Struktur Folder Command Line Mikrotik

Maksud dari Struktur Folder Command Line Mikrotik disini yakni bukan folder yang dipakai untuk menyimpan sebuah data, tetapi hanya istilah yang dipakai untuk menyebut struktur perintah di Mikrotik yang diibaratkan mirip sebuah folder

Saat Andalogin pertamakali Mikrotik, maka Anda akan berada di root folder, ditandai dengan bentuk prompt [admin@Mikrotik] >. Admin berarti kita login sebagai user admin sedangkan 'Mikrotik' mengatakan bahwa kita login di router dengan nama Mikrotik (nama dapat dirubah sesuai dengan keinginan)

Jika kita sering mengubah IP address, tentu akan sering mengetikan perintah IP address add address. Untuk mempersingkat kita dapat pindah ke folder ip, caranya ketikan ip <Enter> maka ketika ini prompt berubah menajdi [admin@Mikrotik]/ip>.

Jika ingin lebih dalam lagi, dapat mengetikan perintah 'address' sehingga prompt berkembang menjadi [admin@Mikrotik] /ip address>. Untuk mundur satu folder, ketikan .. (tanda titik dua kali) maka prompt akan berkembang menjadi [admin@Mikrotik] /ip>.

Selanjutnya kalau Anda ingin kembali pribadi ke root folder, ketikan tanda / (garis miring) sehingga prompt berkembang menjadi [admin@Mikrotik]> dan kita telah kembali ke root folder

Sumber http://laptop-butut.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel