7 Trik Mudah Whatsap Bikin Chatmu semakin Keren

Whatsapp adalah aplikasi yang paling banyak memiliki penggemar di Indonesia. Data ini diketahui dari laman We Are Social per Januari 2018. Menempati urutan kedua adalah Line dan BBM.

Untuk media sosial yang paling banyak dibuka oleh pengguna media sosial per Januari 2018, Whatsapp masuk urutan ke-tiga setelah Youtube dan Facebook.

Baca
Lebih Unggul mana Telegram Atau Whatsapp untuk Keperluan Bisnis?

Dengan kecanggihan dan banyaknya kemudahan yang ditawarkan Whatsapp yakni sms dan telpon gratis tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan menjadi alasan utama Whatsapp banyak dipakai. Walaupun banyak aplikasi serupa yakni telegram, yang juga memiliki kemiripan tetapi bisa dibilang menang Whatsapp karena sudah lebih dulu masuk ke Indonesia.
7 Trik Mudah Whatsap Bikin Chatmu semakin Keren
ilustrasi whatsapp dari labana.id

Nah, kalau kamu suka dengan Whatsapp dan berkreasi menggunakan kata kata mutiara bisa memakai salah satu trik ini agar pesan yang kamu kirimkan lebih menarik. Selain itu banyak manfaat dari fitur yang sudah disediakan Whatsapp yang mungkin belum kepikiran oleh kamu.

Banyak diantara fitur ini masih belum diketahui oleh banyak orang lho. Jadi pastikan kamu baca ya!

1. BuatPesan Tanpa Mengetik

Membuat pesan tanpa mengetik? Wah gimana yah? Ternyata Whatsapp memiliki fitur yang sangat memanjakan pengguna untuk menulis pesan tanpa harus capek menulis di ponsel apalagi jika kamu termasuk orang yang tipo.
Untuk memanfaatkan fitur ini kamu bisa mencoba dengan cara


  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Pilih kontak yang akan kamu kirim pesan.
  • Klik papan teks satu kali sehingga akan muncul tampilan keyboard.
  • Kemudian pilih gambar mikrofon pada keyboard, tekan agak lama. Setelah keluar dan mikrofon berwarna hijau, kamu bisa langsung ngomong tanpa harus mengetik maka otomatis tulisan yang kamu omongkan akan keluar. Dijamin tidak typo gan.
  • Kalau sudah selesai tinggal kirim saja.
    (Catatan : bahasa yang digunakan haruslah bahasa resmi, karena kalau bukan bahasa Resmi misalkan bahasa Indonesia maka tulisan tidak akan keluar. 
Kelebihan memakai trik ini adalah kamu tidak perlu lelah menulis kata kata. Hanya saja kamu akan butuh energi untuk ngomong di depan mikrofon. 

Mau Coba?


2. Mengatur File multimedia (foto/video/GIF) tidak tersimpan otomatis

Kalau tidak diatur, Whatsapp bisa saja menjadi aplikasi yang akan membuat Smartphone kamu Hang. Hal ini bisa saja karena penyimpanan media yang terlalu over, sehingga mengakibatkan memori menjadi kecil dan kerja menjadi berat. Makanya mengatur file yang akan diunduh otomatis pada Whatsapp itu juga penting.

Mengunduh otomatis file foto dan Video pada Whatsapp memang salah satu fitur Whatsapp yang sangat memudahkan pengguna. Nah kamu bisa mengatur berkas apa saja yang layak untuk diunduh otomatis atau tidak.

Untuk pengaturannya pertama tekan titik tiga biasanya terletak di atas, kemudian langsung menuju Setelan. Kemudian pilih media penyimpanan.

Nah pada pengaturan ini dibagikan menjadi 3 macam kondisi yaitu menu unduh otomatis data seluler yang kedua ketika memakai wifi dan yang ketika saat kamu sedang roaming tentunya disesuaikan dengan kebutuhanmu.
Kamu bisa menyeleksi apa saja yang kamu butuhkan ketika memakai paket data, Wifi atau bahkan saat anda Roaming bepergian ke luar negeri.

- Setelah tanda centang hilang lalu klik 'Ok'.

3. Teks tebal, miring, dan teks coret

Whatsaap juga menyediakan cara untuk menulis tebal. Tulisan tebal ini lumayan membantu, untuk penekanan tertentu.

Bold (cetak tebal)

Caranya simpel kamu cukup menuliskan tanpa spasi pada kata yang akan kamu buat tebal memakai tanda bintang (*) lalu kamu tutup juga tanpa spasi memakai tanda bintang (*). Sebagai contoh misalkan kata Tebal  maka kamu tulis menjadi >> *Tebal*. Contoh untuk dua kata misalnya Pusatrik Ok maka bisa kamu tulis dengan *Pusatrik Ok* ingat jangan diberi spasi dari penutupnya.

Italic (cetak miring)
Sama seperti membuat kata menjadi tebal, Whatsapp juga menyediakan cetak miring. Bedanya adalah pada kode yang digunakan. Untuk cetak miring kamu bisa menggunakan tanda underscore (_) di depan dan belakang teks yang diinginkan, misalnya _miring_ maka hasilnya akan menjadi miring. 

Strikethrough (teks yang dicoret)
Bisa juga dengan membuat teks yang dicoret. Teks yang dicoret ini bisa digunakan untuk menunjukkan kesalahan penulisan dan lain sebagainya. Caranya cukup tambahkan tanda tilde (~) sebelum dan sesudah kata yang diinginkan. Catatan jangan dikasih spasi.

Kamu juga bisa menggabungkan misalkan Tebal miring maka bisa kamu coba seperti ini.
Bagaimana kalau nanti makan siang bersama?
Maka kamu bisa menuliskan dengan
Bagaimana kalau nanti *_makan siang bersama_*?
Ok mudah bukan

4. Backup percakapan
Membackup percakapan atau membuat cadangan percakapan bisa saja penting apalagi jika banyak percakapan yang mencakup bisnis. Tentunya menjadi hal yang harus dilakukan agar data pelanggan tidak hilang.

Ini Trik Mudah Baca Pesan WhatsApp Tanpa Perlu Terlihat Online
Caranya mudah yaitu masuk menu setting atau pengaturan. Kemudian cari tulisan Chat dan Chat Backup. Kamu bisa membuat file cadangan percakapannya ke dalam Google Drive yang terkoneksi langsung pada smartphone kamu.

Dengan melakukan setting ini maka kamu tidak perlu repot memikirkan chat penting yang akan hilang. Hanya saja backup ini tidak setiap saat dilakukan.

5. Simpan percakapan
Mirip dengan fitur Backup Percakapan, hanya saja menyimpannya bisa menggunakan email. Trus jika memakai cara ini maka data yang disimpan adalah satu persatu.

Caranya yaitu buka teks obrolan yang ingin kamu simpan, kemudian pilih lanjutkan. Setelah itu langsung pilih Email Chat.
Ya tidak berbeda jauh dengan mengirimkan email, bahkan kamu bisa menambahkan opsi untuk menyertakan gambar atau video dalam percakapan tersebut atau tidak.

6. Balas pesan yang tenggelam di grup

Lama tidak buka pesan di grup tetapi ingin membalas pesan yang sudah lama. Padahal pesan tersebut ditujukan untuk anda. Kamu bisa mereply atau membalas pesan tersebut. Dan orang yang telah dijawab pesannya secara otomatis mendapat pemberitahuan khusus bahwa kamu telah menjawab pesan yang dibuatnya.

Untuk membuat reply atau balasan bisa dilakukan dengan dua cara semuanya menurut saya simpel dan mudah tergantung kebiasaan kamu tentunya.

Cara pertama adalah dengan menekan lama teks yang akan kamu balas. Lalu setelah itu bisa kamu langsung menulis pesan jawaban untuk teks tersebut.

Cara kedua adalah dengan klik pada pesan yang ingin kamu balas kemudian setelah itu kamu cari tombol berikut ini (biasanya terdapat di atas). Kamu kemudian bisa langsung menuliskan balasan untuk pesan yang dimaksud.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel