Cara Terbaik Menentukan Topik Blog

Memilih topik atau tema blog merupakan sebuah proses dalam membangun sebuah blog yang biasanya sering menciptakan galau kebanyakan blogger pemula.

Tahap menentukan topik yakni tahap yang paling penting. Jika kita salah dalam menentukan topik untuk blog kita, maka blog kita tidak akan berhasil, akan gagal di tengah jalan dan harus memulai dari awal.


Sebagai seorang blogger yang memulai berguru ngeblog dari nol, kebingungan dan kesalahan dalam menentukan topik blog sudah pernah saya lalui semua. Nah, dari pengalaman tersebut kali ini saya ingin sedikit membuatkan tips bagaimana cara terbaik menentukan topik untuk blog sobat.

Kesalahan yang sering dilakukan dalam menentukan topik blog

Sebelum sobat membaca tips bagaimana cara terbaik memilik topik untuk blog sobat, alangkah baiknya sobat membaca terlebih dahulu kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula dalam menentukan topik blog di bawah ini:
  • Memilih topik yang terkenal tapi sama sekali tidak tahu apa-apa wacana topik tersebut
  • Meniru topik blog milik orang lain lain alasannya yakni melihat mereka sukses
  • Memilih topik yang tidak terperinci atau gado-gado
  • Memilih topik yang tidak mempunyai banyak pembaca
Di atas yakni beberapa kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula termasuk saya dulu. Alangkah lebih baik bila sobat tidak mengulangi kesalahan-kesalahan tersebut.

Cara menentukan topik blog

Nah kini yakni saatnya wacana bagaimana caranya menentukan sebuah topik yang sempurna untuk blog sobat.

Caranya sederhana. Sobat cukup jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
  • Hobi apa yang benar-benar sobat minati?
  • Pekerjaan apa yang sudah pernah sobat miliki dan benar-benar menikmatinya?
  • Pengalaman apa saja yang sudah sobat miliki?
  • Keahlian apa yang sudah sobat kuasai?
  • Keahlian apa yang sobat belum kuasai tapi ingin mempelajarinya?
  • Pernahkan sobat memikirkan ingin membangun sebuah bisnis? bisnis apakah itu?
  • Pertanyaan apa yang sering sobat dapatkan dari teman-teman terdekat alasannya yakni mereka tahu sobat ahlinya?
Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut saya yakin sobat sudah sanggup menemukan citra topik apa yang sanggup sobat bahas untuk blog sobat.

Setelah sobat menemukan citra topik apa saja yang sanggup sobat bahas, sesudah tinggal sobat tulis saja daftar topik tersebut dan pilih salah satu yang paling sobat minati.

Memilih topik yang cocok untuk dimonetisasi

Jika sobat ngeblog alasannya yakni ingin mendapat uang, maka menentukan topik dengan hanya menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas tidaklah cukup. Kenapa? alasannya yakni tidak semua topik cantik untuk dimonetisasi.Semua topik sebenernya sanggup dimonetisasi namun tidak semuanya sanggup dimonetisasi dengan cara yang sama. Ada yang cocok untuk dimonetisasi dengan AdSense, ada yang lebih cocok dimonetisasi dengan afiliasi, ada yang hanya cocok untuk jualan produk, dan lain sebagainya.

Jujur untuk duduk kasus ini memang sedikit membingungkan bagi pemula. Cara terbaik berdasarkan saya yakni cukup pilih topik yang benar-benar sobat minati. Setelah itu saya yakin nantinya sobat akan menemukan sendiri cara terbaik untuk memonetisasi blog sobat.

Memilih topik yang mempunyai peminat

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula yakni menentukan topik yang sedikit atau bahkan tidak ada peminatnya. Jika sobat menentukan topik yang menyerupai ini maka ujung-ujungnya hanya akan menghasilkan kekecewaan alasannya yakni blog sobat akan sepi pengujung.Lakukan riset sebelum menentukan keyword yang akan sobat pilih. Gunakan tool menyerupai Google AdWords Keyword Planner atau Google Trends untuk menganalisis apakah topik yang sobat pilih mempunyai banyak peminat atau tidak.

Kesimpulan

Memilih topik sanggup dibilang hal yang gampang-gampang sulit. Gampang bagi yang sudah berpengalaman, sulit bagi yang gres berguru ngeblog.

Tidak duduk kasus bila sobat menentukan topik yang salah, alasannya yakni itulah sebuah proses belajar. Kesalahan dan kegagalan yakni hal yang wajar.

(Credits: Mas Sugeng)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel