Mengaktifkan Mesin Virtual Hyper-V Di Windows 10

Kita setiap ketika memerlukan mesin virtual untuk menjalankan banyak sekali operasi di sebuah sistem operasi. Keperluan untuk mesin virtualisasi bervariasi tergantung penggunaan user. Kebanyakan orang menggunakan virtual box atau VMware untuk menciptakan mesin virtual di PC mereka. Metode ini cukup umum dipakai, kita perlu menginstall software ini di PC untuk menciptakan sebuah virtual mesin di komputer. Ini cukup memakan banyak waktu dan proses.

Pertanyaan yang muncul di pikiran anda. Apa yang harus kita lakukan?

Hari ini saya akan mengatasi problem anda perihal mesin virtual dan juga memperkenalkan anda metode gres untuk me-set up mesin virtual di windows 10 tanpa VMWare atau Virtual Box.

Kaprikornus saya memperkenalkan anda dengan Hyper-V, sebuah solusi terbaru dan 100% berjalan di mesin virtual, Hyper-V menciptakan sebuah mesin virtual di OS windows 10 tanpa install software tambahan.Hyper-V yakni fitur virtualisasi yang mana tersembunyi didalam operasi sistem windows.Hyper-V yakni penggalan dari windows server 2008 dan windows 2012, tetapi anda sanggup menggunakannya di windows 8. fitur virtualisasi windows ini tidak tersedia di sistem windows 7.

Hyper- V hanya mendukung versi Professional dan Enterprise Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10. Juga hardware CPU anda harus mendukung spesifikasi untuk virtualisasi .Fitur ini sangat mendukung semua CPU keluaran terbaru ketika ini.

Bagaimana cara mengaktifkan Hyper-V di Windows 8, Windows 8.1 atau Windows 10 PC

Saat keadaan default fitur ini tidak akan aktif sendiri di OS Windows. Kaprikornus untuk mengaksesnya anda sanggup mengikuti langkah berikut.

  •     Pergi ke Control Panel  > Programs > Programs and Feature.
  •     Klik di Turn Windows Feature On or Off.
  •     Cari dan Klik di Hyper-V check box.
  •     Lalu klik di tombol OK.
Metode Alternatif :

Aktifkan Hyper-V dengan menggunakan PowerShell di Windows 8, 8.1, 10
Lakukan langkah berikut :

  •     Klik di tombol Windows Start
  •     Ketik “PowerShell“.
  •     Klik kanan di PowerShell > Runs as Administrator.
  •     Ketik script command berikut di PowerShell.
Command :   "enable-WindowsOptionalFeature -Online -FeatureName Microsoft-Hyper-V -All"
  • Setelah proses installasi final restart PC
Buat Mesin Virtual Anda Di Windows

Untuk menciptakan mesin virtual anda sanggup ikuti langkah ini bagaimana men-set up sebuah mesin virtual.


Langkah 1: Buka Hyper-V Manager dari start hidangan dengan mengetik “Hyper-V Manager“.dan klik di Run as Administrator.

Langkah 2:


Untuk menciptakan sebuah virtual mesin anda harus mengklik di newtab di jendela sebelah kanan. ketika anda mengkliknya, maka sebuah jendela “New Virtual Machine Wizard” akan terbuka. kemudian klik di tombol next.

Langkah 3: Tentukan nama dan lokasi


di langkah ini, anda harus memasukan nama dan lokasi untuk mesin virtual anda.

Langkah 4: Tetapkan memory


Di dalam langkah ini, anda harus mengalokasikan sebuah memory. anda sanggup menetapkan memory sesuai yang anda inginkan. Siapkan pengalokasian memori yang cukup untuk menjalankan sistem operasi virtual atau anda sanggup memanipulasi sesuai dengan kebutuhan memori yang dibutuhkan. Beberapa sebab kita menginginkan mesin virtual untuk menjalankan sebuah project yang mana perlu membutuhkan memory yang cukup besar, maka kita sanggup menggunakan opsi ini bila tidak maka cukup opsi default saja.

Langkah 5: Konfigurasi networking


Setting Up Network :  didalam langkah ini, anda sanggup konfigurasi network anda di mesin virtual dan langkah bagaimana cara mengkonfigurasi network di mesin virtual Hyper-V.

Bagamana Cara Setting Network Di Mesin Virtual Hyper-V :

Jika anda ingin mengakses network di mesin virtual anda, kemudian anda perlu menciptakan sebuah virtual switch dengan klik di Virtual Switch Manager.


anda akan ditanya “what type of virtual switch do you want to created?”. Lalu anda harus pilih External dan klik di tombol "Create Virtual Switch".


Berikan nama ke switch virtual anda, juga menawarkan anda pilihan untuk menambahkan beberapa catatan mengenai switch network virtual anda. Satu hal anda harus pastikan bahwa network anda sudah bekerja dengan benar.

Langkah 6: Menghubungkan virtual hard disk


Dalam penggalan ini, anda akan melihat Instalasi Option-klik dan buka itu. Jika Anda mempunyai sistem operasi DVD atau image ISO, Pilih Create a Virtual hard disk. Klik Next kemudian pilih Install an operating system from a bootable image file. Berikan path file image ISO anda kemudian klik pada tombol Finish.

Langkah 7:  Booting mesin virtual




Ketika semua langkah selesei Hyper-V Manager akan menampilkan mesin virtual anda. Untuk Boot nya anda harus pilih dan klik pada start di jendela action pada sidebar kanan anda. Perhatikan bahwa ketika melaksanakan semua pekerjaan dengan mesin virtual anda, pastikan bahwa anda "Shutdown" dengan benar. Karena mesin virtual ini memakan banyak resource hardware di background sistem operasi anda. Jadi, anda harus menutup mesin virtual dengan benar dengan mengikuti langkah - langkah ini, klik kanan pada mesin virtual anda > Turn Off, Selesai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel