15 Tips Menjawab Wawancara Kerja dengan Cermat dan Mengena

Setelah tamat sekolah mungkin kita bisa merasakan senang juga deg degan karena kita akan memasuki fase sebenarnya yaitu bekerja. Saat memasuki usia kerja maka seseorang akan merasakan bosan saat tidak melakukan apapun yang bermanfaat. Pengalaman saat melamar kerja juga akan menjadi hal yang sangat mendebarkan. Belum ada rasa percaya diri apakah kita bisa masuk atau tidak. Terlebih jika masih fresh graduate (baru lulus). Perlu kamu tahu dalam pertanyaan yang diberikan, terdapat jebakan atau kata yang harus dijawab sesuai dengan harapan. Karena itulah yang menjadi kunci agar interview yang kita jalani bisa berjalan sukses.
15 Tips Menjawab Wawancara Kerja dengan Cermat dan Mengena
Artikel ini bersumber dari cermati.com yang berjudul "Tips Menjawab 10 Pertanyaan Jebakan saat Interview Kerja". Nah berbicara tentang pertanyaan jebakan, kamu jangan khawatir, karena tim HRD ini menyiapkan pertanyaan tertentu yang bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang anda. Kalau kamu bisa mengikuti dan melewati fase interview dengan baik maka selanjutnya akan lebih mudah.

1. Jelaskan tentang diri anda dengan percaya diri.

Terkesan simpel tetapi pertanyaan mendasar ini adalah pertanyaan paling penting. Tim HRD akan mengetahui gambaran tentang diri anda. Mereka akan menilai karakter anda apakah cocok atau tidak bekerjasama dengan mereka. Karakter pekerja adalah poin paling penting untuk suatu perusahaan. Pekerja dengan kepribadian yang utuh makan akan menarik perusahaan untuk membuka lowongan kerja, terlebih jika karakter itulah yang memang sedang dicari untuk mengisi kekosongan di perusahaan itu.

Jadi sebelum anda ditanyakan tentang diri anda, pastikan anda sudah mempersiapkan diri sebelumnya misalnya dengan 3 kata yang pas untuk diri anda yaitu jujur, pekerja keras, mudah bekerja sama, mudah berkomikasi dengan orang dan memiliki komitmen yang tinggi. Tentunya hal ini menyesuaikan dengan kebutuhan dari perusahaan tersebut dan calon pekerjaan yang sedang dibutuhkan. Dan paling penting karakter yang anda sebutkan memang sesuai dengan karakter anda seutuhnya.

2. Hal apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini?

Mengetahui latar belakang perusahaan yang sedang dilamar sebagai tempat bekerja juga penting. Sangat tidak lucu jika seseorang datang melamar kerja di trans7 kemudian dia tidak mengetahui trans7 itu apa? Calon karyawan juga tidak ada salahnya untuk mengetahui visi dan misi perusahaan. Jadi usahakan kamu browsing terlebih dahulu sekilas tentang perusahaan tempat kamu melamar kerja.

Usahakan ketika menjawab pertanyaan ini kamu sudah paham betul nilai positif dari perusahaan tempat kamu akan bekerja. Kalau kamu sudah pernah bekerja di perusahaan sebelumnya, jangan pernah membanding bandingkan dengan perusahaan yang sedang kamu datangi. Jelaskan hal positif yang membuat kamu termotivasi untuk bergabung dengan perusahaan ini, misalnya kelebihan perusahaan ini. Hal ini bisa membuat tim HRD melihat anda lebih dekat. Untung untung sudah bisa mengambil separuh hati tim HRD.

Baca Juga: Ternyata seperti ini Proses Terjadinya Suara Pada Piano

3. Mengapa Tertarik Bergabung ke Perusahaan ini?

Banyak orang yang gugur dengan pertanyaan sederhana ini. Misalnya dengan harapan kalau dengan bergabung dengan perusahan tersebut akan lebih nyaman dan gaji lebih tinggi. Pertanyaan di atas sebenarnya adalah penguatan dari pertanyaan poin ke dua di atas yakni motivasi utama untuk bergabung dengan perusahan tempat anda melamar kerja.


Jangan menjawab dengan jawaban yang kurang greget misalnya "gaji yang tinggi". Terlebih jika anda membuat olok olokan atau curhat tentang hal yang tidak nyaman di perusahan lama anda. Jika hal itu sampai terjadi maka bisa saja tim HRD menilai anda tidak loyal terhadap pekerjaan yang nantinya diberikan. Padahal tentunya setiap perusahan membutuhkan karyawan yang memiliki nilai loyalitas yang tinggi dan mau bekerja keras untuk perusahaan.

Carilah jawaban yang mengandung nilai positif misalnya menyalurkan bakat atau bisa juga dengan jawaban "sesuai passion". Atau jika yang dibutuhkan adalah pendidikan bisa dijawab sesuai dengan pendidikan dan jurusan yang dibutuhkan. Jadi pastikan jawaban yang diberikan adalah jawaban yang positif. Baik untuk anda maupun untuk perusahaan.

4. Apa Prestasi yang anda capai dalam berkarier?

Setiap orang pasti memiliki prestasi tersendiri dalam bidangnya. Perusahan tentu menginginkan hal tersebut. Hal ini juga bisa menggambarkan etos kerja yang baik untuk membangun perusahaan. Jadi jelaskan keberhasilan ketika anda berkarier dalam melakukan sesuatu dengan serius.

Jelaskan dengan jelas pekerjaan yang telah diselesaikan di perusahaan sebelumnya. Jangan lupa berikan contoh pekerjaan tersebut. Hal ini dilakukan untuk menambah keyakinan bahwa anda layak bekerja di perusahaan tempat anda melamar kerja.

Jika kamu adalah fresh graduate (baru lulus) maka ceritakan prestasi yang telah anda capai sebelumnya yang sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan. Jelaskan juga kalau anda memang baru lulus sekolah sehingga belum memiliki pengalaman bekerja,tetapi bukan hal itu yang menjadi inti. Fokuslah untuk menjelaskan prestasi yang memiliki jalur kompetensi yang dibutuhkan untuk pekerjaan yang dibutuhkan.


5. Anda akan diminta menjelaskan rencana anda ke depan.

Pertanyaan ini menguji anda untuk melihat visi ke depan. Karena perusahaan tentu tidak suka mencari orang yang datang dan pergi begitu saja atau dikenal istilah "kutu loncat". Perusahaan akan lebih senang jika anda menjelaskan tentang tujuan jangka panjang bersama dengan perusahaan. Fokuslah untuk menjadikan perusahaan sebagai bagian untuk mewujudkan harapan tersebut. Jangan menjawab yang terlintas di kepala tanpa berpikir panjang.


6. Gambarkan pekerjaan yang dilamar.

Bukanlah tugas anda menjelaskan tugas yang akan dilamar, tetapi setidaknya gambaran pekerjaan yang akan anda lakukan pada posisi yang anda lamar setidaknya harus tahu. Tim tentunya mempertimbangkan orang yang tidak mengerti sama sekali tugas tugas yang nantinya akan dikerjakan di posisi dia melamar kerja. Jika pelamar terkesan masih kosong, maka itu artinya butuh waktu lebih lama untuk memahami pekerjaan yang akan dilakukan nanti.

Sebaiknya pastikan informasi pekerjaan yang dilamar dan tanggung jawab yang harus diselesaikan. Jika kamu menjawab dengan penuh keyakinan dan tentunya sesuai dengan harapan tim HRD maka paling tidak kamu hanya perlu menunggu diterima di posisi ini.


7. Anda memang berpengalaman!

Pertanyaan yang mengocok emosi anda. Jika anda terlena bisa jadi akan menjadi sombong. Ujian yang sebenarnya adalah memainkan emosi anda agar tetap stabil. Jangan sampai menjawab dengan tidak bijaksana. Jika anda dipuji anda tetap harus berterimakasih, tetapi jangan sampai termakan ujian tersebut. Jangan sampai karakter asli anda muncul dan merasa sudah diterima. Karena jika sifat sombong ini keluar maka sulit sekali anda masuk ke dalam perusahan tersebut. Karena orang dengan sifat sombong akan lebih sulit bekerja sama dengan rekan kerja yang lain.

8. Mengapa Berhenti dari tempat perusahaan lama anda?

Alasan seseorang berhenti dari tempat kerja tentu sangat penting. Latar belakang perusahaan yang ditempati sebelumnya menjadi tolak ukur akankah kita diterima lagi oleh perusahaan lain atau tidak tergantung di sana. Jika anda berhenti baik baik di tempat lama anda bekerja tentu bukan hal yang sulit. Tetapi alasan seseorang berhenti dari suatu pekerjaan sangat menentukan karakter dan fokus pekerjaan yang akan dilakukan nantinya.


Jangan pernah menyebutkan persoalan dengan si A, atau si B atau curhat colongan menjadikan alasan anda keluar dari tempat lama anda. Jika anda keluar dari perusahaan pastikan dilakukan karena profesionalitas. Juga anda harus tetap ingat posisi yang lebih baik sesuai dengan minat dan passion anda di tempat baru nantinya.

9. Apa Pendapat Anda Jika ada Lembur?

Pertanyaan ini menggambarkan kesiapan anda bekerja untuk menyelesaikan semua tugas anda dengan baik dan profesional. Pertanyaan yang sederhana, tetapi akan menunjukkan tingkat loyalitas yang anda miliki. Jawablah dengan jawaban yang tepat. Tidak perlu panjang lebar, tetapi sesuai dengan hati anda. Ketika anda menjawab dengan terlalu lebay maka akan terasa seperti basa basi saja.

Siapa yang suka dengan lembur? Tentu saja semua orang tidak suka lembur, tetapi anda mempunyai komitmen untuk menyelesaikan task (tugas) yang telah diberikan kepada anda. Kalaupun ketemu lembur, tentunya lembur itu pada batas toleransi.


10. Berapa Gaji yang diinginkan?

Dengan pertanyaan blak blakan seperti ini kamu akan diminta berpikir dengan benar harga yang pantas untuk posisi yang nantinya akan ditempati. Hal ini tentu tidaklah mudah dijawab begitu saja. Menentukan gaji untuk diri sendiri tentu seperti membuat patokan untuk kerja yang akan anda lakukan. Namun, jika terlalu mahal perusahaan juga akan berpikir pikir untuk menerima anda sebagai karyawannya.

Tidak ada salahnya jika kamu mencoba menggali informasi tentang gaji di perusahaan tempat kamu melamar kerja. Untuk membuat estimasinya kurang lebih pertimbangkan tingkat kesulitan pekerjaan, pengalaman kerja dan resiko yang mungkin terjadi(jika pekerjaan itu mengandung resiko yang tinggi). Jelaskan gambaran anda kenapa mematok nominal itu dengan rasional. Jadi standar yang diterapkan perusahaan dan apa yang anda pikirkan tidaklah terlalu drastis berbeda.

11. Apa hobi yang sedang disukai?

Hobi adalah bagian dari kehidupan seseorang. Mengetahui hobi seseorang berarti mengetahui karakter seseorang secara singkat. Pertanyaan tentang hobi ini jika menyangkut pekerjaan yang penting bukanlah pertanyaan anak sd yang bisa menjawab sesuai apa yang dilihatnya. Anda harus lebih bisa menggambarkan hobi yang anda suka dan anda tekuni.

Walaupun disampaikan dengan tersenyum pertanyaan itu bukanlah pertanyaan basa basi atau pertanyaan agar anda lebih rileks atau suasana menjadi lebih cair. Karena dipastikan tim HRD bukanlah orang yang ingin akrab dengan anda dalam waktu dekat. Jawablah pertanyaan ini dengan baik disertai alasan yang rasional. Jawaban yang terlalu simpel malah akan membuat kesan kalau kamu tidaklah benar benar menyukai hobi yang anda katakan.

12. Ketika anda suntuk dengan pekerjaan, bagaimana cara anda menenangkan diri anda?

Setiap orang pasti mengalami jenuh. Kejenuhan ketika bekerja itu hal yang wajar. Pertanyaan cara menghilangkan stress ketika banyak tekanan bekerja di suatu perusahaan adalah cara untuk mengetahui kepribadian anda. Kemampuan anda mengatasi masalah dan kesabaran bersikap. Hal ini juga menggambarkan anda tipe pekerja keras atau bukan? Sebab ketika kita bekerja, terkadang bisa saja mendadak banyak pekerjaan yang harus diselesaikan saat itu juga. Apakah kamu akan meninggalkan pekerjaan itu atau sebaliknya menghadapi penuh dengan semangat.
15 Tips Menjawab Wawancara Kerja dengan Cermat dan Mengena
Jawablah dengan jujur sesuai dengan yang sering anda lakukan. Agar tidak menjadikan kesan yang tidak tepat yang akhirnya membuktikan anda berbohong. Jawablah dengan jawaban yang ringan misalnya berjalan - jalan sebentar. Memejamkan mata terlebih dahulu atau mungkin akhirnya mengambil cuti satu hari untuk refreshing. Semua jawaban boleh boleh saja. Daripada anda memaksakan diri menjawab yang tidak anda sukai, malah nanti ketahuan kalau anda berbohong.

13. Selain perusahaan ini apakah anda juga melamar pekerjaan di tempat lain?

Jawablah sesuai dengan apa yang anda lakukan. Kalau misalkan anda memang melamar kerja juga di tempat lain. Kalaupun menyebutkan rival dari perusahaan tempat kita melamar kerja hal ini juga tidak masalah. Sebab anda memang ingin berkembang menjadi lebih baik dengan perusahaan yang baik dan memiliki etos kerja yang tinggi. Hal ini juga membuktikan kalau kamu melamar kerja di perusahaan tersebut bukanlah kaleng kaleng "cuma biar dapat kerjaan/ biar tidak terlihat nganggur karena mau nikah misalnya".

14. Kalau anda diterima, berapa gaji yang anda inginkan?

Inilah pertarungan yang sebenarnya, anda akan diminta menjelaskan kenapa anda layak mendapatkan gaji seperti yang anda ajukan. Anda juga tidak hanya asal jeplak keluar angka, tetapi harus anda pikir matang matang misalnya dengan jawaban, "posisi seperti ini dengan pengalaman kerja sebanyak ini adalah Rpxxx sampai Rpxxx. Dan saya mengajukan harga yang cocok untuk saya yaitu Rpxxx.

Anda dituntut bernegosiasi dengan tim HRD sampai terjadi kesepakatan. Tentu tidak masalah jika anda menuntut harga paling mahal di awal. Sama seperti penjual dan pembeli saja.Anda menjual mereka membeli. Tarik ulur sampai jadi. Kalau sudah klop maka tidak akan lari kemana tuh rejeki.

15. Silahkan beri pertanyaan untuk kami! / Apakah Ada Pertanyaan untuk Kami?

Pertanyaan ini juga masih bagian dari wawancara. Hal ini menunjukkan sikap antusias anda untuk segera bertemu dengan tim HRD sebagai rekan kerja. Dan masih banyak obrolan yang belum diselesaikan. Tetapi ketika anda menjawab "tidak" maka seperti anda menutup peluang itu.
Mulailah memberikan pertanyaan kecil tentang peraturan atau kebiasaan yang sering terjadi di kantor atau sistem perusahaan. Misalnya "berapa lama waktu untuk istirahat" atau kalau lembur ada uang lebur tidak dan lain sebagainya yang menurut anda penting untuk diketahui.

Kalau anda sukses menjawab semua pertanyaan HRD dengan baik. Jangan lupa untuk mengingat ingat pertanyaan dan jawaban yang telah anda berikan. Barangkali pertanyaan tersebut akan ditanyakan lagi dengan dan anda sudah menemukan jawaban yang lebih baik. Jika anda berhasil diterima setelah membaca artikel ini jangan lupa untuk berkunjung lagi ke website sederhana ini. Semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel