Apakah Itu Hari Bumi, Kenapa diperingati setiap 22 April?

Hari Bumi- Mungkin masih terdengar asing bagi orang yang belum sering mendengarnya. Tetapi ketika pagi tadi saya membuka facebook tiba tiba ada pemberitahuan kalau sekarang hari bumi. Hari bumi itu apa? Kemudian terbersit pertanyaan seperti itu. Dan ternyata hari bumi diperingati oleh banyak negara setiap tanggal 22 April.

Sejarah dan tujuan Hari Bumi
Dikutip dari Wikipedia, Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang biasa diperingati setiap setiap tahun pada tanggal 22 April. Hari Bumi diperingati dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap bumi. Ide ini dicetuskan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 silam beliau adalah seorang pengajar lingkungan hidup. Kebetulan tanggal ini bertepatan pada musim semi kalau kamu berada di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur kalau kamu di belahan Bumi selatan. PBB sendiri kemudian merayakan hari Bumi pada 20 Maret sebuah tradisi yang sudah dicetuskan oleh  aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari di mana matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks.

Kegiatan sederhana Hari Bumi
Banyak kegiatan sederhana yang bisa dilakukan untuk bersenang senang memperingati hari Bumi.
Berikut ini adalah beberapa cara sederhana untuk memperingati hari bumi.

1. Mulai kebiasaan untuk menjaga lingkungan yang tetap bersih dan sehat misal dengan membuat status di media sosial, bahwa kamu peduli dengan bumi. Planet yang kita tempati ini.

2. Atur sampah punyamu.
Cocok banget buat kamu yang masih single terutama cowok apalagi blogger pasti banyak yang tidak memperdulikan sampah. Mulai sekarang cobalah membuang sampah di tempatnya dan tetap jaga kebersihan. Karena kamu tahu, kebersihan lingkunganmu adalah aset paling berharga untuk menjaga kesehatanmu.

3. Perbaiki keran yang bocor.
Terkesan sederhana, tetapi satu tetes air yang keluar itu memiliki harga yang cukup tinggi. Apalagi jika tetesan itu cukup banyak. Bisa bisa tekor kamu ketika membayar tagihan PAM. Perlu diketahui, , hanya 1 persen air di bumi yang dapat diminum dan jangan siakan itu!

Apakah Itu Hari Bumi, Kenapa diperingati setiap 22 April?
4. Tanam pohon.
Satu pohon bisa untuk mencukupi kebutuhan napas untuk 2 orang. Kamu harus bersyukur tinggal di Indonesia yang dikenal sebagai paru paru dunia. Coba kalau kamu hidup di Mumbai India. Negara yang ketika kamu keluar saja menghirup udaranya sama seperti kamu menghirup udara rokok.

5. Bawa minuman sendiri.
Ternyata, proses pembuatan air minum kemasan mengambil gas bumi dalam jumlah besar.
Kemasannya air minum juga hanya menambah sampah.

6. Belanja produk lokal.
Kamu pasti tidak sadar ketika harga padi petani lokal semakin rendah, maka tahun depan semakin sedikit orang yang berminat menjalani profesi sebagai petani. Impack yang bakal terjadi ke depan. Semakin langka padi karena semakin sedikit petani yang mau menjual padi. AKibatnya harga beras akan semakin mahal. Itu adalah sedikit gambaran, masih banyak contoh yang ditemukan lainnya untuk mendukung kearifan ekonomi lokal.

7. Kurangi penggunaan kertas.
Kamu pasti tahu bahan pembuatan kertas berasal dari pohon yang setiap hari ditebang. Semakin banyak permintaan kertas, pasti semakin banyak pohon ditebang. Padahal, untuk menjadi sebatang pohon. Membutuhkan waktu bertahun tahun untuk tumbuh.

Ternyata memperingati hari bumi sangat simpel. Karena dengan adanya hari bumi kita ternyata sadar bahwa bumi yang kita tempat semakin rusak. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel