Manfaat Lensa Filter Uv

shares

Manfaat Lensa Filter Uv - Hallo sahabat PUSATRIK.COM, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat Lensa Filter Uv, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel istilah fotografi, Artikel Lensa kamera, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca Juga Dong

Filter UV lensa kamera - Ketika kita membicarakan mengenai sinar Ultra Violet yang ada dibenak dikau mungkin ialah sebuah sinar yang berbahaya bagi kulit sehingga mengharuskan dikau menggunakan lotion tabir surya biar kulit kita tidak rusak. Begitu juga terhadap lensa kamera, mungkin kalian berfikir demikian sinar UV sanggup merusak lensa kamera namuj bekerjsama tidak demikian alasannya ialah kulit dan lensa kamera ialah dua hal yang sangat jauh berbeda :).


UV Filter Kamera Lensa DSLR

Lantas untuk apa diciptakan sebuah filter Ulta Violet untuk lensa kamera bila fungsinya tidak untuk menghalau sinar UV yang masuk ke lensa biar tidak rusak ? Untuk memahami kegunaan dari filter UV ini alangkah sebaiknya dikau terlebih dahulu mengetahui apa itu sinar UV ini.
Spektrum sebuah cahaya yang nampak pada pdikaungan mata kita ialah sinar yang berwarna merah hingga ungubatau violet, dari sinar sinar ini, sinar merah memiliki panjang gelombang yang paling panjang ( disebut juga inframerah ), sedangkan sinar ungu atau violet memiliki panjang gelombang yang paling pendek ( disebut juga ultra violet ).

 Ketika kita membicarakan mengenai sinar Ultra Violet yang ada dibenak dikau mungkin ialah Manfaat Lensa Filter UV

Manfaat Filter Ultraviolet

Dilihat dari fakta, sensor kamera modern tidaklah terpengaruh terhadap sinar sinar ini, berbeda dengan kamera jadul yang masih menggunakan roll film memang sinar UV ini sanggup berakibat buruk. Sehingga filter UV ketika ini hanya difungsikan untuk pelindung permukaan lensa kamera orisinil dari ukiran atau benturan, sentuhan tangan, uap ataupun pasir yang mungkin sanggup menciptakan permukaan lensa menjadi lecet ( menyerupai dengan anti gores bila di smartphone ). Dan juga bagi sebagian fotografer menggunakan filter UV ini untuk mereduksi imbas flare ataupun imbas pantulan cahaya lain yang tidak dikehendaki yang mungkin imbas flare tersebut sanggup menurunkan kualitas gambar yang mereka hasilkan. Apa itu imbas flare ? Silahkan baca goresan pena kami lainnya di 



Kerugian pemakaian filter lensa

Selain beberapa keunggulan diatas, pemakaian dari filter filter ini juga ada kerugiannya. Karena pada setiap filter tersebut biasanya sudah dilapisi dengan menggunakan lapisan khusus yang berfungsi guna memantulkan cahaya yang tidak diinginkan biar tidak ikut masuk kedalam sensor. Nah bila lalu kita melanekan pengambilan gambar pada malam hari atau memotret ke arah sumber cahaya, filter ini malah akan mengakibatkan imbas flare serta mengurangi kualitas hasil jepretan kamera.

Selain tidak cantik dipakai dimalam hari, pemakaian filter lensa ini juga sanggup menciptakan ketajaman gambar menjadi berkurang. Untuk mengetahuinya cobalah melanekan pemotretan dengan dan tanpa filter lalu bandingkan ketajaman kedua gambar yang dihasilkan tadi.

Tips dalam menggunakan filter lensa

filter lensa ini sama halnya dengan lensa kamera yang sanggup rusak ataupun kotor alasannya ialah memang posisi dari filter ini berada sempurna didepan lensa kamera, oleh akibatnya sebaiknya dikau benar benar memperhatikan perawatan dan kebersihan dari filter filter ini, sebelum disimpan sebaiknya dikau bersihkan dahulu filter beserta lensa kamera biar nantinya tidak ditumbuhi oleh jamur.

Apa itu lensa sapu jagat ? Yuk kenalan dengan lensa sapu jagat

Bagi dikau yang biasa menggunakan dua buah filter secara bersamaan menyerupai pemakaian lensa filter UV dan polariser sebaiknya tidak dilanekan alasannya ialah sanggup menimbulkan meningkatnya imbas vignett yang dihasilkan, terlebih bila dikau menggunakan lensa wide angle. Untuk mengurangi silau cahaya matahari dikau sanggup menggunakan hood lens saja.





Sumber http://ulasfoto.blogspot.com

Related Posts