Tips Untuk Fotografi Makro Serangga

shares

Tips Untuk Fotografi Makro Serangga - Hallo sahabat PUSATRIK.COM, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Untuk Fotografi Makro Serangga, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel TIPS, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca Juga Dong

Macro Fotography
INFO-DSLR - Tips Untuk Fotografi Makro Serangga. Fotografi alam memang sangat menarik bagi pecinta fotografi nature. Terlebih lagi makhluk hidup yang berukuran kecil yang tidak begitu terang jikalau melooknya dengan mata telanjang. Pada dasarnya dalam dunia fotografi makro tidak perlu mengeluarkan dana/biaya yang begitu mahalnya, fotografi makro tidak harus selalu dengan peralatan yang mahal bahkan dengan biaya yang terbataspun kita bisa menghasilkan gambar yang sangat menarik.

Banyak peralatan yang murah tetapi bisa menunjukkan hasil gambar yang menawan yaitu extension tube yang bisa memperdekat jarak fokus subjek. Peralatan lain yang aku tahu yaitu reverse ring, jikalau kita padukan dengan lensa prime yang terpasang terbalik sehingga sanggup meningkatkan faktor pembesaran atau magnification factor.

Dibawah ini akan aku sampaikan beberapa tips dalam dunia fotografi makro dari para sumber yang  profesional :
  • Berusahalah mengambil gambar binatang pada pagi hari, lantaran pada pagi hari binatang lebih cenderung bergerak lambat dan ini memudahkan kita dalam mengambil gambar dari binatang tersebut.
  • Gunakan LCD sebagai viewfinder lantaran anda lebih bisa memfokuskan objek dengan jarak yang lebih dekat.
  • Usahakan background jangan hingga berwarna hitam lantaran akan menciptakan gambar terlook membosankan dan tidak menarik. Anda bisa memposisikan kamera sejajar atau lebih rendah dari objek yang di bidik sehingga kita mendapat background yang lebih bervariasi, termasuk juga birunya langit ini akan menciptakan gambar yang kita buat semakin menarik.
  • Jika objek yang anda ambil gambarnya dalam posisi membisu coba gunakan beberapa gambar yang dipadukan menjadi satu untuk mendapat fokus yang tajam di setiap sudut frame, tetapi jikalau objek yang anda ambil gambarnya dalam posisi bergerak useran cara ini tidak akan efektif.
  • Perhatikan kontras pada gambar yang akan anda hasilkan. Jika objek dalam keadaan gelap conbalah mencari background yang terang dan sebaliknya jikalau objek dalam keadaan terang cobalah mengambil / mencari bancground dalam keadaan yang gelap. Dalam hal ini kontras warna sangat mengambil peranan yang penting lantaran sering sekali objek yang kita bidik mempunyai bermacam-macam warna dan bentuk yang sangat menarik.
  • Berusahalah untuk selalu berfikir kreatif untuk mendapat gambar semenarik mungkin. Cobalah atur sudut semenarik mungkin, bila keadaan memungkinkan anda bisa memakai bunga yang berwarna warni sebagai pemanis subjek, lantaran hal ini sanggup menciptakan gambar yang kita hasilkan akan lebih menarik lagi.
  • Gunakan Ringlights flash yaitu flashgun yang di khususkan untuk fotografi makro.
  • Untuk serangga/hewan yang bergerak cepat/aktif melkitakan pergerakan dan tidak pernah membisu cobalah memakai shutter speed yang cepat, lantaran dengan cara ini akan membekukan agresi dari pergerakan binatang yang kita bidik, ini akan menciptakan gambar yang kita hasilkan lebih menarik. Terlebih jikalau binatang yang kita bidik sedang berburu masakan atau berkerumun dengan teman-temannya, ini akan menciptakan lebih menarik lagi gambar yang akan kita dapatkan.
  • Cobalah bereksperimen dengan memakai nkedua jennis fokus yaitu otomatis dan manual untuk menilik manakah yang menghasilkan gambar kebih maksimal lagi.
Mungkin itu saja yang sanggup aku berikan isu ihwal tips untuk fotografi makro serangga biar goresan pena yang aku buat ini sanggup menabah ilmu dan wawasan bagi kita kususnya bagi yang sedang menggeluti dunia fotografi. Salam jepret, hehe.

Sumber http://info-dslr.blogspot.com

Related Posts