Cara Memperbaiki SIm Card yang Tidak Terdeteksi

Kamu pernah mengalami sim card error? Atau tidak terbaca atau tidak terdeteksi? Kalau kamu pernah mengalami hal itu berarti kamu sudah baca pada artikel yang tepat. Karena saya juga pernah mengalami sim card error dan tidak bisa dibaca oleh smartphone.

Pada awalnya saya membuka smartphone seperti biasa tapi tiba-tiba notifikasi insert SIM card pada ponsel. Memang banyak sekali masalah pada simcard bisa saja sim card itu tidak terbaca, atau simcard ditolak / reject, atau SIM card mengalami kehilangan sinyal atau lost signal.

Penyebabnya juga bermacam-macam yang membuat SIM card tidak bisa dibaca oleh smartphone. Bisa dari simcard itu sendiri atau terdapat kerusakan pada smartphone itu sendiri. Kan yang disebabkan oleh virus atau karena gaya penggunaan seseorang ketika menggunakan Smartphone.

Baiklah akan kita rinci menjadi 6 hal yang menyebabkan sim card tidak bisa dibaca oleh smartphone.

1. Korsleting pada sIM card.

Korsleting bisa saja terjadi pada singkat Hal ini dikarenakan karena penggunaan yang terlalu lama, bisa juga karena sinyalnya buruk, bisa juga karena penggunaan internet. Sehingga membuat overheat pada smartphone. Overheat ini sangat berbahaya untuk smartphone itu sendiri ataupun pada simcard. Kalau kamu tinggal di daerah pedalaman dengan sinyal buruk atau minimal dengan garis 1 saja setiap hari itu sangat mempengaruhi karena sudah pasti smartphone akan cepat panas dan itu bisa membuat korsleting pada simcard. Tidak hanya pada kartu SIM, overheat juga bisa merusak perangkat yang lain seperti baterai, keyboard dan lain-lain.
2. Masalah software pada smartphone.

Masalah ini paling sering ditemukan pada setiap orang dan pada smartphone. Terutama untuk smartphone yang memiliki dual sim card. Karena, smartphone yang memiliki dengan singkat biasanya sering bergonta-ganti penggunaan. Tadi pagi memakai SIM kartu paket data sekarang memakai paket data yang  kartu SIM kedua.

Hal ini bisa menyebabkan kesalahan sistem ketika membaca simcard. Cara mengatasinya bisa dengan atau pengaman ponsel.

3. Simcard sudah terlalu lama pemakainya.

Untuk kerusakan jenis, berarti kamu langsung datangi Grapari atau gerai terdekat untuk perbaikan. Bagaimana sih cara mengetahui sim card yang sudah terlalu lama pemakaiannya? Kamu lihat pada jalur-jalur klip yang tadinya berwarna keemasan akan berubah menjadi bintik-bintik kecoklatan. Hal ini karena lapisan tembaga sudah mulai luntur. Kamu coba pada smartphone lain atau HP lain kalau masih bisa dipakai kamu pakai Kalau nggak bisa berarti solusinya ke Grapari atau gerai kartu terdekat untuk ditukar ulang.
4. Dudukan pada konektor Sim Card pada smartphone Kamu rusak.

Kalau kamu tidak mendapati Sim Card Kamu rusak, pada aplikasi juga tidak ada problem tetapi masih tidak bisa dibaca maka ada kemungkinan kalau dudukan pada HP kamu itu rusak. Kalau begitu berarti yang harus kamu lakukan adalah datang ke service HP terdekat. Karena memperbaiki HP itu membutuhkan keahlian dan ketelitian juga terbiasa. Kalau belum terbiasa maka bisa saja malah membuat HP kamu semakin rusak.

5. Putus jalur pada sim card.

Kalau ditemukan garis atau goresan pada konektor yang membuat microchip yang berwarna kuning itu rusak berarti Bisa saja sim card kamu memang rusak.

6. Masa aktif habis.

Kalau Ternyata SIM card kondisinya Prima, hP kondisi Prima. Kamu cek masa aktifnya ada apa tidak. Udah lewat dari masa tenggang pasti Sinyalnya hilang. Itu bisa ditemukan pada orang-orang yang kurang memperhatikan kartu. Apalagi sekarang anak muda lebih mementingkan kartu paket data. Belum terlalu memikirkan pentingnya nomor untuk identitas. Yang penting bisa untuk internetan.

Cara mengatasi kerusakan pada SIM card.

Kalau memang kamu yakin bahwa yang rusak adalah simcard, kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut ini:

Pertama coba gunakan simcard itu di hp lain. Kalau ternyata masih bisa dipakai berarti yang bermasalah adalah smartphone kamu. Kalau ternyata tidak bisa maka yang harus kamu lakukan adalah copot, setelah kamu copot, kamu bisa gosok dengan penghapus pensil. Jangan terlalu keras karena bisa merusak konektor pada sim card itu sendiri.

Yang kedua cek pada connector di smartphone. Apakah terjadi kerusakan? Bersihkan dudukan SIM dengan hati-hati. Jangan menggunakan air. Bersihkan 3 kaki dudukan menggunakan amplas atau obeng kecil. Gosok perlahan-lahan, atau kering dengan obeng kecil tadi. Ingat perlahan-lahan karena bisa terluka.

Nah sudah saya sampaikan cara mengatasi masalah untuk sim card yang rusak atau hardware yang rusak. Hardware yang dimaksud adalah konektor pada smartphone. Jadi intinya kalau sim card yang rusak kamu datang ke GraPARI. Hardware yang rusak berarti kamu datang ke servis HP.

Nah kalau yang rusak adalah aplikasinya, kak kamu bisa mencoba dengan reset Factory. Sebelum melakukan reset factory Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah backup data. Make up data penting seperti kontak telepon, email, dan lain sebagainya.

Nah itu baru kamu eksekusi lihat gambar.

Tapi sebelumnya kamu juga bisa mencoba dengan cara lain, misalkan dengan merubah ke mode airplane kemudian cari sinyal secara manual. Hidupkan matikan smartphone. 

Cara terakhir, untuk smartphone yang tidak mempan di reset Factory. Bisa menggunakan wipe cache, 

Untuk mengaksesnya kamu dalam kondisi smartphone mati. tekan home,  volume up, dan tombol power. 

Nanti akan tampak gambar seperti dibawah ini. 


Atau juga kamu bisa menggunakan jarum untuk mereset ulang kalau ada tombol reset ini.

Terima kasih sudah membaca, kalau artikel yang kamu baca disini bermanfaat untukmu. Jangan sungkan untuk share. Bisa jadi membantu untuk orang lain juga. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel