Lebih Unggul mana Telegram Atau Whatsapp untuk Keperluan Bisnis?

Saat ini, ada banyak aplikasi chatting di smartphone yang dapat membantu proses komunikasi, selain telepon dan SMS. Misalnya aplikasi WhatsApp, Line, dan Blackberry Messenger (BBM) yang banyak digunakan untuk chatting. Tetapi di samping ketiga aplikasi ini, ada juga aplikasi obrolan bernama Telegram yang memiliki karakteristik hampir mirip dengan aplikasi WhatsApp. Meski hampir mirip, tidak banyak yang tahu bahwa aplikasi Telegram ini memiliki banyak kelebihan juga dibandingkan aplikasi obrolan lainnya. Terutama untuk bisnis pilih whatsapp/telegram?

Apa pun? Berikut adalah 7 keunggulan aplikasi Telegram dibandingkan aplikasi obrolan lainnya.

1. Gratis selamanya dan bebas iklan
Jika aplikasi lain menyediakan versi gratis dan berbayar untuk mendapatkan versi yang lebih lengkap, ini berbeda dari Telegram yang hanya menyediakan versi gratis dan akan terus gratis. Sejauh ini, tidak ada iklan atau biaya lain untuk menggunakan Telegram selamanya. Telegram juga menyatakan bahwa aplikasi akan selalu bebas dari iklan, sehingga akan berjalan lebih ringan dan lebih cepat daripada aplikasi obrolan lainnya. Tentunya dengan Telegram, penggunaan kuota data internet menjadi lebih efisien.

2. Kirim pesan lebih cepat dan lebih ringan untuk dijalankan
Mengirim pesan melalui Telegram akan lebih cepat daripada aplikasi chat WhatsApp lainnya karena Telegram berbasis cloud. Dengan cloud dan ketersediaan opsi manajemen cache, Telegram dapat menggunakan hampir nol ruang pada ponsel cerdas Anda. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir Telegram akan menggunakan banyak ruang penyimpanan pada ponsel cerdas Anda. Ukuran kecil aplikasi membuat Telegram lebih mudah dan lebih ringan saat dijalankan. Dibandingkan dengan aplikasi obrolan lain, Telegram memiliki ukuran aplikasi MB yang lebih kecil.

3. Komunikasi dalam enkripsi end-to-end
Komunikasi enkripsi end to end itu apa? Enkripsi end-to-end, itu berarti bahwa obrolan Telegram kami hanya dapat dibaca oleh pengirim dan penerima, membuatnya sangat aman dan tidak mungkin dibaca oleh pihak ketiga. Jadi, apa manfaat dari obrolan terenkripsi? Tentunya, konten harus berupa hasil obrolan atau obrolan, kami sangat aman dari peretas yang mencoba melihat konten pembicaraan kami.

4. Dapat mengirim file tanpa batas ukuran
Kamu bisa saja mengirimkan file dengan Video dengan durasi dan cukup besar kepada user yang sudah tertarget untuk bisnis anda.

Seringkali menjengkelkan bahwa ketika Anda ingin mengirim file menggunakan aplikasi lain, maka Anda akan diberitahu bahwa ukuran file yang akan kami kirimkan telah melampaui batas yang diizinkan. Di Telegram, dijamin hal seperti itu tidak akan terjadi. Karena Telegram menyediakan fungsi untuk berbagi foto, video dan file dalam format pdf, doc, excel, zip, mp3 dan lainnya dengan ukuran maksimal 1,5 GB per file. Sangat besar, kan? Bahkan jauh lebih besar dari aplikasi WhatsApp yang hanya memberikan ukuran maksimal 16 MB.

5. Saluran dan fungsi bot tersedia
Ini yang paling penting, telegram bisa digunakan sebagai saluran dan bisa berfungsi sebagai bot. Tentunya untuk pemain bisnis kelas atas, menggunakan bot adalah suatu keharusan. Apalagi jika melayani pesanan dalam jumlah yang sangat banyak.

Selain itu Fitur saluran sangat memungkinkan pengguna mengirim pesan satu arah ke semua anggota saluran atau sering disebut sebagai streaming. Kapasitas saluran di Telegram juga memiliki jumlah yang besar. Karena itu, fitur ini sering digunakan oleh pembeli online untuk menjual dan mempublikasikan penjualan barang.
Selain itu, Telegram juga memiliki fungsi bot. Fungsi bot adalah akun yang dieksekusi oleh aplikasi (bukan) seseorang. Selain itu Bot ini menyajikan AL (Artificial Intelligence-artificial intelligence) dan dapat melakukan hal-hal seperti bermain, mengirim dan lain-lain.

6. Dapat diakses di beberapa perangkat secara bersamaan
Telegram juga dapat diakses di PC atau laptop. Telegram adalah aplikasi obrolan berbasis cloud yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi Telegram di komputer atau laptop, tanpa perlu smartphone mereka untuk menghemat daya baterai. WhatsApp yang berbeda yang memerlukan aplikasi WhatsApp di smartphone Anda tetap aktif ketika Anda menghidupkan komputer dan laptop Anda.

7. Anda dapat membuat grup hingga 30.000 orang
Mungkin masih banyak yang tidak tahu, jika kita membuat grup di Telegram, kita bisa membuat grup hingga 30.000 orang. Wow! Jika sebelumnya Telegram memiliki batas hanya 10.000 hingga 20.000 anggota, maka dalam hasil pembaruan terbaru, satu-satunya obrolan grup hanya dapat dilakukan dalam grup super yang hanya terdiri dari 30.000 orang. Pembaruan ini dibuat di sistem backend, yang berarti bahwa pengguna tidak perlu memperbarui aplikasi Telegram pada smartphone karena pembaruan akan muncul secara otomatis.

Selain kelebihan di atas berikut ini adalah kelebihan telegram adalah.
Telegram membuat obrolan berkelompok lebih beranimasi dengan fitur Answers, Mentions, Hashtags, Forward.

- Jawabannya berguna untuk menanggapi obrolan tertentu dari seseorang yang bergabung dalam obrolan sebagai jawaban.

Salah satu penggunaan penyebutan (dengan format @namapengguna) dalam grup obrolan adalah bahwa jika ada sesuatu yang penting bagi orang yang dikenal untuk disebutkan, orang tersebut akan menerima pemberitahuan (pemberitahuan) bahkan jika orang tersebut menonaktifkan pemberitahuan ( diam) dari kelompok tersebut.

- Bagi mereka yang akrab dengan dunia Internet, mereka seharusnya tahu hashtag. Hashtag membuat percakapan dalam grup lebih terstruktur. Kata-kata yang dimulai dengan # ketika diklik atau disentuh akan menghasilkan daftar hasil pencarian berdasarkan kata.
- Kami dapat berkomentar di bagian bawah obrolan untuk diteruskan.

Berikut ini adalah keunggulan dari fitur fitur Whatsapp
Dalam hal bisnis, Whatsapp memiliki layanan khusus yaitu Whatsapp for Bussiness. Aplikasi ini berbeda dengan Whatsapp Messenger.  Layanan WhatsApp Business resmi dirilis di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Salah satu Varian aplikasi chat WhatsApp ini didesain khusus untuk pemilik bisnis kecil, di mana para pebisnis akan lebih dimanjakan dengan kemudahan interaksi dengan pelanggan menggunakan fitur-fitur untuk mengotomatisasi, menyortir, dan merespons pesan secara cepat.

Tidak seperti WhatsApp Messenger, di WhatsApp Business memiliki logo dengan simbol 'B' ibukota, pengguna dapat membuat deskripsi singkat tentang bisnis mereka, jam perhatian, alamat email atau toko dan situs. Maka orang akan tahu bahwa Anda berbicara dengan akun bisnis. Untuk penerima pesan akun komersial, tidak perlu mengunduh aplikasi baru, hanya pemilik akun komersial.

Di masa depan, perwakilan WhatsApp mengatakan bahwa beberapa perusahaan juga akan memiliki akun yang dikonfirmasi setelah dikonfirmasi bahwa nomor telepon dari akun tersebut sama dengan nomor telepon komersial.

Berikut Kelebihan Whatsapp Bussines
1. WhatsApp Business juga memiliki alat olahpesan otomatis
Fitur ini dapat memberikan jawaban cepat atas pertanyaan yang sering diajukan, pesan selamat datang yang menghadirkan konsumen dengan bisnis dan pesan ketika mereka tidak dapat mengakses aplikasi untuk memberi tahu orang-orang ketika mereka akan menerima tanggapan. Pengguna WhatsApp Business juga dapat menyapa untuk mempresentasikan bisnis mereka kepada pelanggan. Anda dapat mengakses fungsi perpesanan dalam 'konfigurasi bisnis'.

2.  WhatsApp Business adalah penyediaan laporan statistik
Untuk melihat apa yang telah dilakukan, seperti jumlah pesan yang dikirim atau dibaca oleh penerima. Untuk memudahkan pengguna, mengirim dan menerima pesan dengan WhatsApp Business juga bisa dilakukan di desktop (situs web WhatsApp).

3.Bisa menggunakan nomor ponsel, pengguna WhatsApp Business juga dapat mendaftarkan nomor telepon rumah atau kantor untuk membuat akun bisnis. Selama proses verifikasi, pilih opsi "Hubungi saya" untuk menerima kode melalui panggilan telepon. Sementara itu, ketika menggunakan nomor ponsel, kode verifikasi akan dikirim melalui SMS.

4. Selain di Indonesia, WhatsApp Business kini juga tersedia secara gratis di Google Play di Italia, Meksiko, Inggris Raya, dan Amerika Serikat. WhatsApp menyebutkan bahwa langkah ini hanyalah permulaan, karena aplikasi ini akan diluncurkan di seluruh dunia dalam beberapa minggu mendatang.

Jadi mau pilih mana untuk kepentingan bisnis anda?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel