Inilah alasan Kenapa Fitur Last Seen pada WhatsApp Harus dimatikan

WhatsApp memiliki banyak fitur diantaranya adalah fitur Last Seen (terakhir terlihat). Dengan fitur ini kamu bisa mengetahui orang yang masih aktif dalam chatmu.

Uniknya dengan aplikasi WhatsApp ini kamu juga bisa mengetahui kebiasaan orang lain. Memang benar WhatsApp memiliki enkripsi end-to-end atau hanya bisa diketahui oleh orang yang bersangkutan. Lebih jelasnya dengan fitur ini orang lain tidak bisa "mengintip" percakapan yang kita lakukan bersama orang lain. Bukan berarti tidak ada celah dalam sebuah sistem keamanan. Seperti slogan dari sebuah film "no sistem is safe" seorang software engineer yang bernama Robert Heaton berhasil menemukan bug untuk aplikasi chating ini.

Salah satu bug yang bisa dimasuki oleh Robert adalah kemungkinan memantau kebiasaan pengguna WhatsApp. Dikutip dari tribunnews.com kemungkinan ini bisa didapatkan dari salah satu fitur WhatsApp yaitu status online atau last seen dari akun WhatsApp user.
Inilah alasan Kenapa Fitur Last Seen pada WhatsApp Harus dimatikan
Last Seen adalah salah satu fitur yang memungkinkan lawan chating mengetahui kapan terakhir orang yang kamu ajak ngobrol itu aktif. Tetapi oleh Robert melalui status ini malah bisa menemukan celah yang memungkinkan untuk mengetahui kebiasaan user WhatsApp.

Seperti apa modus yang dilakukan Robert memanfaatkan fitur ini?

Robert membuat sebuah ekstensi yang bisa diinstal melalui Chrome untuk mengetahui kontak WhatsApp yang sedang online.
Kemudian ada 4 baris Javascript pada WhatsApp Web yang kemudian menjadi celah bagi Robert untuk menemukan data dari pengguna WhatsApp. Lantas Robert membuat perbandingan dari chating yang dilakukan.

Hasilnya menakjubkan yaitu waktu berkomunikasi, dengan siapa dan kapan seseorang tidur. Walaupun dinilai tidak berbahaya tetapi informasi ini ternyata bisa dijual kepada pihak yang membutuhkan terutama untuk target pemasaran yang memanfaatkan WhatsApp ataupun bukan.

Nah untuk langkah preventif kamu bisa menonaktifkan fitur last seen pada WhatsApp.
Bagaimana caranya? Ikuti langkah berikut ini.

#Cara untuk pengguna ponsel Smartphone bertipe Android

1. Buka terlebih dahulu aplikasi whatsapp yang sudah kamu instal pada smartphone/tablet

2. Pilih menu lantas pilih setting -> Privacy -> Last seen, kamu bisa memilih siapa saja yang bisa mengetahui status terakhir kamu online.
everybody (semua orang)
contacts (orang yang disimpan dalam kontakmu)
nobody (tidak ada yang boleh melihat last seen)

3. Kamu bisa memilih nobody jika anda tidak ingin siapapun bisa mengintip kapan terakhir anda memakai aplikasi whatsapp

4. Hanya perlu diingat dengan menonaktifkan fitur ini, kamu juga tidak akan bisa melihat orang lain terakhir online. Jadi pertimbangkan baik baik ya.

#Cara untuk Pengguna Smartphone tipe IPhone

1. Buka terlebih dahulu aplikasi whatsapp, masuk pada chat setting dan pilih menu Advanced

2. Selanjutnya kamu bisa memilih klik Last seen dan pilih turn it “off

Wah ternyata dari hal yang terlihat kecil ini seorang software engineer bisa mendapatkan banyak informasi berharga yang bisa dijual.

Karena informasi yang diberikan memang sangat penting yaitu kapan waktu orang biasanya aktif melakukan chating. Kapan beristirahat dari chating. Dan lain sebagainya yang pastinya membuka peluang untuk segmen pasar tertentu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel