Bagaimana Cara Memperbaiki Harddisk Laptop Atau Pc Yang Rusak?

shares

Bagaimana Cara Memperbaiki Harddisk Laptop Atau Pc Yang Rusak? - Hallo sahabat PUSATRIK.COM, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Bagaimana Cara Memperbaiki Harddisk Laptop Atau Pc Yang Rusak?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel How To, Artikel Komputer PC, Artikel Memori, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca Juga Dong

Bagaimana Cara Memperbaiki Harddisk Laptop atau PC yang Rusak – Harddisk merupakan memori penyimpanan yang dipakai untuk penyimpanan data di laptop atau PC. Harddisk sendiri mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan penyimpanan lain. Salah satunya keunggulan harddisk mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar dibandingkan dengan flashdisk, memori SD card, micro SD, CD, ataupun DVD.

Bagaimana Cara Memperbaiki Harddisk Laptop atau PC yang Rusak Bagaimana Cara Memperbaiki Harddisk Laptop atau PC yang Rusak?
Harddisk komputer PC yang sudah dibongkar, digambar tersebut terlook lempengan logam yang menjadi kawasan penyimpanan data komputer - Image: Pixabay

Dengan kapasitas penyimpanan yang besar ini tidak heran kalau harddisk dipilih sebagai memori penyimpanan internal pada laptop dan computer PC. Meskipun kini ini harddisk dipilih sebagai kawasan penyimpanan data internal pada laptop dan PC, kini ini juga tersedia harddisk eksternal yang sanggup dipindah atau dibawa (portable) kesana kemari.

Cara Memperbaiki Harddisk Laptop atau PC yang Rusak

Perlu diketahui bahwa harddisk merupakan memori penyimpanan yang sensitive terhadap benturan dan getaran. Semakin besar lengan berkuasa getaran atau benturan maka semakin besar potensi kerusakan pada harddisk. Hal ini dikarenakan harddisk merupakan memori penyimpanan yang didalamnya terdapat lempengan logam yang berputar, kalau terjadi sedikit aku perubahan posisi maka harddisk sanggup rusak.

Untuk mengatasi problem harddisk yang rusak ini tidak mengecewakan sulit sebab kebanyak orang kalau harddisk rusak yaitu menggantinya dengan yang anyar. Namun menurut penuturan dari tukang service computer atau laptop (yang jujur) harddisk yang rusak sanggup diperbaiki. Namun tidak ada jaminan kalau ini sanggup bertahan lama.

Jika dilook dari bentuknya harddisk tersebut memang sanggup diperbaiki caranya dengan membuka baut dan memperbaiki isi didalamnya. Namun aku sendiri belum pernah mencobanya. Jika kita belum yakin sebaiknya jangan mencoba membukanya pada harddisk yang masih manis sebab dikhawatirkan nantinya malah rusak.

Untuk lebih jelasnya sebaiknya tiba ketempat service harddisk yang kompeten dan jujur. Namun perlu diketahui bahwa orang yang membuka service ini jarang dan tidak mengecewakan sulit dicari. Kebanyak tukang service computer atau laptop malah menyarankan untuk membeli harddisk yang anyar.

Cara Menghindari Kerusakan pada Harddisk Laptop dan PC

Untuk menghindari kerusakan pada harddisk sebaiknya hindari hal-hal yang menjadi penyebab harddisk rusak. Untuk lebih jelasnya ikuti pentunjuk berikut ini.
  • Hindari benturan dan getaran. Benturan dan getaran keras sanggup menyebabkan perubahan posisi lempengan logam didalam harddisk. Jika lempengan ini posisinya berubah maka ini sanggup mengganggu perputaran lempeng logam dalam harddisk. Jika usang kelamaan terjadi maka lempengan ini akan berdempetan, tidak sanggup berputar pada karenanya rusak dan tidak sanggup dipakai lagi.
  • Jauhkan dari cairan, jangan hingga masuk kedalam air. Nah pengalaman teman aku sendiri sebab menyimpan harddisk didalam skami, harddisknya masuk kedalam bejana cucian dan terkena air. Akibat air harddisk satu TB (1000 GB) rusak dan tidak sanggup dipakai lagi.
  • Hindari matinya fatwa listrik secara mendadak. Untuk laptop atau PC yang mati mendadak ini sanggup menyebab kerusakan pada harddisk sebab ini merupakan kondisi dimana harddisk harus berhenti secara paksa padahal sedang bekerja.
  • Hindari posisi miring pada harddisk (laptop) yang sedang bekerja. Posisi miring ini menyebab harddisk berputar tidak sempurna, kalau ini berlangsung terus menerus maka sanggup menyebabkan kerusakan pada laptop. Posisi laptop yang baik untuk harddisk yaitu berada pada posisi datar atau horizontal.
  • Jangan membawa atau memindahkan laptop dalam kondisi hidup. Ketika laptop hidup harddisk berada pada kondisi bekerja, kalau kita memaksakannya maka dalam waktu yang usang sanggup menyebabkan harddisk rusak. Pastikan laptop yang dibawa berada pada kondisi mati.

Jika ada tambahk tentang  cara semoga harddisk laptop PC awet, silahkan ditambah sendiri.

Kesimpulannya

Harddisk laptop PC sanggup diperbaiki, namun diperlukan keahlian khusus semoga tidak terjadi kerusakan yang lebih parah lagi. Jika masih ragu atau belum tau sebaiknya serahkan kepada orang yang lebih paham dan mengerti.

Penyebab kerusakan pada harddisk ini banyak sekali, jadi kita harus benar-benar menjaga laptop atau PC semoga tidak terjadi kerusakan pada harddisk. Jika harddisk sudah terlanjur rusak maka biaya untuk membeli harddisk yang anyar harganya mahal (uang yang dikeluarkan juga besar). Pengalama aku membeli harddisk 500 GB anyar (lewat tukang service laptop) harganya 700 ribu.

Sumber http://teknoway.blogspot.com

Related Posts