Beginilah Proses Terjadinya Suara Pada Piano

Piano merupakan alat musik yang sangat terkenal di seluruh dunia. Proses terjadinya suara pada piano juga tidak terlalu rumit. Dalam artikel ini tidak hanya dijelaskan proses terjadinya suara pada piano saja gaes. Tetapi juga langkah mendeteksi kerusakan pada piano dan apa sih bedanya suara piano dan suara alat musik lain misalnya gitar.
Beginilah Proses Terjadinya Suara Pada Piano
Oke sebelum itu jangan lupa untuk membaca artikel pilihan kami yang lain berikut ini ya.
Ternyata inilah Makanan Semut Krangkang
Suara piano yang keluar berasal dari senar yang dipukul saat tuts ditekan. Jadi ketika tuts ditekan akan ada palu yang memukul senar dari bawah, tetapi suaranya sangatlah lembut saja. Nah ujung senar ini tersambung dalam bridge yang menempel pada papan suara untuk menciptakan resonansi. Nah akibatnya suara yang berasal dari tuts kemudian mengakibatkan palu / hammer memukul senar ini diteruskan ke sound board akan menciptakan suara yang bisa menggetarkan udara. Seluruh piano terlebih papan suara akan bergetar untuk menghasilkan harmoni dari suara yang terjadi.

Ilustrasinya seperti gambar berikut ini.

Beginilah Proses Terjadinya Suara Pada Piano Cara mendeteksi kerusakan piano

Piano seringkali menghasilkan suara yang tidak indah, ternyata itu bisa terjadi karena memang piano adalah salah satu buatan manusia yang luar biasa. Nah berikut ini adalah 4 hal utama yang sering menjadi penyebab suara pada piano kurang cantik.

1. Lihat dan amati bagian tuts piano. Nah kalau bagian tuts-nya sudah terlihat aus maka berarti terjadi masalah berat pada bagian dalamnya.
Tekan terlebih dulu pada tuts yang terlihat aus ini apakah terdapat kendala pada suaranya atau tidak. Kalau ada suara yang tidak seharusnya seperti getaran atau dengung yang tidak tepat hal ini menunjukkan ada kerusakan pada interior piano.

 2. Lihat dan amati retakan pada piano. Retakan/sambungan pada piano bisa saja memudar. Hal ini bisa diakibatkan oleh kelembaban, sehingga kayunya ikut rusak. Kalau kerusakannya sampai bagian eksterior maka akan mempengaruhi suara atau bunyi piano.
Beberapa Mitos yang salah tentang Ngecas HP
 3. Lihat dan amati bagian pedal piano. Tidak ketinggalan, pedal juga memiliki andil dalam piano. Bahkan pedal yang sudah tidak bisa bergerak sama sekali merupakan masalah serius.

4. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihan dari piano. Walaupun biasanya piano adalah salah satu perangkat yang tahan, tetapi ternyata debu yang kecil juga bisa merusaknya. Jadi jangan sepelekan bahaya dari debu yang menempel pada piano.

Perbedaan suara antara Piano Dan Gitar

Perbedaan nya adalah Timbre / Tone Color

Semua alat musik memiliki, setiap alat musik memiliki “timbre” (baca: tamber) yang tidak sama, atau dikenal sebagai: warna tonal. Dengan warna tonal yang tidak sama, semua alat musik mempunyai keunikan tersendiri yang tidak bisa ditemukan pada alat musik lainnya.

Ekspresivitas vs Cara Produksi Suara

Karakteristik dari warna tonal inilah yang mempengaruhi kemampuan berekspresi, sebagai gambaran misalkan alat musik tiup maka lebih cenderung mempunyai tingkat ekspresivitas emosi yang lebih tinggi ditimbang dengan alat musik pukul. Karena alat musik tiup bisa menghasilkan vibra yang mengikuti pemainnya. Berbeda dengan alat musik pukul yang cenderung menghasilkan vibra yang lebih terbatas dalam penyampaian emosi.

Kemampuan Produksi Jumlah Nada Bersamaan vs Bentuk
Bentuk alat musik sangat berpengaruh dalam menghasilkan nada yang indah. Misalkan gitar, yang terdiri atas 6 senar maka akan didapatkan maksimal 6 nada jernih yang dihasilkan bersamaan. 

Berbeda dengan piano yang memiliki banyak senar. Dilihat dari bentuknya, piano dapat menghasilkan lebih dari 10 nada secara bersamaan. Bahkan lebih, lho kok lebih dari 10, padahal jari cuma 10. Coba pakai papan kayu kemudian tekan bersamaan akan dihasilkan lebih dari 10 nada bukan? :D 

Jadi kesimpulannya setiap alat musik memiliki keunikan. Namun untuk gitar dan piano tetap memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Misalkan piano memiliki kekurangan pada bidang mobilitas atau perpindahan dan ekspresivitas vibra, tetapi untuk jarak suara yang bisa dibuat lebih banyak. 

Sedangkan untuk gitar berlaku sebaliknya yaitu lebih ekspresif dan memiliki mobilitas yang lebih tinggi sedangkan kekurangannya adalah jumlah nada yang bisa dihasilkan secara bersamaan lebih sedikit dibanding piano.

Terima kasih sudah menyimak ulasan tentang  Proses Terjadinya Suara Pada Piano. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel