Bagaimana Cara Memperbaiki (Mengatasi) Memori Micro Sd Card Yang Rusak?

shares

Bagaimana Cara Memperbaiki (Mengatasi) Memori Micro Sd Card Yang Rusak? - Hallo sahabat PUSATRIK.COM, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Bagaimana Cara Memperbaiki (Mengatasi) Memori Micro Sd Card Yang Rusak?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel How To, Artikel Memori, Artikel smartphone, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca Juga Dong

Bagaimana Cara Memperbaiki (Mengatasi) Memori Micro SD Card yang Rusak – Memori micro SD card merupakan memori penyimpanan yang bentuknya kecil, sesuai dengan namanya “micro” yang berarti kecil. Memori micro SD merupakan memori penyimpanan yang cukup popular dipakai untuk membuatkan perangkat ibarat smartphone, kamera, perekam video dan perangkat lainnya.

 Memori micro SD card merupakan memori penyimpanan yang bentuknya kecil Bagaimana Cara Memperbaiki (Mengatasi) Memori Micro SD Card yang Rusak?
Memori micro SD yang terpasang pada perangkat Card Reader - Image: Pixabay

Micro SD sendiri ketika ini sudah mempunyai banyak varian, ada yang kapasitasnya berukuran besar ada pula yang kapasitasnya kecil. Dengan banyak pilihan ibarat ini kita sanggup bebas menentukan kapasitas mana yang kita sukai dan kita butuhkan. Sekarang ini ada banyak merek micro SD yang dijual dipasaran diantaranya ada V-Gen, Toshiba, Kingstone, SanDisk, dan masih banyak lagi merek yang lainnya. Saya sendiri lebih menentukan untuk memakai V-Gen lantaran ada garansi seumur hidup.

Cara Memperbaiki (Mengatasi) Memori Mikro SD Card yang Rusak

Memori micro SD merupakan memori yang ukurannya kecil, tapi sekalipun kecil fungsinya banyak sekali. Berdasarkan pengalaman sendiri micro SD merupakan memori yang tergolong infinit alias tidak simpel rusak.

Namun sekalipun infinit ada juga beberapa yang rusak yang disebabkan oleh banyak faktor. Tapi yang terang penyebab kerusakan pada memori micro SD berasal dari human error (kesalahan insan itu sendiri).

Untuk memperbaiki memori micro SD yang rusak sebetulnya tidak mengecewakan sulit apalagi kalau kerusakan parah dan fatal. Beberapa kesalahan fatal yang sanggup menciptakan memori micro SD rusak contohnya memori micro SD yang patah. Jika memori patah sudah niscaya memorinya tidak sanggup diperbaiki, langkah yang sanggup dilanekan yaitu membeli memori yang update.

Untuk memori yang mempunyai kerusakan ringan atau hanya sedikit error ada baberapa langkah yang sanggup dilanekan, yaitu:
  • Membersihkan lempeng atau tembaga yang berwarna kuning keemasan pada memori micro SD card. Ini dilanekan untuk membersihkan kotoran atau noda yang melekat pada lempeng kuning tersebut memakai penghapus pensil atau kain halus. Noda ini sanggup mengganggu kinerja memori micro SD. Untuk masalah ibarat ini biasanya terjadi pada memori micro SD yang sudah bau tanah atau lama.
  • Membersihkan besi atau tembaga yang terdapat pada perangkat smartphone yang dipakai untuk memasang memori micro SD. Tidak semua memori micro SD yang error disebabkan oleh memori tapi juga sanggup disebabkan oleh factor lain ibarat card reader yang bermasalah, smartphone, atau kamera yang bermasalah.

Nah cara diatas sanggup dilanekan untuk memori micro SD yang tidak mengalami duduk masalah serius, namun kalau cara tersebut sudah dilanekan tapi masih bermasalah berarti ada dua kemungkinan.

Kemungkinan yang pertama si memorinya memang sudah rusak dan yang kedua perangkatnya yang bermasalah. Tapi kalau ingin cara yang lebih simple sebaiknya beli saja yang update.

Cara Menghindari Kerusakan pada Memori

Sebenarnya ada banyak cara yang sanggup dilanekan untuk menghindari kerusakan pada memori micro SD card. Jika ingin memori SD cardnya infinit sebaiknya ikuti cara berikut ini, yaitu:
  • Hindari benturan keras pada memori micro SD card, lantaran benturan yang keras sanggup mengubah komponen kecil yang terdapat pada memori. Jika ada komponen kecil yang berubah atau berpindah maka ini sanggup menjadikan kerusakan.
  • Jangan bongkar pasang memori micro SD card. Sebenarnya ini penyebab utama kerusakan pada memori micro SD card. Berdasarkan pengalaman yang aku alami sendiri, bongkar pasang memori micro SD sanggup menjadikan memori rusak.
  • Jauhkan dari magnet. Untuk yang satu ini tidak diketahui secara pasti, namun banyak tumpuan yang menyampaikan bahwa memori yang rusak jadi penyebab memori rusak. Nah untuk alasannya nanti aku sampaikan diartikel selanjutnya.
  • Jangan tercelup kedalam cairan. Meskipun banyak yang menyampaikan kalau memori yang tercelup kedalam air tidak menjadikan kerusakan, namun tetap saja ini harus dihindari. Apalagi jenis cairan lain ibarat minyak tanah, bensin, cuka, raksa ini sanggup menjadikan kerusakan pada memori.

Dan cara lainnya yang sekira diperlukan biar memori tetap awet.

Kesimpulannya


Jadi menurut pemaparan diatas tidak semua memori yang rusak itu sanggup diperbaiki, terutama untuk kerusakan yang sudah parah. Cara terbaik yang sanggup kita lanekan biar memori SD card infinit yaitu menjaganya dan menghindari penyebab kerusakan pada memori micro SD card. Semoga bermanfaat.

Sumber http://teknoway.blogspot.com

Related Posts