Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Transfer File Antar Cpanel Web Hosting Dengan Cepat Tanpa Download

Terkadang kita perlu memindahkan file berukuran besar dari satu CPANEL hosting ke CPANEL hosting yang lain, hal ini biasanya terjadi kalau ingin melaksanakan backup atau saat kita ingin migrasi dari hosting usang ke hosting baru.

Secara manual biasanya kita akan mendownload file dari hosting usang terlebih dahulu ke komputer langsung kita, kemudian kemudian sesudah itu gres di upload ke server hosting baru. Ada proses download dan upload disitu, dimana kerugiannya yaitu terlalu banyak proses yang dilakukan tentu akan memakan waktu yang cukup lama, apalagi kalau koneksi internet rumah Anda tidak bagus. Selain itu cara tersebut juga dapat menghabiskan kuota internet saat proses download dan upload apabila Anda memakai paket internet dengan kuota yang terbatas.

Ilustrasi Transfer File (Image: intel.com)

Nah, goresan pena jurnalweb kali ini mungkin dapat jadi solusi untuk permasalahan Anda tersebut. Karena dengan cara ini Anda dapat melaksanakan transfer file dengan cepat antar hosting, tidak menghabiskan waktu, tidak menghabiskan kuota internet, alasannya yaitu resource yang kita gunakan yaitu hanya server hosting masing-masing hosting saja.

Logikanya, kita memerintahkan hosting gres untuk mendownload file dari hosting lama.

Cara transfer file antar CPANEL hosting dengan cepat

Di hosting lama

  1. Login ke CPANEL hosting lama
  2. Compress terlebih dahulu semua file yang ingin anda transfer menjadi satu file saja, contohnya http://www.DomainLama.com/FILE_WEB_SAYA.zip


Di hosting baru
1. Login ke CPANEL hosting baru
2. Buat sebuah file PHP dengan nama move.php dan copy paste script berikut

<?php
/* Mengambil file dari hosting usang */
/* File juga dapat diambil dari IP tertentu */
$content = file_get_contents("http://DomainLama.com/FILE_WEB_SAYA.zip");

/* Menyimpan file di hosting baru. pada folder yang diinginkan */
$fp = fopen("/home/u86427JWEB/public_html/FILE_WEB_SAYA.zip", "w");
fwrite($fp, $content);
fclose($fp);
?>

Fungsi script diatas yaitu membaca file dari hosting usang dan memindahkannya ke lokasi folder tertentu yang ada di server hosting baru. Terlihat disitu kita mengambil file dari DomainLama.com. Anda juga dapat mengambil file dari IP nya, contohnya 201.12.128.xxx (disesuaikan). Setelah file dibaca maka script diatas akan secara otomatis mendownload dan menyimpan file di folder yang ditentukan (/home/u86427JWEB/public_html/). Untuk nama folder u86427JWEB dapat berbeda-beda, tergantung yang diberikan oleh hosting, jadi silahkan ubah sesuai dengan folder hosting Anda.

3. Jalankan di address kafe browser alamat berikut: http://www.DomainBaru.com/move.php. Selanjutnya tinggal menunggu proses transfer selesai, kecepatan transfer tergantung dari kecepatan komputer server usang dan barunya.

4. Periksa folder public_html pada hosting baru, file yang Anda transfer harusnya sudah tersedia dalam beberapa menit saja. Berdasarkan pengalaman, kami transfer file 80MB antar dua shared hosting simpulan dalam waktu kurang lebih 2 menit saja.

Anda dapat mendownload script diatas di sini.

Untuk melaksanakan cara ini hosting harus mendukung fungsi PHP Fopen, alasannya yaitu beberapa hosting tidak membolehkan penggunaan fungsi Fopen alasannya yaitu alasan tertentu (biasanya keamanan).

(Credits: JurnalWeb)