Fenomena Alam Hari tanpa bayangan di Indonesia Catat Waktunya

Indonesia adalah negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Terlebih untuk daerah Pontianak yang masuk titik nol. Yang menjadi menarik kali ini adalah hal itu tidak hanya terjadi di Pontianak saja diungkapkan oleh LAPAN, ada beberapa kota lain yang dekat ekuator juga mengalami hari tanpa bayangan. 

Namun demikian kata Rorong pria di kantor pusat sains antariksa lapan, hari tanpa bayangan pada kota lain tidak jatuh pada tanggal 21 Maret. Seperti Denpasar pada 26 Februari dan 16 Oktober, jakarta 5 Maret dan 9 Oktober, sabang 5 April 8 dan 8 September, belitung 13 Maret 1 Oktober.
Fenomena Alam Hari tanpa bayangan di Indonesia Catat Waktunya

Kalau kamu bertanya apa itu hari tanpa bayangan, maka perlu kamu tahu bahwa hari tanpa bayar adalah hari dimana kamu bisa berjalan pada siang hari dan kamu tidak memiliki bayangan di bawah kakimu. Ini bisa terjadi lantaran bumi mengitari matahari pada jarak 150 JUTA KM dalam waktu 365 hari. Garis edar bumi membuat mulut bergerak lebih cepat dan kadang bergerak lebih lambat.

Bidang ekliptika memiliki sisi miring 23,4 derajat KE garis khatulistiwa. Hal ini membuat matahari tampak di belahan bumi sebelah selatan setengah tahun dan di belahan bumi utara juga setengah tahun.

Diungkapkan oleh LAPAN tanggal 20 Maret 2018 nanti pukul 20.00 lebih 15 menit matahari akan berada di atas garis khatulistiwa. Pada hari itu dikenal istilah Vernal Equinox. Yaitu dimana terjadi di seluruh dunia siang dan malam memiliki waktu yang sama yakni 12 jam.

Fenomena Alam Hari tanpa bayangan di Indonesia Catat Waktunya
Dan pada tanggal 21 Maret 2018 di wilayah Pontianak pukul pukul 11.50 titik itu disebut titik kulminasi.

Fenomena hari tanpa bayangan hanya terjadi beberapa menit saja. Kalau kamu ingin memotret harus membutuhkan kesigapan waktu. Dan peristiwa langka seperti ini ini bisa menjadi suatu hal yang istimewa. Untuk mendapatkan gambarnya cukup sulit dan hanya terjadi pada waktu tertentu. Dan karena ini adalah perputaran bumi ke matahari maka jadwalnya pun bisa dilihat.

Yang aneh nih kawan muncul berita hoax tentang hari tanpa bayangan. Di mana dalam berita tersebut mengatakan kalau saat terjadi badai matahari di atas kepala timbul suhu tinggi gelombang panas. Itu tidaklah benar. Peristiwa ini sudah terjadi beribu-ribu yang terjadi setiap tahun.

Fenomena Alam Hari tanpa bayangan di Indonesia Catat Waktunya
Gimana tertarik untuk mengikuti hari tanpa bayangan? Kalau kamu sudah ketinggalan di Pontianak maka kamu bisa mengikuti pada titik-titik berikut ini; Denpasar pada 26 Februari dan 16 Oktober, jakarta 5 Maret dan 9 Oktober, sabang 5 April 8 dan 8 September, belitung 13 Maret 1 Oktober.

TAG
fenomena alam, fenomena alam terbaru, fenomena alam hari ini, fenomena alam 2018 di indonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel