Tips Menyimpan Lensa & Kamera Biar Awet

shares

Tips Menyimpan Lensa & Kamera Biar Awet - Hallo sahabat PUSATRIK.COM, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Menyimpan Lensa & Kamera Biar Awet, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Lensa kamera, Artikel tips kamera, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca Juga Dong

Tips menyimpan lensa kamera DSLR - menyerupai yang kita ketahui semua bahwa harga dari sebuah lensa kamera DSLR sangatlah mahal, hal ini dikarenakan rumitnya cara pembuatannya lantaran sebuah lensa kamera harus dirakit secara manual untuk memperoleh kepresisiannya, selain itu materi bahan pembuat lensa ialah materi pilihan dan berkualitas tinggi sehingga masuk akal bila sebuah lensa kamera dihargai sangat mahal. Dan balasannya kita sebagai seorang fotografer khususnya yang masih pemula harus pengkaui dalam menyimpan lensa, lantaran jikalau sampa salah menyimpan dan rusak biaya perbaikannya juga sanggup dibilang mahal.

Negara indonesia ini ialah termasuk negara yang beriklim tropis dengan tingkat kelembaban yang sangat tinggi hampir diatas 70% dimusim biasa dan sanggup meningkat jauh lebih tinggi saat animo penghujan tiba. Nah dalam menyimpan sebuah lensa kamera dalam jangka waktu yang usang ini diharapkan trik biar lensa tersebut tidak rusak.

Arti dari foto bokeh yang banyak diperbincangkan oleh fotografer


#Tingkat kelembaban yang tinggi tidak anggun untuk lensa dan kamera

sebuah lensa kamera yang berada pada suhu lembab dengan tingkat kelembaban yang tinggi secara terus menerus sanggup menjadikan rusaknya beberapa komponen elektronik menyerupai sensor optik beserta tumbuhnya jamur pada kepingan lensa kamera. Bila jamur sudah merajalela tumbuh dibagian optik lensa tentu saja akan mempengaruhi hasil foto yang kita ambil, sehingga menciptakan kita mau tidak mau harus membersihkan jamur jamur tersebut. Jika jamur beling tumbuh di kepingan lensa luar sih tidak jadi persoalan toh kita sanggup membersihkan sendiri dengan memakai kain halus, bagaimana jikalau ternyata jamur tersebut tumbuh di lensa kamera kepingan dalam ? Bukankah engkau harus mencari jasa servis lensa kamera bukan ? Asal engkau tahu untuk jasa servis membersihkan lensa camera per unitnya sanggup mencapai 250 ribu hingga 800 ribu tergantung dari tingkat kesulitannya.

 menyerupai yang kita ketahui semua bahwa harga dari sebuah lensa kamera DSLR sangatlah mahal Tips Menyimpan Lensa & Kamera Agar Awet

#Kelembaban yang terlalu rendah juga tidak anggun untuk lensa dan kamera

Sebuah kamera DSLR terdapat kepingan bagian mekanis yang sanggup bergerak, oleh lantaran itu biasanya komponen komponen yang ada didalam kamera tersebut juga diberikan pelumas khusus biar komponen mekanis tadi sanggup bergerak dengan lancar tanpa macet. Nah salah dalam menyimpan sebuah kamera dan lensa pada ruangan dengan suhu kelembaban yang kurang juga sanggup berakibat terganggunya fungsi mekanis dari komponen yang ada didalamnya.

#Kelembaban ideal untuk menyimpan kamera DSLR dan lensanya

Untuk angka idealnya ialah antara 40 hingga 50%RH ( kelembaban relatif / Relative Humidity ). Untuk jenis kamera tertentu mungkin mempunyai kriteria daerah penyimpanan yang berbeda pula, untuk lebih pastinya silahkan engkau periksa pada kepingan warta yang ada di tiap tiap kamera dan lensanya. Silahkan dicari kata yang menyerupai dengan ' Ideal operation range " atau " tingkat kelembaban yang disarankan ", dan dalam penyimpanan jangka panjangnya silahkan kalian bagi angka warta tadi menjadi dua, misalnya ialah angka Operating Humidity yang ada pada kamera Canon 5D Mark II ialah 85%, maka untuk lokasi penyimpanan yang paling ideal ialah antara 35% hingga 45%.

#Berbagai Cara Penyimpanan Terbaik Kamera & Lensa

1. Dry cabinet / dry box camera

Untuk memastikan keamanan serta keawetan dari perangkat digital engkau, sanggup dengan cara membeli sebuah lemari atau rak khusus penyimpanan kamera atau yang biasa disebut dengan istilah Dry Cabinet / Dry Box Camera. Untuk daerah membelinya biasanya dijual di toko toko aksesoris kamera DSLR atau sanggup juga memperolehnya di sebuah toko besar yang menjual peralatan rumah tangga. Untuk harganya sendiri yang paling murah dari 1 buah lemari dry cabinet berkisar antara 1 juta hingga 2 juta rupiah. Usahakan jikalau kalian membeli dry cabinet ini jangan yang ada fitur pemanasnya, lantaran pemanas tersebut sangat tidak baik untuk komponen elektronik kamera, sanggup bisa bukannya mempunyai kegunaan untuk mengamankan, malah merusak kamera milik engkau.

 menyerupai yang kita ketahui semua bahwa harga dari sebuah lensa kamera DSLR sangatlah mahal Tips Menyimpan Lensa & Kamera Agar Awet 

2. Menggunakan box kedap udara + silica gel

Bila mungkin engkau sedang tidak mempunyai dana guna membeli lemari kabinet khusus penyimpanan kamera, sanggup mengunakan alternatif lain yakni memakai sebuah kotak penyimpanan yang kedap udara dan memasukkan beberapa bungkus silica gel sebagai pengendali kelembaban udara.

Arti dari Shutter Count / SC pada kamera DSLR

Nah memang sekilas terlihat gampang dalam menyimpan sebuah lensa & kamera, namun susah untuk melkitakannya dengan benar dan baik.



Sumber http://ulasfoto.blogspot.com

Related Posts