptop? Sebaiknya Kamu Baca Dulu Ini


RAM (Random Accest Memory) berfungsi untuk mempercepat kinerja komputer ketika kita gunakan.. pada zaman kini ini kebutuhan akan RAM pada sebuah Komputer Laptop memang sangatlah tinggi..!! jikalau pada zaman dahulu RAM Komputer 512MB (DDR2) terbilang sudah cukup untuk kegiatan komputer sehari-hari, namun kini lain lagi. alasannya yakni dengan RAM yang segitu gak akan cukup buat membuka aplikasi/software dengan lancar...!!

Baca Juga: Laptop/Komputer Kamu Cepat Panas? Atasi Dengan SpeedFan 4.52

Tapi damai sob..!!
jikalau kau mempunyai Laptop keluaran tahun 2012/2013, RAM yang terpasang di Motherboard kau itu sudah 2GB (DDR3) dan itu berdasarkan mimin sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan yang kini ini...!!

tapi tapi tapi... balik lagi ke pembahasan ini...!!
kenapa RAM 2GB pada ketika ini perlu ditingkatkan? jawabannya yakni biar laptop kau tambah cepat dan jarang terjadi System Crash pada Windows Exploler (jika kau pengguna Windows taulah apa istilah tersebut..) 😁

dan mulailah kau berfikir? RAM gue 2GB mau gue upgrade ke 4GB/6GB/8GB/16GB gimana caranya?
nahh.. untuk itulah aku menciptakan artikel ini, yang mana aku akan menjelaskan tips-tips jikalau kau ingin upgrade RAM semoga tidak menyesal dikemudian hari dan mengeluarkan uang lebih untuk perbaikan jikalau terjadi apa-apa.. :)


1. Kamu Upgrade RAM Untuk Apa?
ini yakni hal basic yang harus kau ketahui kenapa kau harus upgrade RAM... alasannya yakni apa? RAM yang terpasang di Laptop jaman kini ini sudah 2GB dan itu sudah cukup buat Mengetik di Microsoft Office, Photoshop, Memutar Lagu, Browsing dll...!! jikalau kau hanya melaksanakan aktivitas-aktivitas kurang lebih menyerupai yang mimin sebutkan itu... sebaiknya tidak usah Upgrade RAM, alasannya yakni apa? pemborosan Uang bro..!! (RAM itu mahal buat mahasiswa kos-kosan kayak mimin) hehehehe

Tapi jikalau kau yakni seorang gamer dengan RAM 2GB di Laptop kamu, sebaiknya kau Upgrade RAM dehh.... buat menunjang aktivitas-aktivitas kau dalam bermain game biar tambah lancar dan gak nge'LAG XD


2. Ketahui Jenis Processor Kamu
nah.. ini apa lagi coba?
kau tahu apa itu Processor? Processor itu yakni otak komputer yang bertugas untuk membaca data-data dan algoritma (bit) dari sebuah system OS yang terpasang di Harddisk/SSD...!! tanpa Processor Komputer Laptop tidak akan bisa dijalankan... 😚

Tiap-tiap Processor di dalam suatu Komputer Laptop biasanya mempunyai arsitektur yang berbeda-beda antara satu-sama lainnya.. dengan demikian kriterian dan support memory RAM yang sanggup Processor baca berbeda-beda juga...!! dan yang perlu diperhatikan dari Processor milik Komputer Laptop kita antara lain adalah:

  • Max Memory Size (Ukuran Maksimal Memory) ini menawarkan kapasitas maksimal dari RAM yang sanggup dibaca oleh sebuah Processor. Misalkan Max Memory Size di Processor kau yakni 16GB, maka kapasitas maksimum yang sanggup dibaca oleh Processor kau hanya sebatas 16GB dan apabila kau memasang RAM pada lebih dari itu akan percuma sob...!! RAM yang terbaca hanya akan terbaca 16GB saja.
  • Type Memory, yang aku maksud disini yakni type slot RAM pada Motherboard Komputer Laptop kalian itu type apa? Contohnya jaman kini Komputer Laptop itu menggunakan 3 Jenis Slot memory RAM yang berjenis DDR3, DDR4, DDR5..!! jadi ketahui terlebih dahulu Komputer Laptop kau berjenis DDR berapa..!! gak tau Mother Laptop kau DDR berapa? silahkan bongkar Laptop kau atau gunakan Software CPU-Z.
  • Memory Channel, maksudnya yakni support hingga berapakah channel Processor yang dimiliki oleh Komputer Laptop kamu? apakah Singel, Dual atau mungkin Triple.


3. System Operasi
perlu diketahui bahwa pada setiap Komputer Laptop yang kita gunakan terdapat jenis-jenis System Operasi yang mana kita sebagai pengguna perlu untuk mengetahui System Operasi apakah yang terinstall di Komputer Laptop kesayangan kita...!!

Apakah kalian tahu System Operasi Microsoft Windows & Linux? jikalau iya mana yang kalian pakai ketika ini??
tahukah kau jikalau tiap-tiap System Operasi mempunyai batas-batas RAM yang sanggup beliau baca secara maksimal?? dan yang menggolongkan System Operasi ketika ini digolongkan menjadi 2 macam yaitu: 32bit dan 64bit...!!

Apa itu 32bit dan 64bit? perbedaan fundamental antara 32bit dan 64bit itu terletak pada banyaknya kapasitas register yang sanggup ditangani oleh CPU (Central Processing Unit) dalam satu kali perhitungan dan juga kemampuan dalam membaca RAM.

Perlu diketahui bahwa System Operasi menyerupai Windows yang berjenis 32bit hanya sanggup membaca Maksimal RAM 4GB... jikalau dipaksakan untuk memasang RAM lebih dari itu, maka tidak akan terbaca...
Sedangkan untuk System Operasi 64bit sanggup membaca RAM hingga 192GB 😱


4. Selaraskan Dengan RAM Bawaan
Dapakah kalian tahu bahwa RAM yang terpasang di komputer Laptop jaman kini ini standarnya yakni 2GB dan jikalau kau berniat ingin meng'Upgrade RAM tersebut yang perlu kau perhatikan yakni keselarasan antara RAM bawaan sewaktu laptop dibeli dengan RAM yang ingin kita tambahkan kepada komputer Laptop kita itu...!! alasannya yakni apa? biar Laptop kau tidak pincang sebelah alasannya yakni RAM 1 dengan RAM 2 yang berbeda Ukuran dan Kapasitas..!!

  •     Jika RAM Laptop 2GB maka Upgrade lah ke 4GB (2GB + 2GB=4GB)
  •     Jika RAM Laptop 4GB maka Upgrade lah ke 8GB (4GB + 4GB=8GB)
  •     Jika RAM Laptop 8GB maka Upgrade lah ke 16GB (8GB + 8GB=16GB)
  •     Dan seterusnya...!!! pada dasarnya samakan kapasitas berapa GB RAM yang kau miliki...!!

Dan juga yang paling terpenting yakni samakan juga Merk RAM yang kau miliki... sebagai pola jikalau Nama RAM kau yakni Samsung, maka kau harus membeli RAM bermerk Samsung juga jikalau ingin meng'upgradenya..!!

Terus selanjutnya jikalau RAM yang ingin kita Upgrade sudah sama Merknya... yang perlu kita lihat selanjutnya yakni kecepatan RAM itu sendiri..!! untuk admin sendiri menggunakan RAM dengan kecepatan 12800..!! kalo kamu??


5. Masa Garansi
ini juga perlu kalian ketahui lhoo...!! Komputer Laptop yang kau gunakan ketika ini mempunyai masa garansi yang mana jikalau terjadi kerusakan di Komputer Laptop kau yang dalam masa garansi aktif akan diperbaiki oleh Pihak pembuat Komputer Laptop itu sendiri...!!

Akan tetapi jikalau kau membongkar Laptop kau dalam keadaan masa garansi aktif, maka garansi tersebut hangus... jadi pikirkan secara matang dulu sob :)


Okeyyy...
mungkin segitu dulu postingan aku tentang  "Ingin Upgrade RAM Laptop? Sebaiknya Kamu Baca Dulu Ini" yang aku rasa penting untuk kau baca hingga final jikalau kau berkeinginan untuk menambah/Upgrade kapasitas dari RAM Komputer Laptop kamu..!!

Akhir kata Ws. Wb. 😇


Kata Kunci: Ram Laptop, SODIM, DDR3, DDR4, DDR5, Upgrade Ram, 1GB, 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, Windows, Linux, Laptop, Kecepatan RAM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel