Cara Memperbaiki layar Smartphone yang retak

shares

Cara Memperbaiki layar Smartphone yang retak - Hallo sahabat PUSATRIK.COM, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Memperbaiki layar Smartphone yang retak, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel cara memperbaiki, Artikel layar, Artikel smartphone, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca Juga Dong

 Jangan Abaikan Kondisi Layar Handphone yang Pecah Lama  Sudah menjadi hal yang umum, jika layar merupakan salah satu komponen smartphone yang sensitif dan mempunyai risiko kerusakan tinggi? Karena, letaknya berada di bagian terluar bodi hp android.

BACA JUGA
  Wajah Imut, Siapa Sangka Nissa Sabyan Lulusan SMK Ototronik
Cara Kunci sinyal 4G untuk HP Xiaomi dan Infinix

Karena itulah, menjaga layar ponsel membutuhkan perlakuan khusus dan terbilang spesifik. Kamu kudu melakukan pemeliharaan secara berkala dengan menggunakan alat yang bersifat lembut. Ternyata, menjaga layar ponsel mudah dan praktis, jika kamu rajin melakukannya. Berikut ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu lakukan supaya layar ponsel kamu tak cepat baret. Nah kalau sudah terjadi baret baret atau retak nanti akan diberikan tips untuk memperbaikinya.

1. Lapisi dengan Pelindung Tambahan
Layar hp android pecah atau retak adalah jenis kerusakan terparah pada ponsel pintar saat tak sengaja terjatuh. Beberapa merek ponsel kebanyakan sudah melengkapi perangkat ponsel besutannya menggunakan pelindung layar bawaan. Biasanya, layar dilapisi dengan pelindung layar Gorilla Glass.  Jangan Abaikan Kondisi Layar Handphone yang Pecah Lama Walaupun Gorilla Glass dibuat untuk tahan terhadap benda tajam atau tumpul, tapi tak sepenuhnya dapat menjaga layar dari kerusakan dan goresan. Layar dengan perlindungan Gorilla Glass memang jarang terkena goresan kasar, tapi kerap terdapat goresan halus. Untuk menghindari hal tersebut, tak ada salahnya bila Sobat melindungi layar smartphone dengan pelindung tambahan. Tapi ingat, pilih pelindung layar yang baik agar performa sentuhan layar tetap berjalan dengan baik.

2. Pakai Kain Microfiber
Kain microfiber { untuk membersihkan layar ponsel Kain microfiber yang sering digunakan untuk mengusap atau membersihkan lensa kacamata, direkomendasikan untuk membersihkan permukaan layar smartphone karena mempunyai permukaan yang halus dan lembut.
[caption id="" align="aligncenter" width="569"]Kain Microfiber

Kain Microfiber untuk membersihkan smartphone[/caption]
Jangan membersihkan permukaan layar smartphone dengan kain yang kasar, seperti pakaian karena bisa membuat goresan halus. Kamu juga tidak dianjurkan untuk memakai tissue karena terbuat dari bahan daur ulang seperti kertas. Masih ada lagi tips untuk menjaga layar ponsel lho lihat aja dulu 

3. Aplikasikan Cairan Pembersih dengan Benar 
Kotoran di hp android berlayar rusak pun bisa dipindahkan dengan mudah. Ketika memakai cairan pembersih, jangan semprotkan ke permukaan layar secara langsung. Ada baiknya, kamu semprotkan terlebih dahulu ke kain pembersih. Kalau langsung disemprotkan dengan cairan pembersih diklaim dapat membuat layar smartphone rusak akibat cairan pembersih mengandung unsur kimia yang dapat meresap ke dalam panel layar. 
4. Jauhkan Kuku Pada dasarnya, penggunaan layar sentuh wajarnya menggunakan jari. Akan tetapi, pengguna, terlebih wanita sering menyentuh layar dengan memakai kuku mereka yang panjang. 
 Jangan Abaikan Kondisi Layar Handphone yang Pecah Lama 

Perlu diketahui, bagian tajam dari kuku lama-kelamaan bisa membuat bekas di layar seperti goresan. Hasilnya, layar ponsel menjadi tidak sedap dipandang dan dapat mengurangi sensitivitas layar sentuh. Simak cara memperbaiki layar smartphone yang rusak di halaman selanjutnya Memperbaiki Layar Sentuh Smartphone yang Rusak Sebagian Jika touchscreen smartphone kamu cuma rusak atau retak sebagian saja (tidak semua bagian layar rusak), maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendiagnosa atau melakukan pengecekan. Bisa saja, layar Smartphone kawan menunjukkan ciri-ciri yang sama dengan tanda-tanda layar LCD laptop rusak. Baiklah, jika kamu sudah siap untuk memperbaiki Smartphone kawan yang retak, sekarang kami akan berbagi tips cara-caranya: Dimulai dengan buka menu Setting atau Pengaturan dan temukan pilihan kalibrasi layar pada HP anda. Setelah itu, kamu ikuti perintah – perintah yang tampil pada layar. Biasanya, hal pertama yang akan diminta adalah sobat mengklik atau melakukan tap (sentuhan) di sembarang tempat pada layar. Kemudian sentuh layar, tepatnya di titik tengah kalibrasi layar. Kemudian, lanjutkan sentuhan di tempat-tempat yang diinginkan oleh sistem. Biasanya dengan cara ini, kerusakan kecil yang telah terjadi pada layar sentuh Smartphone kawan akan menjadi normal. 
 Jangan Abaikan Kondisi Layar Handphone yang Pecah Lama 

Namun, kalau cara di atas masih tidak efektif untuk memperbaiki layar sentuh HP kamu, maka anda harus melakukan “factory reset” atau mengembalikan setting Ponsel Cerdas ke pengaturan awal dari pabrik. Karena cara kerja factory reset ini mirip dengan cara instal ulang laptop, sobat perlu melakukan backup data penting anda terlebih dahulu yang tersimpan di memori internal Smartphone.

Memperbaiki Touchscreen yang Pecah atau Retak
Yup, sekarang saatnya kami untuk memberikan tips memperbaiki touchscreen Smartphone yang pecah atau retak.

Berikut ini langkah-langkahnya: Kalau layar Smartphone anda pecah, muncul garis-garis panjang pada layar, serta sudah tidak dapat berfungsi (touchscreen tidak bekerja),

1. Coba direset ulang terlebih dahulu langkah mulai yang wajib kamu lakukan adalah mencoba untuk melakukan flash / reset ulang firmware HP anda.

2. Ganti dengan layar baru jika tidak dapat teratasi dengan reset factory
Jika firmware Ponsel Canggih anda sudah di-reset ulang, tetapi layar touchscreen HP anda masih tidak dapat bekerja, maka sama halnya untuk mengatasi LCD laptop pecah, solusi satu- satunya untuk memperbaiki masalah tersebut adalah mengganti layar HP anda dengan yang baru. Pastinya, sobat harus sesuaikan dengan type HP yang kamu gunakan.

Cara membuka dan memasang layar smartphone yang rusak lihat di halaman selanjutnya Untuk membuka bagian layar ini persiapkan dahulu hair dryer, pisau tipis. Langkahnya adalah panasi dahulu kacanya agar lem yang lengket di kaca meleleh, sehingga kaca mudah dilepas. Kalau sudah professional boleh memakai pemanas khusus untuk mengangkat kaca bukan memakai hairdryer. Banyak dipasarkan di pasaran alat ini. Namun boleh kawan coba dengan menggunakan hairdryer. Harus diperhatikan. Jika lem belum cair, jangan pernah lepas paksa karena, bisa berakibat lcd menjadi pecah.  Jangan Abaikan Kondisi Layar Handphone yang Pecah Lama Buka kaca dengan pisau yang halus. Bukalah dengan waspada dan pelan-pelan. Kuncinya di sini. Kalau kamu berhasil, untunglah kawan. Bisa juga memakai pick gitar, buka pelan-pelan dengan menggunakan alat ini. Jangan lupa panasi sekali lagi. Kalau sudah copot bagian kacanya, tinggal sobat bersihkan sisa-sisa kaca di LCD. Baru ganti kaca dengan kaca yang baru. Masih ada lagi cara memperbaiki kaca kamera simak agar lebih paham dan berhati hati

Memperbaiki Kaca Kamera untuk Ponsel Canggih Tertentu
Jangan salah, kaca pelindung lensa kamera pada Smartphone sobat pun rawan untuk retak ketika terjatuh. Ditambah pada kaca pelindung lensa dari beberapa HP keluaran Samsung, iPhone dan sejenisnya. Ada sedikit perbedaan dalam memperbaiki kaca kamera yang retak pada merek-merek tersebut, karena mode dan tipe yang berbeda diharuskan perawatan sendiri. Alat-alat yang perlu sobat siapkan adalah kaca kamera, hairdryer dan perkakas khusus.  Jangan Abaikan Kondisi Layar Handphone yang Pecah Lama
Berikut ini langkah-langkahnya:
Buka casing belakang Ponsel Cerdas. Pastikan Ponsel Cerdas anda dalam kondisi mati untuk menghindari terjadinya korsleting listrik yang tersimpan pada baterai. Panaskan bagian belakang Smartphone dengan hairdryer selama satu menit. Dorong perlahan kaca dari bingkai handphone dengan alat pendorong (dapat berupa pinset atau sejenisnya) Lantas, ganti kaca kamera yang retak dengan kaca kamera yang baru.

 Lekatkan kaca kamera baru pada posisi layaknya kaca kamera sebelumnya. Setelah posisi dari kaca kamera sudah pas dan terpasang dengan baik, tutup kembali casing handphone kawan. Sebagai langkah perawatan, jangan lupa bersihkan terlebih dahulu kaca kamera dari debu yang menempel. Yakin mau coba? Atau lebih simpel bawa ke tukang servis professional terdekat.

Related Posts