Cara Menangani Pesan Error Hard Disk: S.M.A.R.T Status Bad, Backup And Replace



Ada banyak sekali jenis persoalan hard disk yang mungkin sering anda alami. Pertama, kalau agenda hard disk Sentinel memperlihatkan saran untuk memperbaiki situasi awal contohnya dengan mengubah / memperbaiki data dan kabel daya dan koneksi, verifikasi catu daya, dan perbaikan pada pendinginan, sebaiknya hal itu dilakukan sebelum menuju ke langkah lebih lanjut.

Maka dari itu penting untuk memverifikasi apakah status hard disk stabil atau tidak? kalau ada persoalan lebih lanjut dengan permukaan hard disk yang perlu dikoreksi. Silakan periksa bagaimana cara melaksanakan analisis mendalam untuk rincian wacana penggunaan software testing Hard Disk Sentinel (PRO) untuk mengungkapkan dan memperbaiki persoalan hard disk dan menciptakan permukaan hard disk lebih stabil. Silakan download Hard Disk Sentinel disini

Jika tes permukaan hard disk selesai dengan sukses, tanpa melaporkan kesalahan apapun (walaupun healtnya lebih rendah dari 100% dan bad sector akan ditampilkan dalam deskripsi teks), bad sector ini tidak lagi digunakan oleh hard disk. Sebagai gantinya, space area cadangan sisanya yang akan digunakan untuk semua proses read dan write yang sebelumnya menargetkan bad sector tersebut. Ini berarti bahwa tes permukaan disk (bahkan tes di Hard Disk Sentinel) tidak mengakses sector tersebut, namun untuk menguji area data yang tersisa dan space area cadangan, inilah mengapa hanya blok "hijau" (sempurna) yang dilaporkan.


Dengan memakai testing ini, anda sanggup memverifikasi bahwa area data yang ketika ini digunakan bebas dari error, tampaknya tidak ada error lebih lanjut yang dilaporkan (tidak ada sektor yang lemah dan rusak). 

Menghapus Laporan Error

Dalam masalah ini, anda sanggup secara manual mengetahui persoalan yang dilaporkan di Hard Disk Sentinel, untuk menghapus error yang dilaporkan dari deskripsi teks dan mengembalikan kesehatan hard disk menjadi 100%. Dengan cara itu software hardisk sentinel tidak akan lagi menampilkan persoalan ini, cukup hanya laporan kemungkinan kemunculan persoalan baru. Untuk melaksanakan ini, silakan buka S.M.A.R.T. Buka tab hard disk di Hard Disk Sentinel. Cari atribut yang ditandai dengan tanda seru kuning (!) Dan periksa nomor yang dilaporkan di kolom "Data" (atau jumlah kesalahan yang ditampilkan dalam deskripsi teks). Harap masukkan nilai yang sama namun dengan tanda negatif ke kolom "Offset" di sesuai baris. Ada kemungkinan dua atribut atau lebih juga tertandai, maka anda perlu melaksanakan langkah-langkah ini dengan semua atribut yang ikut terpengaruh. 


Misalnya, perhatikan uraian teks dari hard disk drive berikut (Health 90%):

There are 8 bad sectors on the disk surface. 
The contents of these sectors were moved to the spare area.
dan citra di tab S.M.A.R.T panel :


Di S.M.A.R.T. Panel, anda mungkin melihat atribut "5 Reallocated sectors count" ditandai (segita kuning seru) dan di kolom data ialah 0008, maka anda harus memilih "-8" di kolom offset untuk atribut itu. Juga atribut "196 Reallocation Event Count" ikut terpengaruh, maka anda harus memilih "-4" di kolom offset baris tersebut, menyerupai pada gambar ini:


Perhatikan bahwa tanda seru kuning telah dieliminasi, pemulihan kesehatan health hard disk ketika ini menjadi 100%, dan deskripsi teks juga berubah:

The hard disk status is PERFECT. 
Problematic or weak sectors were not found and there are no spin up or data transfer errors.
Perlu diketahui bahwa kolom "Data" ditampilkan sebagai heksadesimal, sehingga anda mungkin perlu untuk klik kanan dan pilih "Desimal data field" sebelum memakai offset. Misalnya kalau Anda melihat "0022" (nilai heksadesimalnya) di kolom Data, Anda harus memasukkan "-34" (dalam hal ini "34 bad sector found ..." dilaporkan dalam deskripsi teks).

Anda sanggup memakai laporan yaitu dengan Send test report to developer option, maka mereka sanggup menilik dan menyarankan wacana nilai yang tepat yang harus digunakan untuk nilai atribut yang berbeda. Jika offset disetel dengan benar, kesehatan hard disk seharusnya meningkat (dan akibatnya mengembalikan ke health 100%) dan error yang dilaporkan akan dihapus dari deskripsi teks.

Masalah Pada Hard Disk

Penting untuk diketahui bahwa ini ialah penanganan persoalan secara "virtual". Hal ini tidak mesti benar - benar menghilangkan (menghapus) error pada hard disk, lantaran komponen hard disk yang terkena dampak persoalan (read / white heads, permukaan, dll.) tidak benar - benar diganti, hanya kondisi sistem kerja saja yang berubah.

Ada kemungkinan (karena kesalahan yang dilaporkan sebelumnya) di masa depan persoalan gres sanggup dilaporkan. Kaprikornus dianjurkan untuk memakai Hard Disk Sentinel untuk pemantauan terus menerus pada hard disk yang diperbaiki ini dan melaksanakan backup dan pengujian penuh lagi kalau kesehatan yang dilaporkan mulai menurun lagi walapun berkurang 1%).

Untuk informasi lebih lanjut wacana bad sector, silahkan klik pada "?" Di samping deskripsi teks kemudian periksa I have bad sectors... dan How can I perform a deep analysis? Anda juga sanggup mempertimbangkan untuk menilik Hard disk case wacana persoalan  yang khusus dan solusinya.

Perlu diketahui bahwa kalau hard disk mempunyai jumlah persoalan yang sangat tinggi (dan % healthnya ditampilkan ialah 0%) maka hard disk tidak sanggup diperbaiki. Bila ditampilkan dalam nominal 0%, sebaiknya minta penggantian garansi dari hard disk anda.

Mungkinkah Memperbaiki SSD & Mengembalikan Kesehatan SSD?

Secara umum bahkan kalau SSD secara visual sudah tepat (deskripsi teks tidak memperlihatkan adanya kesalahan atau error, tidak ada bad sector / sel memori yang jelek atau persoalan serupa), kesehatan SSD sanggup berlangsung perlahan tetapi akan terus menurun. Hal ini disebabkan oleh proses writing / menulis ke SSD dan fakta bahwa sel memori hanya mentolerir jumlah pass overwrite yang terbatas. Fitur penyamarataan SSD mencoba meminimalkan imbas ini, namun tidak sanggup dihilangkan sama sekali. Sebagian besar SSD mempunyai tipe model S.M.A.R.T. yaitu atribut untuk memperlihatkan kondisi "health" umum sel memori SSD. Misalnya, "209 Remaining Drive Life", "231 SSD life left" dan sebagainya. (Cukup pilih atribut itu di halaman S.M.A.R.T., anda sanggup menilik bagaimana perubahannya dari waktu ke waktu pada daftar grafik di bawah). Ini diindentifikasi oleh Hard Disk Sentinel dan digunakan untuk mengetahui kesehatan konkret SSD. Jika kesehatan SSD menurun, ada kemungkinan data yang tersimpan di dalam sel memori akan menjadi rusak atau hilang. Karena ini ialah insiden yang sudah diprediksi, mustahil untuk melaksanakan perbaikan atau memulihkan kesehatan hard disk menyerupai semula.

Sistem S.M.A.R.T Pada Hard Disk

Pasti anda atau teman anda pernah mengalami hal ini, atau kalau anda nanti mendapat keterangan Pri Master Har Disk : S.M.A.R.T Status Bad, Backup and Replace. pada tampilan ketika komputer dihidupkan.


Status tersebut muncul yang artinya akan memperlihatkan status "Bad" atau jelek pada harddisk anda, sanggup dikarenakan umur harddisk yang sudah usang ataupun harddisk yang sudah rusak yang disebabkan lantaran banyak sekali hal.Juga dalam status tersebut menyarankan anda untuk membackup data - data penting dan Replace atau menggantinya dengan harddisk baru.

Self monitoring, analysis and reporting technology (teknologi pemantauan, analisis dan pelaporan berdikari ) disingkat SMART. Ini ialah prosedur yang telah terintegrasi ke dalam hard drive. Status SMART yang jelek / bad berarti terjadi persoalan pada hard disk yang berarti hard disk akan macet atau mati total. Kehandalan hard disk dan solid state drive bergantung pada prosedur ini. Jika status error SMART terjadi maka alasan utamanya ialah bahwa magnet di dalam hard disk kini tidak berfungsi. Pengguna harus memastikan bahwa perlu melaksanakan tindakan pencegahan yang dibutuhkan untuk menyimpan data yang telah disimpan di hard disk. Teknologi SMART ialah prosedur yang harus ditanggapi dengan serius dan karenanya dilarang dimatikan atau di disable. Terkadang pengguna sering menonaktifkannya dari dalam BIOS lantaran pesan yang muncul dianggap menggangu namun sama sekali tidak disarankan.

Tetapi kalau harddisk masih sanggup digunakan dengan normal sebaiknya digunakan aja dulu yang penting anda harus sudah membackup atau memindahkan data - data pada komputer anda ke memori lain menyerupai harddisk ataupun flashdisk lainnya lantaran kita tidak tahu kapan harddisk akan mati.

Bagaimana Menonaktifkan Fitur SMART?

SMART juga dikenal sebagai SMART SELF TEST. Hal ini sanggup dinonaktifkan dari dalam BIOS dengan sangat mudah. Semua produsen sistem dunia sangat tidak oke bahwa pesan error SMART ini harus dinonaktifkan. Namun kalau pengguna menghendaki dan tidak serius dengan data yang telah tersimpan maka sanggup dinonaktifkan lewat bios. Persyaratan yang harus dipenuhi akan disebutkan di bawah. Pesan status error SMART ialah persoalan yang sering dihadapi ketika memakai segala jenis drive yaitu internal maupun eksternal pada umumnya. Jenis drive lain yang mengalami error ini juga ialah Solid State Drive atau SSD.

Persyaratan:

• PC
• Koneksi internet dalam beberapa kasus
• Hard drive yang mengalami problem

Proses :

Langkah-langkah yang harus diikuti ;
1. Anda perlu me-reboot sistem PC dulu. Setelah itu tekan F2 atau key lain yang sesuai dengan bios anda untuk masuk ke sajian setting bios:


2. Kemudian diikuti masuk ke panel Advanced > SMART settings> SMART self test> Disabled. Pengaturannya secara default ialah "Enabled". sesudah ini langkah proses sudah berakhir, silakan save dan exit dari bios kemudian reboot ulang kembali:


*Note : Metode ini cuma untuk menghilangkan pesan status error SMART di tampilan bios dan windows saja, namun persoalan di hard disk tetap ada dan tidak hilang. 

Bagaimana Memulihkan Data Jika Error Status SMART Diterima?

Tidak ada cara untuk mengambil data kalau error status SMART diterima. Tetapi kalau error status SMART diterima kemudian muncul pesan supaya anda disarankan segera membackup data dan replace atau ganti gres jadi segeralah lakukan itu. Kaprikornus dalam kata sederhana berarti hard disk anda sanggup macet/mati kapan saja. Maka dari itu untuk membantu membackup data anda dengan kondusif gampang pergunakanlah software data recovery dan backup, ketika ini sudah banyak teladan agenda backup hardisk yang tersebar dengan banyak sekali fitur - fiturnya yang menarik. teladan AOMEI backupper,Wondershare Data Recovery, Paragon, EaseUS Todo Backup, etc. Yang anda sanggup pilih sesuai impian anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel