Ternyata Begini Cara Kapal Selam Muncul Ke Permukaan

Kita punya tebak-tebakan, Kenapa kapal selam bisa menyelam? Hayo Tau nggak lu? Oke kami bakal menjawab pertanyaan dari sebisa mungkin ya. Untuk bisa memahami kenapa kapal selam bisa menyelam pertama-tama kita harus melihat isi lambung sebuah kapal selam. Lambung kapal selam sendiri dipisah menjadi dua bagian. Pada lambung bagian dalam atau yang disebut inner hull terletak ruang kontrol ruang baterai, ruang tidur kru kapal, dapur, ruang mesin, tempat penyimpanan torpedo.

Kenapa Kapal Selam Bisa Naik ke Permukaan Lalu Menyelam Kembali tanpa Tenggelam

Bukan kapal selam jika dia tidak bisa menyelam lalu muncul lagi ke permukaan. Tetapi bukan tenggelam ya. Tenggelam berarti masuk sampai dasar lautan. Sampai menyentuh, itu disebut tenggelam. Kalau dia berada di antara air dan tanah disebut dengan mengapung. 
Ternyata Begini Cara Kapal Selam Muncul Ke Permukaan

Penjelasan kapal selam bisa menyelam disebabkan adanya Inner Hull dan Outer Hull. Tadi kita tahu di dalam lambung kapal selam terdapat Inner Hull. Sementara itu di bagian luar inner hull terdapat lambung luar atau yang disebut sebagai outer hull. Nah, pertanyaan kenapa kapal selam bisa menyelam dan bisa timbul lagi ke permukaan akan terjawab jika kita melihat bagian diantara inner hull dan outer hull ini.

Pada bagian ini, terdapat rangkaian pipa, pompa, dan ada beberapa ruang kosong yang disebut dengan ballast tank atau tanki pemberat
Di bagian ini juga ada tanki-tanki udara bertekanan tinggi. Kedua komponen ini lah yang membuat kapal selam bisa menyelam dan timbul kembali ke permukaan. Mau tau caranya?
Yuk kita gambarkan proses tenggelam dan timbulnya Kapal Selam
Pada saat kapal selam berlayar di permukaan ballast tank dijaga agar tetap kering dan terisi dengan udara. Sementara tanki udaranya akan dipompa penuh dan tekanan udara yang ada didalamnya akan dijaga agar tetap tinggi.
Nah ketika kapal selam ingin menyelam maka katup-katup yang berada pada ballast tank akan dibuka, sehingga memungkinkan air laut membanjiri ballast tank.

Air laut yang mengisi ballast tank ini menyebabkan bobot kapal selam bertambah sehingga kapal selam akan tenggelam ke bawah permukaan air. Sewaktu kapal selam ingin kembali ke permukaan maka udara bertekanan tinggi yang ada didalam tanki penyimpanan akan dipompa ke ballast tank.

Dan diwaktu yang bersamaan air yang ada didalam ballast tank pun terdorong keluar. Efeknya bobot kapal selam berkurang dan perlahan-lahan kapal selam naik kembali ke permukaan.

Sekarang udah tau kan kenapa kapal selam bisa menyelam dan bisa kembali ke permukaan? Nah ada juga kapal selam yang bisa dimakan di negeri +62 ini. Pernah dengar bukan kapal selam dari Palembang yang bisa dimakan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel