Cara Simple Menghilangkan Embun di Kamera Smartphone

shares

Cara Simple Menghilangkan Embun di Kamera Smartphone - Hallo sahabat PUSATRIK.COM, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Simple Menghilangkan Embun di Kamera Smartphone , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel PC Trik, Artikel smartphone, Artikel trik android, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca Juga Dong

Memiliki kamera ponsel yang bagus akan membuat kamu lebih gila selfie. Bahkan yang tadinya tidak suka foto foto pasti juga bisa suka untuk jepret gambar. Sayangnya ketika kamera berembun hasilnya bisa membuat kamu shock. Yang tadinya bening berubah jadi kusam atau yang biasa kusam tambah kusam. Embun ini bisa disebabkan oleh hujan atau ada air yang berhasil masuk ke pelindung kaca kamera kemudian menguap ketika kena panas.
Cara Simple Menghilangkan Embun di Kamera Smartphone
Yah bisa dibilang air yang masuk ini sulit keluar. Mudah masuk tetapi sulit keluar kan sakit. Ya nggak. Nah oleh karena itu admin kali ini akan berbagi trik simple agar embun atau air ini mudah hilang sehingga jepretan kamu akan kembali cantik.



1. Pakai Silica Gel

Silica Gel ini bisa kamu dapatkan pada berbagai macam botol obat, atau sepatu baru atau semua benda yang membutuhkan kekeringan di dalamnya. Nah ketika kamu sulit cari silica gel cobalah datang ke apotek untuk membeli obat yang ada dalam botol biasanya ada silica gelnya.

Nah kalau kamu sudah dapat silica bisa langsung dipakai pada smartphone kamu. Caranya adalah lepas bagian baterai (kalau smartphone kamu adalah removable). Atau cukup diletakkan saja silica ini di samping atau ditabur di dekat kamera HP. Masukkan pada sebuah wadah atau tempat yang bisa tertutup.

Setelah itu tutup rapat wadah bersama dengan silica gel ini. Diamkan semalam agar air yang biasanya mengembun ini hilang diserap oleh silica gel.


2. Lebih ngirit Pakai Beras

Kalau silica gel ternyata sulit didapatkan kamu bisa memakai beras sebagai alternatif. Memiliki fungsi yang sama yaitu menyerap air, beras ini akan kita pakai untuk menyedot air yang ada pada kamera anda.

Caranya adalah cukup masukkan smartphone anda ketika tidur di dalam tumpukan beras. Tetapi pastikan kamu bilang terlebih dahulu ke ibu atau orang yang sering mendekati beras agar tidak diciduk malah dimasak kan repot ya gaes.

Nah setelah semalaman ditanam pada beras, kamu bisa membersihkan kotoran putih yang menempel di smartphone. Jangan khawatir kotoran ini adalah tepung beras. Jadi aman saja kawan.

3. Sinar Matahari 
Simpel sekali bukan memakai sinar matahari ini sangat mudah bukan. Tetapi caranya bukan langsung dijemur langsung ya gaes. Karena dengan menjemur langsung bisa membuat kamera akan rusak. Apalagi ketika terkena panas terik dan ada air yang berusaha keluar, bisa bisa kacanya akan mengalami degradasi suhu yang membuat retak kecil pada kaca kamera.

Tipsny adalah letakkan pada sebuah wadah tertutup misalnya baskom ditutup dengan kain. Kemudian smartphone dimasukkan ke dalamnya.

Cara ini biasanya manjur untuk smartphone yang memiliki sedikit embun saja. Jangan pernah menjemur HP terlalu lama karena bisa hilang diambil orang.


4. Lampu
Pakai silica gel sulit, cari beras lagi kosong. Dijemur lagi mendung, ya kamu bisa menjemur pakai lampu. Cara ini terbilang lebih mudah. Cukup letakkan kamera HP menghadap lampu. Biarkan nanti lama lama embun akan hilang.

5. Kipas Laptop
Sulit cari lampu bisa coba kipas laptop. Cara ini cocok untuk kamu pria kreatif. Caranya adalah letakkan smartphone kamu di samping lubang yang mengalir angin hangat laptop. Dari hembusan udara ini nantinya diharapkan embun bisa terbang terbawa angin. Yang penting siapkan hati terlebih dahulu agar tidak ikut terbang terbuai angan.


6. Hair Dryer
Nah kalau kamu cewek dan punya hair dryer (pengering rambut) maka ngga usak memakai kipas laptop untuk mengeringkan embun pada kamera. Cukup disemprot saja memakai angin hangat yang keluar dari moncong hair dryer.

Angin sepoi sepoi hangat ini bisa membawa embun terbang. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan embun yang menempel di lensa kamera anda.
Caranya adalah angin hair dryer dimasukkan melalui lubang lubang pada smartphone.

Tips Agar Kamera HP Tidak Berembun


1. Tutup Semua Aplikasi
Misalnya kamu jalan jalan dan ingin selfi di tempat berair. Pastikan jangan memakai aplikasi terlalu banyak karena panas radiasi smartphone bisa membuat air mendidih dan uapnya masuk ke dalam kamera smartphone. Mungkin tidak mendidih seluruhnya, tetapi kalau sebagian kecil air yang nempel di hp menguap masuk ke bawah lensa kamera kan sulit keluarnya nanti. Karena bisa dibilang air ini adalah air yang tersesat mencari jalan pulang.

2. Tidak cukup dengan Plastik, Bungkus HP dengan Kain
Ketika hujan mengguyur, sebaiknya memang tidak hanya dibungkus plastik saja. Memakai kain kering juga bisa mencegah embun kecil masuk ke dalam smartphone anda.
HP yang memiliki temperatur panas bisa membuat air di sekitar mengembun dan masuk ke dalam plastik. Tetapi ketika ada kain maka panas ini akan diredam oleh kain sehingga tidak terjadi pengembunan.
Beda cerita kalau plastiknya yang bocor ya gaes.

Related Posts