Wordpress: Cara Install Wordpress Di Localhost


INTRO
WordPress ialah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer dipakai sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). (Source: Wikipedia)

Aplikasi ini sangat populer di kalangan para blogger, dan tidak sedikit pula para Developer Theme memakai Wordpress untuk mencari nafkah disini.

Kali ini aku mau menunjukkan tutorial untuk installasi WordPress di localhost, ikuti tutorial berikut:

1. Pertama yang harus anda lkitakan ialah mendownload XAMPP dan WordPress -nya terlebih dahulu di WordPress.org dan apachefriends.org (XAMPP)
2. Setelah itu install XAMPP Seperti biasa, kemudian ekstrak terlebih dahulu wordpress yang sudah anda download tadi.
3. Copy file wordpress tadi ke kawasan installasi XAMPP anda (Ex : C:\xampp\htdocs\ ). htdocs merupakan kawasan penyimpanan untuk banyak sekali file untuk di buka di browser anda, jadi kalau anda menaruhnya di folder lain, file yang anda akan jalankan di localhost tidak akan berjalan.
4. Disini aku memakai nama gidhancrx untuk folder WordPress nya, nama folder terserah anda. Lalu buka browser anda, dan jangan lupa nyalakan dulu Apache + MySQL lalu masukkan localhost/gidhancrx (nama folder wordpress anda) enter.
5. Akan muncul tampilan menyerupai dibawah ini, klik Let's Go
6. Sebelum mengisikan database dll, buat dulu databasenya di localhost, buka localhost/phpmysaya di browser anda. Lalu pilih New>masukkan nama databasenya>Create. Di percobaan ini aku memakai nama database gidhancrx.
7. Setelah tamat buat juga username dan password di Databasenya. Caranya look dibawah.
untuk hostname tulis localhost saja, dan Global Privileges nya di check all
Scrolll kebawah kemudian Go. Untuk di database nya selesai, kemudian pindah ke wordpress lagi.
8. Masukkan database, username, password, dan hostname nya sesuai dengan yang anda buat tadi. untuk table prefix masukkan "wp_saya" saja atau tetep default juga tidak maslah. kemudian Submit
Lalu muncul menyerupai di bawah, klik "Run the Install"
Setelah itu muncul lagi form untuk mengisi wordpress anda, pengisian ini terserah anda.
Install WordPress,Done. Setelah itu login username dan password yang anda isi tadi.

Untuk login kembali tinggal aktifkan XAMPP (Apache+MySQL) kemudian buka browser dan ketikan "localhost/wordpress(nama folder wp anda)/wp-saya, kemudian login deh pake username+passwordnya.
Sumber https://gidhancrx.blogspot.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel