google-site-verification=UES8Z0aRJbtE1Gb4ZyHBN69EWU5404X-VqbouzRkOVI Sebal dengan Force Close, Ini 4 Cara Ampuh mengatasinya - PUSATRIK.COM

Sebal dengan Force Close, Ini 4 Cara Ampuh mengatasinya

Mungkin kamu pernah mengalami smartphone tiba tiba force close tanpa tahu sebabnya. Memang untuk beberapa smartphone ada yang tiba tiba muncul notifikasi force close dan itu sangat menggangu ketika kamu sedang mengoperasikan smartphone. Hal ini diakibatkan oleh kesalahan smartphone pada android.

Jangan pernah membiarkan satu masalah berkembang tanpa menyelesaikan terlebih dahulu karena bisa mengakibatkan masalah yang lain. Jadi kamu juga harus menyelesaikan force close yang mungkin terjadi di smartphone kamu.
Sebal dengan Force Close, Ini 4 Cara Ampuh mengatasinya
Dikutip dari Android Authority berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi dan mencegah force close pada smartphone.

Bersihkan Cache Setiap Aplikasi
Force Close bisa terjadi karena cache yang menumpuk dan jarang dibersihkan. Cache ini memang sangat membantu kerja ram, tetapi kalau menumpuk jatuhnya tetap jadi sampah. Sedangkan cara membersihkannya bisa mengikuti langkah berikut ini.

  • Pertama masuk pada menu Settings/Pengaturan 
  • Cari Application Management/Management Aplikasi
  • Kemudian pilih satu persatu aplikasi yang dirasa tidak terpakai tetapi berat. 
  • Klik Clear Cache.

Cara yang sebenarnya sangat simpel sebenarnya.Tetapi kalau memakai trik ini belum sukses dalam artian masih ada force close maka kamu bisa memilih clear data untuk menghapus semua data yang pernah tersimpan dalam aplikasi tersebut. Jadi clear data ini berfungsi membersihkan semua data sama seperti saat pertama kali diinstal.

Install Ulang Aplikasi yang sering Force Close
Kalau langkah pertama belum sukses, maka kamu bisa mencoba langkah kedua yakni instal ulang aplikasi yang sering terkena force close.
Caranya adalah dengan menguninstal atau menghapus aplikasi tersebut, kemudian kembali menginstal ulang aplikasi itu.
Penginstalan sebaiknya langsung memakai google play bukan dari sumber yang lain.

Restart Smartphone
Cara yang terbilang paling simpel untuk mengatasi force close adalah dengan restart atau mulai ulang smartphone. Dengan cara ini walaupun memakan banyak baterai tetapi cukup ampuh untuk mengatasi force close, tetapi biasanya tidak akan tuntas.

Factory Reset / Kembali ke pengaturan pabrik
Mungkin terdengar horor tetapi cara ini adalah cara paling manjur dan solusi terakhir jika masalah yang kamu temui tidak bisa diselesaikan baik baik. Tetapi perlu kamu ingat, kamu harus membackup terlebih dahulu data yang menurut kamu penting.

Karena dengan melakukan factory reset berarti semua data dan pengaturan akan kembali sama seperti saat pertama kali kamu membeli smartphone itu.
Cara mengembalikan ke pengaturan pabrik /factory reset juga cukup mudah, Anda hanya perlu masuk menu setting, lalu pilih factory reset. Tunggu sebentar sampai restart taraa...

Smartphone kamu kembali menjadi baru lagi... Selamat yaa.... Semoga sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel