Cara Instalasi Laravel 5.4 Di Windows Dan Ubuntu/Linux

Pada kesempatan kali ini aku mau menyebarkan pengetahuan perihal Laravel 5. Apa itu Laravel? Laravel merupakan sebuah framework yang terbilang sering dipakai untuk web development di PHP. PHP di Laravel ini memang terbilang lebih singkat dibandingkan dengan yang lain. Dan umur Laravel ini pun masih anyar, sebaliknya kini sudah mencapai versi 5.

1. Instalasi di Windows OS

Instalasi Laravel terbilang gampang dibandingkan dengan distro Linux . Sebelum instalasi Laravel ini ada beberapa syarat yang harus dan wajib ada di PC/Komputer Anda, yaitu XAMPP sebab paling gampang memang memakai XAMPP yang sudah membundle web server lainnya.

Lalu setelah kau menginstal XAMPP silahkan download juga Composer di getcomposer.org

Pada gambar terlook lokasi php yang sudah aku instal, silahkan atur sendiri lokasi php yang kau instal sebelumnya.

Setelah selesai instalasi silahkan cek composer kamu

Jika sudah menyerupai itu berarti composer kau sudah terinstall. Langkah selanjutnya yaitu instalasi Laravelnya. Pertama buka terlebih dahulu folder htdocs, kemudian tekan SHIFT+Klik Kanan Mouse di dalam folder tersebut, nanti akan muncul goresan pena "Open command windows here"


Setelah membuka cmd, silahkan ketikkan perintah berikut untuk instalasi Laravel versi teranyar:

composer create-project laravel/laravel --prefer-dist

Tampilan dikala proses download akan terlook menyerupai ini;

 Ketika selesai, silahkan ubah nama folder laravel sesuai impian Anda. Perlu di ingat, instalasi Laravel ini membutuhkan koneksi internet. Dan kalau kau ingin instalasi ulang Laravel tinggal ketik ulang perintah di atas.

2. Instalasi di Distro Linux

Instalasi Laravel di Linux memang terbilang cukup tidak mengecewakan rumit, tetapi kalau kau sudah terbiasa dengan Linux ya tidak perlu di khawatirkan. Dan sebelumnya kau harus menginstall terlebih dahulu XAMPP untuk linux ya atau di linux disebut LAMPP. Contoh aku mengintal XAMPP/LAMPP di directory /opt/lampp.

Disini aku memakai PHP dan Curl yang terdapat pada bundelan lampp yang sudah terinstall.  Tapi PHP dan Curl tersebut masih belum terdeteksi oleh sistem linux saya, namun apabila Anda sudah memiliki LAMPP di linux kau silahkan lewati langkah ini ya.

1. Untuk yang belum punya PHP dan Curl silahkan ketikkan perintah berikut di terminal
$ sudo terbaru-alternatives --install "/usr/bin/php" "php" "/opt/lampp/bin/php" 1
$ sudo terbaru-alternatives --install "/usr/bin/curl" "curl" "/opt/lampp/bin/curl" 1
2. Instalasi Composer, ketikkan perintah berikut di terminal Anda
$ curl -ksS https://getcomposer.org/installer | php
$ sudo mv composer.phar /usr/local/bin/composer
 3. Nah kini kita ke tahap instalasi laravel nya, silahkan pindahkan dulu terminal kau ke directory htdocs nya (sesuaikan dengan lokasi kau menginstal lampp tadi) kemudian ketikan perintah berikut untuk instalasi laravel teranyarnya
composer create-project laravel/laravel --prefer-dist
setelah selesai  silahkan ganti nama folder Laravel kau sesuai impian kamu, perlu di ingatkan lagi, instalasi Laravel ini membutuhkan koneksi internet.

4. Nah langkah terakhir di linux yaitu mengubah permissionnya, ketikkan perintah berikut (direktorinya sesuaikan dengan direktori kawasan kau menyimpan folder laravel kamu)

chmod 777 -R laravel/app/storage

Selesai, silahkan menciptakan proyek sesuai yang kau inginkan di laravel.
Sumber https://gidhancrx.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel