Konfigurasi Router Mikrotik



Pengenalan Mikrotik

Mikrotik merupakan sebuah router canggih berbasis sistem operasi linux. Mikrotik sanggup dipergunakan untuk banyak sekali keperluan jaringan komputer, mulai dari routing statis, dinamis, hotspot, firewall, VPN, DHCP, DNS Cache, Web Proxy dan beberapa fungsi lainnya

Mikrotik terdiri dari beberapa versi, mulai dari router indoor, wirelles indoor/outdoor, embedded 2,4 GHz atau 5x GHz, antena indoor/outdoor dan lain – lain. 
Mikrotik merupakan sebuah router canggih berbasis sistem operasi linux Konfigurasi Router Mikrotik


Sebelum melaksanakan konfigurasi mikrotik saya asumsikan bahwa router mikrotik telah dirangkai. Ada beberapa cara yang sanggup dilakukan untuk sanggup mengkonfigurasi mikrotik diantaranya :

1. Melalui seriak Interfaces (DB9)

Konfigurasi memakai seriak port dilakukan dengan cara menghubungkan serial port komputer dengan port Mikrotik, perlu ingat bahwa tidak semua mikrotik mempunyai serial port. Kabel yang dipakai yaitu kabel serial yang biasa dipakai untuk menghubungkan modem PSTN dengan komputer



2. Melalui Webbox

Konfigurasi memakai webbox maksudnya yaitu konfigurasi antar muka berbasis web. Anda sanggup melaksanakan setting melalui web browser favorite anda, caranya dengan mengetikan ip address mikrotik di web browser. Misal ip addressnya yaitu 192.168.0.1 maka anda tinggal mengetikan alamat tersebut di web browser (mozilax, IE).

3. Melalui Telnet/SSH

Konfigurasi melalui Telnet/SSH sanggup dilakukan sesudah Mikrotik diberi Ip Address alasannya yaitu protokol Telnet atau SSH yaitu TCP/IP.

Apa Perbedaan Telnet dengan SSH ? Telnet mengirim/melewatkan data dari PC ke Mikrotik memakai plain text (tanpa enskripsi) sehingga secara keamanan dirasakan cukup riskan alasannya yaitu kemudian lintas data sanggup disadap dengan gampang sedangkan SSH, komunikasi datanya telah dienkripsi sehingga sanggup dikatakan relatif lebih aman. Dengan Telnet/SSH, penggunakan sanggup mengkonfigurasi Mikrotik secara command line atau memakai perintah satu persatu

4. Melalui Winbox

Cara terkahir yang sanggup anda lakukan untuk sanggup mengkonfiguarsi mikrotik yaitu dengan memakai Winbox, dimana tampilannya GUI. Program ini sanggup berjalan di Sistem Operasi berbasis Windows. Biasanya para administator lebih bahagia memakai winbox alasannya yaitu user interfaces atau antar mukanya sangat mudah. Kemudian juga untuk mikrotik yang belum diberi IP Address pun, Winbox sanggup dikoneksikan dengan cara scan MAC Address secara otomatis

Memberi IP Address di Ethernet Interfaces

Selanjutnya koneksikan PC ke mikrotik. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa Mikrotik belum mempunyai IP Address maka kita koneksikan memakai MAC Address dengan melaksanakan scaning memakai Winbox. Disini tidak akan menjelaskan secara detailnya. Klik tombol ... nah nanti Winbox akan menampilkan Mac Address dan Mikrotik yang terhubung, anda sanggup melaksanakan login pribadi dari winbox.

Pada text login ketikan admin (secara default sudah terisi). Untuk textbox password, biarkan tetap dalam keadaan kosong (pada router gres password memang kosong). Klik tombol connect .

Langkah – langkah untuk melaksanakan setting IP address di winbox yaitu sebagao berikut :

1. Klik IP di Main maenu. Pada pop up hidangan yangmuncul, pilih Addreses

2. Klik pada tanda + (plus) berwarna merah yang terdapat dibagian kiri

Pada textboxt, lakukan pengaturan sebagai berikut :

*Address : 192.168.2.1/24 maksudnya 192.168.2.1 netmask 255.255.255.0

*Network : 0.0.0.0 ( biarkan dalam keadaan kosong alasannya yaitu nanti mikrotik akan melaksanakan perhitungan sendiri.

*Interfaces : ether 1 (mengisi Ip untuk ether 1). Pilihan yang tersedia yaitu ether 1 dan wlan 1 (untuk wirellesnya)

*Klik OK

Sampai disini mikrotik sudah simpulan dikonfigurasi, silahkan coba – coba sendiri saja, anda sanggup melaksanakan konfigurasi lanjutan memakai Telnet/SSH, Webbox tapi, saya menyarankan untuk memakai winbox saja alasannya yaitu lebih gampang dan aman. Ok saya hanya sanggup menjelskan hingga disini saja, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 




Bila Konfigurasi telah simpulan dilakukan maka selanjutnya Anda sanggup mencoba Login ke Mikrotik Menggunakan Telnet

Sumber http://laptop-butut.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel