Inilah Fungsi-Fungsi & Manfaat MenDefrag Harddisk




Defragment atau yang biasa dikenal kebanyakan orang dengan sebutan "Defrag" yang kalau diartikan ke dalam Bahasa Indonesia yakni "pecahan atau bagian" sanggup pula diartikan sebagai "mengurangi pecahan".

Fragmentasi terjadi saat sebuat file system (FAT, FAT32, NTFS, EXT, EXT2, EXT3, EXT4 dan lain-lainnya) yang dipakai oleh system operasi tidak sanggup memindahkan atau mengalokasikan ruang kosong yang cukup di dalam Harddisk.


Nah, ada yang tau kenapa kita harus men'Defrag Harddisk kita secara teratur?





Fragment itu tidak sama dengan partisi di Harddisk sob, alasannya yakni faktanya kalau kita mempunyai beberapa partisi di dalam harddisk kita dan kita hendak menyimpan sebuah file ke dalam salah-satu partisi tersebut, belum tentu file yang kita simpan tersebut benar-benar disimpan di dalam partisi yang kita kehendaki sob...!!

Semisalkan sahabat mempunyai sebuah harddisk internal/eksternal berukuran 500GB, dan sahabat membaginya menjadi 3 bab partisi yang berlabel C, D dan E.
Nah, dan kebetulan sahabat ingin memindahkan sebuah file yang sanggup kita katakan saja itu sebuah video dari flashdisk sahabat ke harddisk sahabat dan mau dipindahkan ke memori/partisi di dalam harddisk yang berlabel D.
ketika sahabat final memindahkan file video tersebut ke dalam harddisk yang berpatisi/label D, sesungguhnya belum tentu file video tersebut benar-benar berada di partisi D sobat...!!

lho, kok kenapa begitu?
itu alasannya yakni harddisk menyimpan sebuah file bukan menurut lokasi-lokasi yang sahabat tentukan di dalam pc/komputer sobat, bekerjsama harddisk menyimpan file ke dalam piringannya menurut abjad alfabet sob...!! jadi bukan bulat-bulan disimpan dalam bentuk risikonya dan bentuk-bentuk file sahabat akan dipecah oleh algortima 0 dan 1 ke dalam bentuk kecil-kecil dan tentunya di urutkan menurut alfabetnya...hihihihihi XD





Lalu? apa yang jadi alasan kita untuk rutin mendefrag harddisk kita?
NAHHHHH.... itu beliau yang akan aku bahas kali ini sob...!!
jangan banyak tanya, sokkk dimari kita simak klarifikasi aku di bawah ini...!! :p



Fungsi-Fungsi Paling Utama Kenapa Kita Harus Mendefrag Harddisk


1. Mempercepat Proses Pencarian Sebuah File
seperti yang telah aku katakan di atas, yaitu kalau kita menyimpan sebuah file di dalam harddisk kita, file tersebut akan dipecah-pecah menjadi potongan-potongan yang kecil. dan akan dicari dan disatukan kembali kalau sahabat akan menggunakannya kembali..!! (serem cuyyy, kek di mutilasi..!! hdd sadis XD)


2. Efesiensi Ruang Di Dalam Sector Harddisk
Jika kita mengasumsikan harddisk sebagai sebuah lemari, maka file yang terdapat di dalam harddisk yakni pakaiannya..!! Nah, jadi fungsi dari defrag ini yakni meng'optimalkan ruangan/sector di dalam harddisk sobat, semoga tidak berhimpitan dan terjadi kerusakan file di dalamnya. dan ada beberapa yang bila bahwa saat kita final mendefrag harddisk kita, ruang bebas/memori kosong di dalam harddisk kita akan bertambah. (ngirit memori cuyyy.. hehehehe)


3. Memeriksa Kerusakan Yang Terjadi Di Sector Harddisk
apakah sahabat sekalian pernah mendengar atau pernah mengalami yang namanya "BAD SECTOR" pada harddisk sobat?
BAD SECTOR yakni keadaan dimana salah satu atau beberapa sector/wilayah di dalam harddisk mengalami kerusakan, dan menjadikan harddisk tersebut tidak sanggup membaca sector tersebut yang berakibat pada kehilangan data secara permanen di dalam harddisk sobat.

Akan tetapi dengan men"Defrag harddisk secara teratur, kita sanggup meninjau dan memantau kesehatan harddisk kesayangan kita itu. jadi kalau ada sector yang mengalami kerusakan, aku sarankan anda menyiapkan uang atau menabung untuk membeli harddisk yang gres semoga data yang di dalam harddisk sahabat sanggup di backup dan dicadangkan di harddisk sahabat yang baru.


Umumnya umur sebuah harddisk itu 7 hingga 8 tahunan untuk pengguna rumahan atau private computer, akan tetapi dalam catatan pengguna tersebut hati-hati memakai harddisk mereka jangan hingga terhempas, terbentur, mematikan komputer dari fitur shut down dan juga jangan menggoncang-goncang harddisk mereka. tapi itu dalam catatan harddisk internal. kalo harddisk eksternal pengguna harus benar-benar hati-hati  dalam penggunaannya semoga di lalu hari tidak menyesal.


Nahhh... sudah tahu kan. Fungsi-Fungsi & Manfaat MenDefrag Harddisk ? kalo gitu mimin pamit dulu yahh...!!! kalo ada kesalahan kata atau kalimat, atau mungkin terdapat typo mohon dimaafkan alasannya yakni aku masih pemula dalam dunia per'bloggeran..!! (see you next time)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel