Cara Buat Link WA auto Chat dan Link Custom biar Keren

WA atau WhatsApp sering digunakan untuk transaksi online, terutama untuk dunia IM. Penggunaan chat via WA juga membuat hubungan penjual dan pembeli lebih intens yang berujung pada closing. Tetapi banyak teman IM yang ternyata belum tahu cara memasang nomor WA di status FB atau instagram. Malah banyak teman yang berkreasi membuat custom link WA di bit.ly dan lain sebagainya. Nyatanya tidak cuma bit.ly saja yang bisa digunakan untuk custom link. Tetapi sebelum masuk pembahasan Cara Buat Link WA agar bisa langsung chat kamu bisa mengetahui apa saja yang akan kita bahas pada artikel ini.
Cara Buat Link WA auto Chat dan Link Custom biar Keren
Yang akan kita jelaskan pada artikel ini tentunya yang pertama adalah cara membuat link WA tanpa custom. Kemudian setelah itu kita buat kreasi link WA agar menarik diklik atau mempermudah customer kita dengan kita sisipkan kata kata agar mudah. Setelah itu karena sudah kita buat panjang link WA dengan kata kata kita tentu harus kita custom. Nah cara custom yang saya berikan nanti bisa melalui bit.ly, kemudian bit.do. Memang banyak sekali url shortener tetapi 2 url shorthener tadi sudah cukup keren.
Baca : 15 Tips Menjawab Wawancara Kerja Agar Terlihat Profesional

Cara buat link WA tanpa custom

Nah untuk pembuatan link wa ini sebenarnya sangat simpel sekali karena formatnya cukup mudah yaitu "https://wa.me/<nomor>".  Ketentuan dari nomor ini adalah harus menggunakan kode internasional. Kode internasional itu lebih mudahnya adalah kode telpon untuk tiap negara. Nah untuk indonesia menggunakan kode +62. Tetapi ketika akan dipasang di link tersebut tidaklah boleh menggunakan "+" atau "0" jadi langsung "62". Sebagai contoh misalkan nomor anda adalah 0852-8080-7227 maka yang kamu pasang adalah mulai dari 852-8080-7227. Jangan menggunakan Strip. Jadi hasilnya adalah sebagai berikut. Boleh langsung dicoba link di bawah ini.
https://wa.me/6285380807997 


Beberapa kesalahan yang terjadi ketika membuat Link WA

 Nomer Telpon tidak valid

Jika setelah membuat link seperti pada contoh di atas, ternyata tidak berhasil karena nomor telpon tidak valid. Hal ini berarti nomor yang anda masukkan tidak terdaftar sebagai pengguna whatsap. Coba periksa lagi nomor yang anda masukkan sudah tepat apa belum.

Apa saja yang membuat nomor telpon tidak valid

Yang membuat nomor tidak valid biasanya karena nomor yang dimasukkan bukanlah nomor yang terdaftar sebagai pengguna whatsapp, atau sudah benar sebagai pengguna whatsapp tetapi tidak diberi kode negara, atau sudah diberi kode negara tetapi masih ada tanda + nya.

Bisa juga selain tanda + ada tanda - yang masih tercantumkan. Selain tanda - atau tanda + ternyata spasi pun bisa menjadi penyebab nomor tidak valid.

Setelah semua masalah untuk pembuatan link WA sudah ok. Sekaran kita bisa membuat sedikit perubahan atau customisasi yang membuat link yang kita bagikan lebih bagus.

Cara membuat Custom Link WA

Untuk pembuatan custom link WA juga tidak rumit tetapi membutuhkan ketelatenan. Karena ketentuannya adalah sebagai berikut.

  1. %20 digunakan sebagai spasi
  2. %0A digunakan untuk ganti baris
Jadi kalau anda inginkan menulis kata "Aku Cinta Kamu" yang harus kamu tulis adalah sebagai berikut ini "Aku%20Cinta%20Kamu". Itu sebagai contoh saja.

Sedangkan untuk penulisan seperti ini
Nama : 
Alamat :
Saya Ingin Pesan 
Maka yang harus kamu tulis adalah sebagai berikut
Nama%20%0A
Alamat%20:%0A
Saya%20Ingin%20Pesan%0A 
Dan harus disatukan menjadi 
Nama%20%0AAlamat%20:%0ASaya%20Ingin%20Pesan%0A 
Mudah bukan? Ya tentu mudah tetapi butuh ketekunan. Namun tentunya hasil yang akan didapatkan akan terbayarkan. Karena kita cukup membuatnya satu kali saja dan bisa dicustom ke Link WA di atas.

Caranya adalah dengan https://wa.me/[nomor]?text= 
Jadi kalau disatukan maka hasilnya adalah
https://wa.me/6285380807997?text=Nama%20: %0AAlamat%20:%0ASaya%20Ingin%20Pesan%0A
 Sampai sini sudah paham ya. Nah tentunya setelah paham pembuatan link seperti ini dan terlalu panjang maka harus disingkat bukan? Nah kita akan memanfaatkan url shortener (penyingkat link) seperti yang suda disebutkan di atas.

Cara Buat Custom Link WA dengan Bit.ly

Untuk pembuatan custom link via bit.ly kamu bisa mengikuti langkah berikut ini.
1. Menuju alamat langsung bit.ly
2. Register (daftar) Pakai email anda yang aktif.
3. Setelah mendaftar dan konfirmasi email anda maka status keanggotaan anda di bit.ly sudah aktif.
Setelah itu kamu bisa membuat custom link. Caranya adalah dengan klik Create (buat)
Cara Buat Link WA auto Chat dan Link Custom biar Keren
Setelah itu kita masukkan link tadi yang kita buat.
Cara Buat Link WA auto Chat dan Link Custom biar Keren
Sampai langkah ini sudah selesai sebenarnya. Tetapi kita bisa lebih membuat link terlihat lebih indah lagi, caranya adalah dengan mengedit kata yang kita inginkan. 
Cara Buat Link WA auto Chat dan Link Custom biar Keren
Nah sudah jadi linknya bos
http://bit.ly/coba-link-untuk-WA
Jadi lebih indah bukan? Persyaratan pembuatan link yaitu tidak boleh ada spasi. Jadi setiap spasi diganti dengan tanda strip. Huruf besar huruf kecil pengaruh ya, jadi gunakan dengan bijak.

Tidak cuma bit.ly lho yang bisa begini. Lanjut.
Cara membuat custom link WA menggunakan bit.do
1. Menuju dulu di tkp bit.do
2. Setelah itu kita tidak perlu daftar bisa langsung buat link dan custom linknya
Ok Kita coba ya
Cara Buat Link WA auto Chat dan Link Custom biar Keren
Coba Link nya Bos
http://bit.do/cobain-link-wa


Mudah bukan? Perbedaan bit.ly dan bit.do adalah kita tidak perlu mendaftar terlebih dahulu. Sebenarnya mendaftar di bit.ly juga memiliki banyak kelebihan. Kelebihannya adalah kita bisa tahu berapa orang yang sudah klik link yang kita tanam di berbagai tempat ini.

Jadi kita bisa memperkirakan dari 100 orang yang klik link kita berapa yang bisa diklosing. Tentu memakai bit.do juga bisa kita lihat statistiknya pada link yang disediakan.

Nah begitulah kira kira postingan tentang cara membuat custom link di WA biar langsung chat dengan kita. Kamu bisa sebar sebar link ini agar customer (pelanggan) semakin mempermudahmu. Jangan lupa share artikel ini barangkali nanti kamu membutuhkan link ini lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel