Jarang Tahu Inilah 15 Perbedaan Linux dan Windows

shares

Jarang Tahu Inilah 15 Perbedaan Linux dan Windows - Hallo sahabat PUSATRIK.COM, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Jarang Tahu Inilah 15 Perbedaan Linux dan Windows, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel jaringan komputer, Artikel Komputer, Artikel MASALAH KOMPUTER, Artikel TIPS, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca Juga Dong

Sistem Operasi atau Operating System (OS) adalah bagian dari sebuah perangkat baik itu smartphone maupun PC (Personal Computer). Karena bisa dibilang sistem operasi adalah jantung dari sebuah perangkat. Kalau pada HP bisa dibilang Android dan Apple sedangkan untuk PC terkenal 2 OS yang paling mumpuni yaitu Linux dan Windows.

Dua raksasa OS untuk komputer ini sudah dikenal dan perlu dikenal dengan baik walaupun kamu mungkin tidak terlalu sering memegang komputer.

Windows sendiri memiliki banyak varian dan model mulai dari Windows 7, Windows 8, sampai Windows 10, serta windows paling jadul mungkin kamu belum lahir adalah windows NT. Sedangkan untuk Linux sendiri juga memiliki berbagai varian tetapi dari dari segi kernel yang dipakai tetaplah sama.

Lantas apa manfaat mengetahui OS yang musti terinstal di komputermu?
Banyak sekali manfaat mengetahui perbedaan antara Linux dan Windows, karena akan mempermudah untuk menentukan manakah OS yang akan dipasang sebagai mesin penggerak di komputermu.

Sebagai gambaran, jika kamu adalah seorang gamers atau penikmat desain grafis, maka kamu bisa memilih Windows sebagai mesin penggerak komputermu. Sedangkan jika kamu adalah seorang profesional dan menjadikan komputer sebagai server maka Linux adalah pilihan yang tepat.

Lebih rinci inilah 15 perbedaan Linux dan Windows yang mungkin kamu belum tahu.

1. Dilihat dari segi harga
Siapa yang belum pernah melihat komputer berbasis Windows, hampir semua komputer di Indonesia terpasang Windows. Entah itu windows yang berbayar maupun demos tetapi banyak sekali komputer yang terpasang dan memakai aplikasi Windows. Sedangkan Linux sendiri adalah sistem operasi yang open source atau gratis. Jadi kalau kamu memakai Linux otomatis gratis.

2. Perbedaan dari segi penampilan
Tampilan tentunya Windows lebih baik dibanding Linux, tetapi bukan berarti tampilan Linux tidak baik. Linux juga selalu memperbaiki dan menghadirkan tampilan yang lebih bagus untuk penggunanya.

Seperti di atas adalah salah satu tampilan Linux

Tampilan Windows 10

3. Perbedaan dari segi keamanan
Nah inilah kelebihan Linux, walaupun Windows juga memiliki sistem keamanan, tetapi untuk sistem operasi Linux lebih sedikit virus yang dikembangkan. Sedangkan untuk Windows sendiri banyak virus merajalela misalnya virus shorcut. Virus karya anak bangsa ini patut diapresiasi karena berhasil membuat heboh dan menyebalkan sekali. Jadi dalam tanda kutip Linux lebih aman dari pada Windows, karena lebih sedikit virus yang beredar untuk Linux. Virus pada Windows tidak akan bisa jalan di sistem operasi Linux, begitu juga sebaliknya.

4. Perbedaan dari segi ketersediaan perangkat lunak yang bisa dipakai
Sama seperti android yang memiliki banyak pelanggan, maka akan bertebaran aplikasi yang mungkin tidak ditemukan di Apple. Windows yang memiliki lebih banyak pelanggan juga memiliki variasi aplikasi yang lebih beragam. Bukan berarti tidak ada aplikasi serupa untuk Linux.

Sebagai gambaran, developer game yang membutuhkan grafis tinggi biasanya akan menanamkan aplikasinya di Windows. Tetapi kamu tidak akan menemukan hal itu untuk Linux. Bukan berarti tidak ada kemungkinan kedepan nanti juga akan dikembangkan game yang menyasar untuk pengguna Linux.

5. Perbedaan dari segi penggunaan sistem operasi
Walaupun melihat penggunaan sistem operasi Windows tampak lebih lengkap misalkan untuk berbgai komputer yang ada di kantoran dengan format .doc atau untuk pembuatan presentasi biasanya orang akan membuka dengan operating sistem dalam hal ini adalah Windows. Karena mereka tidak mau ribet mencari komputer yang support untuk aplikasi.
Sebagai gambaran walaupun dalam Linux juga terdapat aplikasi untuk membuat dokumen, table dan presentasi tetapi orang akan lebih memilih Windows karena lebih banyak komputer yang support ketika membuka dokumen itu di komputer yang berbasis Windows misalnya Microsoft Word.

Tetapi jangan heran orang akan lebih memilih operating sistem berbasis Linux bagi mereka yang membutuhkan keamanan tinggi, misalnya komputer server, administrasi LAN kantor, Web proxy, SSH dan lain sebagainya.

6. Perbedaan dari segi pengembangan kode
Banyak programmer yang lebih sering otak atik di Linux, kenapa? Karena Windows adalah sistem operasi yang tertutup. Jadi yang bisa otak atik hanya orang yang bekerja di pabrik Windows atau bisa dibilang teknisi Windows saja. Berbeda dengan itu, Linux memberi kesempatan yang besar untuk semua pengguna berkreasi karena menggunakan open source. Nah dari sinilah muncul berbagai kreativitas yang tidak akan ditemukan jika kamu memakai sistem operasi Windows.

7. Perbedaan dari segi dukungan driver
Berbeda dengan Windows dukungan hardware untuk Linux juga lebih sedikit. Hal ini sering menjadi kendala karena memang terkadang sulit ditemukan. Walaupun bisa dikanibal dengan driver lain agar piranti keras itu bisa bekerja dengan baik.

Windows biasanya sudah lebih lengkap untuk dukungan driver. Sehingga performa dan penampilan Windows lebih menang karena untuk driver sendiri sudah disediakan oleh penjual. Sebagai contoh kamu membeli Laptop dengan merek HP terbaru maka driver yang disediakan biasanya adalah untuk Windows 10 saja. Bahkan untuk Windows 8/7 kamu juga akan sulit mencari driver yang kompatible.

8. Perbedaan dari segi Hak Atas Kekayaan Intelektual
Linux dan program bawaannya adalah software yang gratis, berbeda dengan Windows yang harus memiliki lisensi berbayar terlebih dahulu.


9. Perbedaan dari segi partisi sistem

Linux menggunakan beberapa jenis partisi, misalnya ext2, ext3, reiserfs, xfs, jfs, FAT32, NTFS, dan lain sebagainya. Sementara Windows pada umumnya mendukung format partisi NTFS, exFAT, FAT32, FAT dan lain sebagainya.
Bisa dibilang sistem operasi Windows akan lebih sulit membaca file sistem dari Linux. Sedangkan untuk Linux kemungkinan bisa membaca partisi yang dibuat oleh Windows.

Selain perbedaan di atas ada juga perbedaan beriktu ini.

  • Linux dapat dibagikan dari berbagai pihak, tetapi untuk Windows secara resmi harus berada di bawah bendera Microsoft.
  • Linux lebih hemat tempat penyimpanan /resources bila dibandingkan dengan Windows
  • Linux memiliki banyak jenis distro yang berasal dari banyak pihak, tetapi untuk Windows sekalipun punya banyak versi tetapi hanya dikeluarkan oleh Microsoft
  • Memakai untuk penggunaan kantoran Windows lebih mudah atau lebih user friendly, sementara untuk sistem yang tidak harus dipegang banyak orang seperti networking sebaiknya memakai sistem Linux biar tidak mudah diotak atik orang iseng.
  • Linux lebih kebal terhadap spyware karena banyaknya spyware bertebaran di internet adalah untuk pengguna Windows

Related Posts