9 Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja


9 Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja– Menemukan pekerjaan bukanlah hal yang hina, bahkan termasuk hal yang mulia, karena bekerja untuk menafkahi diri sendiri merupakan perjuangan yang sesungguhnya. Semua orang memerlukan pekerjaan untuk menyalurkan ide ataupun untuk bertahan hidup. Kalau tidak bekerja maka kehidupan akan tidak menarik. Banyak sekali pekerjaan yang bisa berawal dari bakat dan minat. Tetapi, guna menghasilkan uang dengan cepat yaitu dengan bekerja secara nyata contohnya di suatu perusahaan, atau kantor misalnya sekolah, ataupun pertokoan contohnya alfamart, alfamidi, indomart, bank dan lain sebagainya.
 9 Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja
Dengan pekerjaan maka paling tidak kita tidak berbeda dengan orang pada umumnya. Tidak memandang pekerjaan apapun yang sobat kerjakan itu merupakan pekerjaan luhur. Sebab dengan bekerja paling tidak berupa bukanlah seorang pengangguran dan berkomitmen menyelesaikan pekerjaanmu. Ketika berbentuk mempunyai rasa tanggungjawab maka itu merupakan modal paling utama untuk bekerja.

Berbagai orang bekerja pada orang lain dan sebagian lagi membuat pekerjaan. Namun paling umum pekerja fresh graduate akan mencari kerja atau mencari pengalaman kerja terlebih dulu sebelum menciptakan bisnis sendiri.

Kurangnya lapangan pekerjaan menjadikan pencari kerja semakin banyak. Ditambah lagi dengan fresh graduate. Walaupun banyak masyarakat yang berkreasi menciptakan peluang kerja, namun pelamar pekerjaan juga tidaklah kurang. Karena membutuhkan keahlian tertentu guna berinovasi membuat lapangan kerja. Apalagi pencari kerja kalaupun mempunyai ide khusus belum tentu bisa menciptakan pekerjaan sendiri sebab terhalang kendala seperti pengalaman.

Di bawah ini akan admin sampaikan contoh surat lamaran kerja format doc yang dapat dilihat terlebih dahulu di GDrive maupun unduh instan untuk langsung diedit. Tak lupa juga banyak format contoh surat lamaran kerja baik berupa doc ataupun berbentuk gambar.


Penting! Baca juga: Tips Wawancara Kerja, Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Serta Jawabannya.




Kudu teman ingat, kalau ada peluang kerja pasti akan selalu dipenuhi pencari pekerjaan. Apalagi kalau lowongan dari salah satu perusahaan yang menawarkan gaji besar. Prinsip kehidupan yang baik untuk mengawali usaha sendiri membutuhkan modal. Hal inilah yang mendorong sebagian orang untuk bekerja untuk mengumpulkan modal bisnis.

Saat teman akan mencari pekerjaan, banyak langkah yang akan teman alami seperti dengan melamar kerja. Melamar kerja umumnya menggunakan lampiran surat lamaran kerja atau juga dapat menggunakan surat lamaran kerja secara daring memakai email.

Ketika ada lowongan kerja baik di koran ataupun televisi atau salah satu website alangkah baiknya langsung sobat cermati apa yang menjadi fokus dalam lowongan kerja tersebut. Jika kamu memenuhi kualifikasinya jangan ragu untuk mengajukan lamaran kerja.

Surat lamaran kerja yang baik juga perlu mengikuti dengan EYD (ejaan yang disempurnakan), karena ketika kamu berhubungan dengan suatu institusi maka sobat perlu memakai bahasa yang formal. Ngga mungkin kamu memakai bahasa daerah dalam surat lamaran kerja.

Kerajinan dari surat lamaran kerja juga dilihat. Terlebih kalau surat lamaran kerja yang dibutuhkan dalam bentuk tulis tangan. Karakter tulisan yang rapi akan lebih diprioritaskan dari pada tulisan yang dibuat tidak beraturan. Sebab masih ada kepercayaan orang yang memiliki tulisan rajin maka hasil pekerjaannya juga rapi.

Jika surat lamaran kerja yang diajukan berbentuk online, maka yang diajukan adalah filenya baik berupa doc, ataupun pdf. Sesuatu yang perlu diperhatikan saat menyusun surat lamaran kerja di microsoft word adalah kerapihan tulisan berupa kelengkapan kata dll, bahasa sesuai EYD atau tidak, format margin dan lain sebagainya.

Tidak lupa saat teman mengunduh file yang admin sajikan, sudah kita coba setting sebaik mungkin menyesuaikan dengan ukuran kertas . Jadi memang sangat mempermudah sobat jika mendownload file yang telah admin sajikan. Sisanya sobat cukup memperbaiki isi yang sesuai dengan yang diingikan lowongan pekerjaan yang diperlukan.

Berikut ini adalah 9 Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja

Penting! Baca juga:
Fungsi dan Cara Kerja KWH Meter pada Instalasi Listrik

Kalau tuntutan dari tempat yang membutuhkan adalah kudu ditulis tangan sebaiknya anda download format yang admin buat kemudian di print , agar susunan dan format tulisan dapat dilihat dengan baik.

Perhatikan juga huruf kapital dan tanda baca. Tanda baca yang dipakai jangan sampai tidak tertulis atau menambahi yang tidak perlu.


Struktur Surat Lamaran Kerja


 9 Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja
Perlukah surat lamaran kerja dibubuhi materai 6000? Surat lamaran kerja tidak kudu dibubuhi materai 6000, karena memang dalam surat lamaran kerja kamu menjadi pemohon dan calon mitra usaha. Peran materai 6000 berdasarkan UU. No.13/85 mengatur tentang Bea Materai, kegunaan materai hanya untuk membayar pajak kepada negara . Sedangkan teman tentu belum harus bayar pajak bukan?


Tips Menyusun CV


Ketika menyusun CV (curiculum vitae) pastikan anda melengkapi hal ini.
Cantumkan Identitas Diri. Dengan rinci agar tak ada salah paham mulai dari nama lengkap, alamat, nomer telpon yang bisa dipanggil, email yang dipakai dan pasfoto yang terlihat menggambarkan dirimu.

Kalau dalam lowongan kerja itu memerlukan pendidikan dengan keahlian tertentu, maka jelaskan urutan pendidikan dan prestasi yang berhubungan dengan pekerjaan itu. Masukkan juga moto yang menjelaskan karakter anda dan prinsip kehidupan yang kamu miliki.

Kalau anda mempunyai pengalaman kerja, tuliskan juga sebab pengalaman kerja dapat menjadi salah satu pertimbangan untuk perusahaan. Terlebih jika masih fresh graduate (baru lulus), cantumkan pelatihan atau kursus yang berhubungan dengan pekerjaan . Jika ada rekomendasi dari beberapa orang penting juga dapat dimasukkan dalam cv anda.


Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja baik berupa gambar maupun berupa file doc/jpg/pdf.


Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan
 9 Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja

Surat Lamaran Kerja dan CV     [lihat] [unduh]
Surat Lamaran Kerja Trans TV  [lihat] [unduh]
Surat Lamaran Kerja J&T posisi staf gudang [lihat] [unduh]
Surat Lamaran Kerja J&T posisi kurir [lihat] [unduh]
Surat Lamaran Kerja J&T posisi admin [lihat] [unduh]
Surat Lamaran Kerja Indomaret lengkap lihat unduh
Surat Kerja WOM Finance dan Riwayat hidup lihat unduh
Surat Lamaran Kerja ASTRA    [lihat] [unduh]
Surat Lamaran Kerja ADMIN SOSMED     [lihat] [unduh]
Surat Lamaran Kerja BAHASA INGGRIS     [lihat] [unduh]
Surat Lamaran Kerja TOKO     [lihat] [unduh]
Surat Lamaran Kerja UMUM     [lihat] [unduh]
Surat Lamaran Kerja TRANS 7 DOC     [lihat] [unduh]
Surat Lamaran Kerja PTPN     [lihat] [unduh]
Surat Lamaran Kerja PTPN 2    [lihat] [unduh]
Surat Lamaran Kerja GURU HONORER [lihat] [unduh]
Surat Lamaran Kerja PT   [lihat] [unduh]
Surat Lamaran Kerja BIDAN DAN RUMAH SAKIT [lihat] [unduh]
Surat Lamaran Kerja BANK [lihat] [unduh]
Surat Lamaran Kerja BAHASA INGGRIS DOC [lihat] [unduh]
Surat Lamaran Kerja APOTEKER [lihat] [unduh]
Surat Lamaran Kerja ADMIN JNE [lihat] [unduh]
Surat Lamaran Kerja PNS (PDF)     [lihat] [unduh]
Surat Lamaran Kerja UMUM 1 [lihat] [unduh]
Surat Lamaran Kerja UMUM 2     [lihat] [unduh]
Surat Lamaran Kerja PERTAMINA [lihat] [unduh]
Surat Lamaran Kerja PARUH WAKTU [lihat] [unduh]
Surat Lamaran Kerja ALFAMART [lihat] [unduh]
Surat Lamaran Kerja ALFAMIDI [lihat] [unduh]



Sekian artikel pendek tentang 9 Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja semoga bisa memudahkan anda menemukan pekerja yang cocok sesuai pendidikan. Jangan lupa share pastingan ini di media sosial kamu. Thanks.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel