Keajaiban Musik Klasik

Dengan mendengarkan musik klasik pada zaman 2013 ini tampaknya sudah tidak lagi terkenal, kini sudah banyak band-band atau boyband dan girlband yang Booming dengan musik dan ciri khasnya tertentu. tetapi dengan mendengarkan musik klasik ternyata mempunyai banyak manfaat baik bagi kesehatan mental dan jiwa serta mempunyai imbas yang menenangkan. Selain itu mendengarkan musik klasik semenjak usia sedini mungkin sanggup membantu perkembangan otak terutama daya kebijaksanaan dan perkembangan bahasa.

 Taukah Anda? Bahwa mendengarkan musik klasik semisal Mozart dan Beethoven mempunyai banyak manfaat. Seperti yang sering kita ketahui bahwa mendengarkan musik klasik sangat dianjurkan bagi ibu hamil alasannya yaitu hal tersebut akan bengaruh terhadap perkembangan bayinya. Namun bukan berarti bahwa musik klasik menyerupai Mozart dan Beethoven hanya diperuntukkan bagi ibu hamil dan anak bayi saja, tapi musik klasik sanggup dinikmati bagi semua kalangan.

Penelitian telah membuktikan mendengarkan musik Mozart & Beethoven dapat:
1. Menstimulasi otak kanan, meningkatkan kreatifitas berpikir
2. Mengurangi stress dan tekanan
3. Memelihara pikiran, badan dan jiwa anda
4. Menstabilkan detak jantung, tekanan darah dan temperatur tubuh.

Selain itu ada beberapa manfaat plus yang bisa kita sanggup saat mendengarkan musik clasik dan instrumen. Dari  banyak sekali sumber yang aku temukan, diantaranya:

·         Siegel,1999 menyampaikan bahwa musik klasik menghasilkan gelombang Alfa yg menenangkan yang sanggup merangsang sistem limbik jaringan neuron otak.
·         Campbell 2001 dalam bukunya imbas Mozart menyampaikan musik romantik (Schubert, Schuman, Chopin, dan Tchaikovsky) sanggup dipakai untuk meningkatkan kasih sayang dan simpati.Selain itu musik Barok (Bach, Handel dan Vivaldi) sanggup membuat suasana yang merangsang pikiran dalam belajar.Musik klasik (Haydn dan Mozart) bisa memperbaiki konsentrasi ingatan dan persepsi spasial.
·         Musik klasik sanggup menenangkan bayi yang lahir prematur.Sewaktu mendengarkan musik klasik, sanggup diamati ekspresi wajahnya yang tidak lagi terlihat menderita serta detak jantungnya berjalan normal.
·         Periset Universitas Stanford – A.S. dan Universitas McGill di Kanada di dalam majalah “Shen Jing Yuan” mengeluarkan goresan pena yang menyebutkan bahwa musik bisa menghipnotis dan merubah level keharuan dan antipati seseorang,bahkan bisa menghipnotis level orang-orang dalam memfokuskan energi.
·         Sebuah penelitian di universitas di Inggris menunjukkan,musik bisa menghipnotis kegemaran orang akan makanan, jikalau di ruang makan diputarkan musik klasik, pelanggan bisa membeli lebih banyak, jikalau diputarkan musik pop atau tanpa musik, maka konsumsi pelanggan terperinci menjadi berkurang.
·         Percobaan dari 2 orang profesor Universitas California membuktikan, mendengarkan selama 10 menit soata Mozart, bisa berefek menumbuhkan IQ. Mereke menunjukan, musik klasik bisa meningkatkan Spiritual Quotient.

Otak insan terdiri dari dua bagian, otak kiri dan otak kanan. Otak kiri bekerja untuk fungsi logika, sequence, analisa, sedangkan otak kanan bekerja untuk kiprah visual, ruang (geometric), creativity , mood, emotion, dll. Musik yang anggun akan menghasilkan ‘mood’ dan emosi yang bagus. Karena beliau sanggup dianalisa secara matematis, dan logic, maka insan sanggup menyebarkan musik itu lebih baik: creativity! Agar insan mendapat ‘harmony’, maka kedua belah otak harus difungsikan.Jadi,

Jadi, lebih baik kita mendengarkan musik klasik (tanpa mengesampingkan pedoman musik lain ya). Agar otak dan pikiran kita senantiasa di beri stimulus positif.
Sumber http://sraportofolio.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel